Pernah merasakan gejala nyeri pada perut bahkan sampai ke punggung atau pinggang saat sedang haid? Itu artinya kamu sedang mengalami dysmenorrhea. Tak perlu takut, itu adalah hal yang umum terjadi pada perempuan. Dysmenorrhea ini terjadi dengan sendirinya karena kontraksi dinding uterus yang wajar. Biasanya, gejala ini menyerang perempuan usia muda.

Jika kamu mengalami dysmenorrhea, apa yang kamu lakukan Bela? Menggunakan painkiller mungkin salah satu cara yang instan mengurangi nyeri. Tapi itu bukan cara satu-satunya lho. Dilansir dari Elle, masih banyak cara lain yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi nyeri haid. Apa saja? Simak yuk!

1. Diet yang sehat

Ini 5 Cara Mudah Mengatasi Nyeri Haidpinterest.com

Kok diet saat lagi haid, bukannya tubuh butuh asupan lebih ya? Mungkin kamu bertanya-tanya soal diet ini. Jangan salah kaprah, yang dimaksudkan adalah diet yang dipenuhi oleh makanan yang kaya akan vitamin seperti sayur-sayuran dan buah-buahan. Minyak ikan juga sangat baik lho untuk dikonsumsi saat haid. 

2. Gunakan painkiller di waktu yang tepat

Ini 5 Cara Mudah Mengatasi Nyeri HaidPinterest.com

Menggunakan pain killer di waktu haid adalah hal yang kurang dianjurkan karena dapat menyebabkan ketergantungan. Tapi, jika dikosumsi sebelum periode mens, 1 sampai 2 hari sebelumnya, maka hasilnya akan menjadi maksimal. Selain mengurangi rasa sakit, banyaknya aliran darah yang keluar juga dapat berkurang hingga 70 persen.

3.  Heating pad yang meredakan rasa sakit

Ini 5 Cara Mudah Mengatasi Nyeri HaidPinterest.com

Tak hanya ampuh digunakan untuk mengurangi rasa sakit saat cedera, heating pad juga sangat tepat bagi orang yang sedang haid. Bagaimana tidak, heating pad sangat efektif dalam merelaksasi otot uterin dan meringankan pembatasan aliran darah yang dapat menyebabkan nyeri.

4.  Memanfaatkan akupuntur

Ini 5 Cara Mudah Mengatasi Nyeri Haidhellosehat.com

Sudah dipercaya sejak zaman dahulu, akupuntur mempunyai berbagai macam manfaat positif. Beberapa orang memercayakan akupuntur untuk meningkatkan kesehatan. Ada yang untuk pengobatan sakit kepala dan yang tak kalah signifikan untuk nyeri perut yang dialami pada saat haid. Berani coba?

5. Menggunakan inovasi  pain-killing instrument

Ini 5 Cara Mudah Mengatasi Nyeri Haidalieexpress.com

Eits, instrument yang dimaksud disini bukan alat musik ya Bela. Melainkan sebuah alat yang diciptakan untuk mengurangi reseptor rasa sakit. Caranya dengan mengeluarkan unique pulse yang di taruh di atas bagian yang nyeri seperti perut atau pinggang. Ingin mencoba? 

Seluruh cara di atas mungkin beberapa sudah familiar. Tapi, ada nggak sih yang belum pernah kamu coba Bela? 

 

 

Penulis: Kerene Jesica

BACA JUGA: 7 Hal Ini Bisa Jadi Penyebab Siklus Haid yang Tidak Teratur