Untuk sebagian orang, kopi jadi minuman yang wajib dikonsumsi setiap harinya. Saat sarapan atau sebelum berangkat ke kantor, saat ingin memulai bekerja, saat makan siang, saat sore menikmati matahari yang terbenam, bahkan saat malam hari untuk menemani lembur. Selain karena rasanya, kopi sendiri memiliki banyak manfaat sehat untuk tubuh. Kandungan kafeinnya dapat membantu memperbaiki mood, mencegah dari gangguan serangan jantung dan gangguan masalah hati. Jadi, kamu bisa mendapatkan banyak kebaikan dari meminum kopi.

Namun ternyata, meminum kopi secara berlebihan pun nggak baik, lho, Bela. Melansir dari Eatthis.com, mengonsumsi terlalu banyak kopi dapat memberikan dampak buruk untuk kesehatan tubuh. Apa saja, ya?

1. Susah tidur

5 Efek yang Mungkin Kamu Rasakan Ketika Terlalu Banyak Minum Kopi Pexels.com/Andrea Piacquadio

Sudah menjadi rahasia umum jika meminum kopi dapat membuatmu kesulitan untuk tidur. Karena itu, banyak yang mengonsumsi minuman kafein ini jika ingin begadang. Namun risikonya, kamu akan kesulitan tidur sehingga tubuh nggak mendapatkan waktu istirahat yang dibutuhkan. Penelitian mengungkapkan kalau mengonsumsi sejumlah kopi sebelum tidur, bahkan 6 jam sebelumnya, dapat mengganggu kualitas tidur. 

Kurang tidur dapat menyebabkan tubuh lebih lelah dan kesulitan untuk konsentrasi. Lebih jauh lagi, ini dapat berdampak buruk untuk kesehatan otak. Jadi kalau memungkinkan, usahakan untuk nggak meminum kopi sebelum waktu tidurmu, Bela.

2. Merasa cemas

5 Efek yang Mungkin Kamu Rasakan Ketika Terlalu Banyak Minum Kopi Pexels.com/Juan Pablo Serrano Arenas

Kopi termasuk dalam jenis comfort food' yang dapat membuatmu merasa lebih baik. Namun jika dikonsumsi secara berlebihan, minuman kafein ini justru akan memicu perasaan cemas dan stres. Apalagi jika kamu telah memiliki gangguan kecemasan. Salah satu penelitian menemukan kalau seseorang yang meminum 300 mg kopi atau setara dengan 3 gelas kopi saat berhadapan dengan pekerjaan berat, mengalami peningkatan tekanan darah dan hormon stres.

3. Mengalami efek laksatif

5 Efek yang Mungkin Kamu Rasakan Ketika Terlalu Banyak Minum Kopi Pexels.com/Andrea Piacquadio

Sebagian dari kamu mungkin telah mengetahui kalau kopi dapat membuatmu merasa mulas dan ingin buang air besar. Ini disebabkan kafein mengaktifkan usus besar sehingga membuatmu ingin ke kamar mandi. Menurut International Foundation for Gastrointenstinal Disorder, minum 2-3 gelas kopi sehari dapat menyebabkan diare.

4. Merasa gelisah atau gugup

5 Efek yang Mungkin Kamu Rasakan Ketika Terlalu Banyak Minum Kopi Pexels.com/Moose Photos

Pernah merasa gugup atau justru sangat bersemangat setelah minum kopi sampai merasa gelisah? Ini karena kafein dalam kopi mempercepat sistem pusat saraf dalam tubuh. Jadi, meminum kopi lebih dari 3 gelas dapat membuatmu merasa berguncang. Bahkan, kamu bisa merasakan mual atau jantung berdegup dengan kencang.

5. Mengalami kenaikan berat badan

5 Efek yang Mungkin Kamu Rasakan Ketika Terlalu Banyak Minum Kopi Pexels.com/The Lazy Artist Gallery

Faktanya, kopi dapat menambah berat badan! Ini dapat terjadi jika kamu meminumnya dengan campuran gula, krimer, susu, dan lainnya setiap hari. Sebab, tambahan-tambahan tersebut (yang membuat rasa kopi menjadi lezat) meningkatkan angka kalori. Jadi, minum kopi susu gula aren setiap hari, bisa menambah berat badanmu. Jika ingin menjaga berat badan, minum kopi hitam saja, tanpa gula maupun pemanis lainnya, maupun susu jenis apa pun. Sebab kopi hitam memiliki rendah kalori dan tentunya memiliki manfaat sehat yang lebih banyak.

Segala sesuatu yang berlebihan, sekalipun sehat, dapat memberikan dampak buruk untuk tubuh. Termasuk salah satunya meminum kopi dalam jumlah banyak setiap harinya. Jika sudah candu minum kopi dalam jumlah banyak, seperti 3 gelas atau lebih, coba untuk mengatur asupan kafeinmu kembali. 

Mulai kurang konsumsi kopi secara perlahan, beralih ke kopi tanpa gula, dan lebih banyak minum air mineral untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Nikmati kopi jauh sebelum jam tidurmu, misalnya hanya saat pagi untuk memberikan semangat beraktivitas. Dengan begitu, kopimu nggak akan mengganggu kualitas tidurmu.

Baca Juga: Baik untuk Tubuh, Ini 9 Manfaat Kopi Bagi Kesehatan