Gangguan kesehatan mental masih menjadi salah satu masalah yang menghantui masyarakat Indonesia. Menurut hasil survei Global Health Data Exchange 2017, Indonesia menjadi salah satu negara dengan jumlah pengidap gangguan mental tertinggi di Asia Tenggara. 

Sebagai salah satu pembicara yang meramaikan Talk Show Festival Pulih 2021 hari ini, Hana Alfikih atau Hana Madness membagikan pesan-pesan penting bagi para penyintas gangguan mental di Tanah Air. Hana Madness merupakan seorang seniman visual yang dikenal dengan karyanya yang merepresentasikan kondisi kesehatan mentalnya.

Percaya pada proses jatuh bangunnya

Pesan Hana Madness untuk Penyintas Gangguan Mental di IndonesiaYouTube.com/Popbela

Bagi kalian yang sedang berjuang melawan kesehatan mental, Hana Madness berpesan untuk memercayai setiap proses jatuh bangunnya yang telah kalian alami.

"Kita memang tidak bisa mengubah skenario terburuk yang terjadi di masa lalu, namun kita bisa memilih untuk fokus pada yang terjadi hari ini dan hari esok," katanya.

Menurut Hana, sebaiknya kita mulai mengedukasi diri sendiri dan orang-orang terdekat.

"Yang paling penting, jangan merasa ragu untuk reach out. Reach out kepada sekeliling kita merupakan salah satu bentuk pemenuhan hak untuk bisa pulih."

Mengelilingi diri sendiri dengan support system

Pesan Hana Madness untuk Penyintas Gangguan Mental di IndonesiaInstagram.com/hanamadness

Hana Madness menekankan bahwa mengelilingi diri dengan support system yang tepat sangatlah penting. Support system yang tepat akan memberikan afirmasi positif, dukungan, dan berbagai pengalaman melawan gangguan mental, yang pada akhirnya akan memberikanmu pencerahan. 

"Namun, jika kamu masih ragu untuk speak up dengan orang terdekat maupun para profesional, hal pertama yang kamu bisa lakukan untuk mendapatkan support system yang tepat adalah mengikuti online support group. Sekarang telah hadir banyak online support group  yang memberikan dukungan untuk concern yang berbeda-beda, seperti skizofrenia, bipolar, dan suicide prevention," kata Hana.

Untuk pesan-pesan penting lainnya, bisa kamu saksikan secara lengkap di YouTube Popbela di bawah ini.

https://www.youtube.com/embed/Pcv0taC83dI

Baca Juga: Diminta Ruqiyah, Cerita Hana Madness Kenali Gangguan Bipolar

Baca Juga: 7 Gejala Bipolar Disorder Ini Membuktikan Bahwa Kamu Seorang Pengidap

Baca Juga: Dari Pengalaman Pribadi, Kisah Judithya Pitana Bangun Festival Pulih