Self-awareness merupakan suatu kondisi atau keadaan di mana kita berusaha mengenali diri sendiri. Kehilangan sang ayah tahun lalu membuat Dira Sugandi mendekatkan diri kepada Tuhan dan menumbuhkan self-awareness dalam dirinya.

Orang tuanya—terutama ayahnya—merupakan sosok yang berpengaruh dalam hidupnya, karena sangat mendukung dan menguatkan dirinya selama perjalanannya sebagai seorang musisi.

Dalam titik terendahnya, ia mulai mengenal Tuhan dan dirinya sendiri. Ia menemukan kedamaian yang sebelumnya tidak pernah dirasakan, meskipun dihantui momen kehilangan. Dalam talkshow yang ke-3 hari ini, perempuan yang menempuh pendidikan jurusan Musik di Universitas Pelita Harapan tersebut berbagi tips untuk meningkatkan self-awareness. 

Menerima apa yang telah terjadi

Tips Tingkatkan Self-Awareness A la Dira Sugandiyoutube.com/Popbela

Kehilangan ayah yang begitu dicintainya tidak membuat Dira Sugandi terpuruk dalam waktu yang lama. Ia memutuskan untuk tidak meratapi kepergian ayahnya, dan justru ingin mensyukuri waktu yang telah dihabiskan dengan ayah tercintanya. Ia hanya ingin mengenang momen bahagia dan berkesan bersama ayahnya. 

Dengan menerima apa yang telah terjadi pada ayahnya, ia mampu menumbuhkan self-awareness dalam dirinya sendiri, sehingga lebih memperhatikan diri sendiri.

" Akhirnya aku memutuskan untuk nggak mau meratapi kepergian papaku, tapi aku justru celebrate dan mensyukuri waktu yang sudah dihabiskan bersama, dan bersyukur aku telah dilahirkan ke dunia dan dititipkan kepada papa aku. Aku switch mindset dari sedih dan meratapi kehilangan menjadi memutuskan untuk embrace aja."

Meditasi

Tips Tingkatkan Self-Awareness A la Dira Sugandiyoutube.com/Popbela

Meskipun melatih nafas melalui meditasi terdengarnya sepele, namun Dira Sugandi menyatakan bahwa efeknya luar biasa ke tubuh kita. Dengan rutin meditasi, ada perubahan signifikan yang bisa ia rasakan dalam hidupnya, terutama terhadap perkembangan kariernya ketika ia belajar untuk bersyukur. 

"Merasakan nafas dan menyadari bahwa dalam setiap tarikan nafas itu ada Tuhan. Benar-benar syukuri karena kita bisa bernafas, semua organ tubuh berfungsi, kita bisa hidup sampai hari ini. Ini tahap simple meditasi," katanya."Misalnya kalo aku nyanyi, kalo aku dengerin hasil rekamannya, aku bisa nangis. Aku selalu bisa merasakan kehadiran Tuhan dimana pun dan apa pun yang aku lakukan," tambahnya lagi.

Menghabiskan waktu di alam

Tips Tingkatkan Self-Awareness A la Dira Sugandiinstagram.com/dirasugandi

Dira Sugandi juga berbagi bahwa ketika ia sedang dihantui berbagai macam pikiran, ia cenderung menghabiskan waktu di alam untuk melatih self-awareness. Ketenangan atau stillness yang dirasakan waktu di alam sangat bermanfaat untuk melepaskan stres. 

Mindful eating

Tips Tingkatkan Self-Awareness A la Dira Sugandiwartajazz.com

Dira Sugandi juga menekankan bahwa menumbuhkan mindset gratitude dalam diri kita penting untuk melatih self-awareness. Mindset gratitude bisa ditumbuhkan melalui aktivitas yang dilakukan sehari-hari, salah satunya seperti mindful eating. 

" Jangan makan cepet-cepet. Ada proses panjang agar makanan ini bisa hadir di meja kita. Syukuri dan percaya bahwa makanan ini  bisa membawa manfaat bagi tubuh kita dan yang nggak baik akan keluar dari proses pencernaan. Mindful eating akan membuat kenyang, jangan emotional eating karena bikin laper terus."

Tips-tips lainnya dari Dira Sugandi bisa kamu saksikan secara lengkap di YouTube Popbela di bawah ini.

https://www.youtube.com/embed/NzrMl9gYhxY

Baca Juga: Cerita Dira Sugandi Gunakan Seni untuk Mengatasi Rasa Kehilangan

Baca Juga: Lika Liku Menjadi Ibu, Ini Perjuangan Denada Hadapi Mental Breakdown

Baca Juga: Hampir Menyerah, Najwa Shihab Berbagi Momen Kegagalan dalam Kariernya