Beberapa bagian tubuh kita memiliki warna kulit yang cenderung lebih gelap. Biasanya di area lipatan atau tersembunyi seperti siku tangan, lutut, dan selangkangan. Meski lebih sering tertutupi oleh pakaian, tetap saja ada rasa kurang percaya diri akibat kondisi ini.

Ternyata ada metode mudah, lho mencerahkan kulit di area selangkangan yang menghitam. Bisa menggunakan bahan-bahan alami dan mudah cara pemakaiannya.

Simak ulasan di bawah ini yang di rangkum dari berbagai sumber mengenai tips atau cara memutihkan selangkangan dengan bahan alami. Wajib tahu nih!

1. Kunyit

Kunyit adalah bumbu dapur yang punya banyak khasiat untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Kandungan kurkumin di dalamnya berperan sebagai anti oksidan, salah satu manfaatnya adalah mencegah radikal bebas pada sel kulit.

Untuk digunakan sebagai masker, kunyit dibentuk menjadi pasta dengan cara melarutkan bubuk kunyit dengan susu cair. Bisa juga ditambahkan madu untuk menambah kandungan nutrisi baik di dalamnya.

Oleskan masker kunyit di area selangkangan yang menghitam. Sisa maskernya juga bisa digunakan untuk wajah atau kulit tangan dan kaki.

2. Gel mentimun

Potongan mentimun biasanya hanya digunakan sebagai penutup mata saat menggunakan masker wajah. Padahal ada banyak kandungan di dalamnya yang baik untuk kulit, lho.

Mentimun kaya akan vitamin dan mineral yang ampuh menyegarkan kulit, merelaksasi sel-sel di dalamnya dan merangsang regenerasi. Rutin menggunakan gel mentimun di kulit bisa membantu mencerahkan dan menjaganya tetap kenyal.

Cara membuat gel mentimun sangat mudah, cukup kupas satu buah mentimun lalu blender tanpa tambahan air. Gel ini bisa dioleskan pada seluruh permukaan tubuh, termasuk area selangkangan yang menghitam.

8 Bahan Alami yang Bisa Membantu Mencerahkan Area Selangkangandok. internet

3. Air cucian beras

Ada satu lagi rahasia kecantikan kulit wanita Asia yang bermodalkan bahan alami. Biasanya saat akan menanak nasi, beras dicuci hingga bersih dan air cuciannya dibuang. Tunggu dulu, justru air cucian beras ini sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit.

Kandungan asam ferulat dan allantoin di dalamnya bersifat sebagai anti oksidan dan pelembap alami untuk kulit. Anti oksidan berfungsi menghambat radikal bebas pada kulit, membuatnya nampak lebih cerah dan sehat.

Tampung air cucian beras pada wadah dan biarkan hingga muncul endapan. Buang perlahan cairan di bagian atas, sisakan endapannya saja. Oleskan endapan ini ke area selangkangan yang menghitam, biarkan 10-15 menit lalu bilas.

4. Ekstrak bengkuang

Sari bengkuang juga banyak digunakan dalam metode perawatan kecantikan sebagai pemutih alami. Ternyata gak cuma wajah, masker bengkuang juga bisa digunakan untuk mencerahkan kulit selangkangan yang menghitam.

Untuk membuat masker bengkuang alami, parut satu buah bengkuang berukuran sedang lalu peras sarinya. Biarkan cairan ekstrak bengkuang selama beberapa saat hingga muncul endapan putih.

Buang perlahan-lahan bagian cairan bening di atasnya, sisakan sedikit untuk mengencerkan endapan putih di bawah. Masker bengkuang ini bisa dioleskan untuk wajah dan area selangkangan sekaligus.

8 Bahan Alami yang Bisa Membantu Mencerahkan Area Selangkanganmedicalnewstoday.com

5. Lidah buaya

Setelah lemon dan bengkuang, lidah buaya juga termasuk bahan alami yang banyak digunakan dalam perawatan kecantikan. Di dalam tumbuhan ini terkandung senyawa aloesin yang bersifat anti peradangan atau anti inflamasi.

Sensasi dingin dan sejuknya baik untuk merelaksasi kulit serta mencerahkan. Untuk memutihkan area selangkangan yang menghitam, sebaiknya gunakan gel dari daging buah lidah buaya asli. Kandungan alaminya lebih aman untuk kulit di area sensitif.

6. Minyak zaitun

Para wanita di masa lampau mengandalkan bahan-bahan alami untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulitnya. Jika wanita Asia punya resep rahasia masker putih telur, minyak zaitun banyak digunakan di Timur Tengah.

Kandungan asam linolenat dan polifenol yang berperan sebagai anti oksidan di dalamnya sangat baik untuk kesehatan kulit. Rutin mengoleskan minyak zaitun pada area kulit yang menghitam dan bekas luka bisa mempercepat pemulihannya, lho.

8 Bahan Alami yang Bisa Membantu Mencerahkan Area Selangkanganpinterest.com

7. Air perasan lemon

Ekstrak lemon dikenal ampuh sebagai agen bleaching atau pemutih alami yang aman untuk kulit manusia. Kandungan vitamin C, anti oksidan, dan asam alfa hidroksi yang tinggi di dalamnya mampu membantu cegah radikal bebas pada kulit.

Untuk area selangkangan, oleskan air perasan jeruk lemon pada permukaan kulit yang menghitam. Hindari permukaan kulit vagina, apalagi sampai masuk ke bagian dalam vulva.

Kulit di sekitar organ intim bersifat sensitif, mungkin akan menimbulkan sensasi kurang nyaman akibat paparan senyawa asam tinggi dari perasan lemon. Kamu juga bisa mengganti lemon dengan jeruk nipis, lho.

8 Bahan Alami yang Bisa Membantu Mencerahkan Area Selangkanganohhhlululingerie.com

8. Madu

Khasiat madu untuk kesehatan tubuh gak perlu diragukan lagi. Mulai dari sebagai suplemen makanan, pemanis alami, hingga obat luar, madu adalah bahan makanan dengan segudang nutrisi baik yang terkandung di dalamnya.

Selain dikonsumsi, madu juga bisa dioleskan pada kulit untuk mencerahkan, menutrisi, hingga menyamarkan bekas luka. Cobain di area selangkangan, yuk!

Disclaimer: Artikel ini sudah diterbitkan di laman IDN Times dengan judul "10 Cara Efektif Memutihkan Selangkangan Menghitam dengan Bahan Alami"