Kamu sedang diet, Bela? Sangat menjauhi lemak dan kalori? Kalau iya, hal yang perlu kamu ketahui ialah kalori adalah unit dari energi. Jadi, setiap makanan dan minuman yang berenergi pasti mengandung kalori. Kalori sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk tetap hidup, jika tidak ada kalori sel-sel dalam tubuh kita akan mati, termasuk jantung kita akan berhenti berdetak. 

Namun, tubuh secara akan otomatis mengubah kalori yang kamu dapatkan menjadi energi dan akan terbakar saat beraktivitas. Jika kamu hanya berdiam diri, maka kalori akan tetap tersimpan dalam tubuh dan berubah menjadi lemak. Sehingga yang terjadi adalah kenaikan berat badan yang drastis. Nah, Jika melakukan 5 aktivitas di bawah ini ternyata bisa membakar banyak kalori lho. Simak yuk!

1. Bersepeda

 Ini Jumlah Kalori yang Terbakar Saat Beraktivitas Selama 30 Menitdestinationwesport.com
 

Bersepeda adalah kegiatan yang dapat membakar kalorimu dalam jumlah yang besar lho, Bela. Dengan hanya bersepeda mengitari taman di komplek rumah selama 30 menit, diperkirakan mampu membakar sebanyak 400 kal. Pembakaran kalori ketika bermain bersepeda terjadi karena timbunan lemak terbakar melalui proses oksidasi sehingga mampu menghasilkan energi. Proses pembakaran ini sangat ditentukan oleh beban kayuhan sepeda dan jarak yang ditempuh. Perlu diketahui, semakin besar usaha yang Anda lakukan saat bersepeda, makin besar juga kalori yang terbakar. 

2. Menari

 Ini Jumlah Kalori yang Terbakar Saat Beraktivitas Selama 30 Menitpacificfitnessfiji
 
 
Siapa yang suka menari untuk mengisi waktu luang? atau langsung ingin menari saat mendengar musik? Kalau iya, bagus banget lho, Bela Karena dengan menari selama 30 menit saja, kamu sudah berhasil membakar sekitar 270 - 500 kalori. Tetapi itu semua juga tergantung dari gerakan juga, ya. Bukan sekadar mampu membakar lemak tubuh, menari juga dapat memberikan keceriaan tersendiri.

3. Berenang

 Ini Jumlah Kalori yang Terbakar Saat Beraktivitas Selama 30 MenitNBC Olympics
 

Berenang merupakan jenis olahraga yang banyak disukai baik anak-anak, remaja hingga dewasa. Selain menyenangkan, karena berolahraga sambil bermain air dan nggak mengeluarkan keringat. Berenang juga mampu membakar kalori dalam jumlah yang banyak. Kalori yang dapat dibakar olahraga ini adalah sebanyak 360 kalori pada wanita dalam 30 menit.

4. Senam Aerobik

 Ini Jumlah Kalori yang Terbakar Saat Beraktivitas Selama 30 Menitalldaychemist.com
 

Senam aerobik sangat efektif dilakukan untuk menurunkan berat badan. Selain dapat membakar kalori dalam jumlah banyak, olahraga ini juga sangat dibutuhkan wanita untuk membentuk tubuh yang ideal. Untuk para wanita, melakukan senam aerobik selama 30 menit mampu membakar sebanyak 340 kalori.

5. Belanja

 Ini Jumlah Kalori yang Terbakar Saat Beraktivitas Selama 30 MenitHoustoniamag
 

Shopping is therapy, right? Ternyata bukan hanya menjadi terapi yang paling sukses untuk mengobati stresnya para wanita. Berbelanja juga mampu membakar kalori dalam tubuh kita lho, Bela. Lho kok bisa? Karena berjalan mengitari pusat perbelanjaan dalam 30 menit akan membakar kalori dalam tubuhmu sebanyak 132 kalori. Lumayan kan?

Jadi, sudah menentukan hal apa yang akan kamu lakukan untuk membakar kalori? Semangat, ya! Tapi jangan lupa untuk tetap menjaga pola makan agar tubuhmu tidak sakit dan menderita.
 

Penulis : Shintya Maharani

BACA JUGA : 4 Cara Menghilangkan Lemak Dengan Cepat