Masih ingat berapa banyak makanan bersantan yang disantap saat Idulfitri kemarin? Sebelumnya, banyak yang mengatakan bahwa santan memberikan dampak buruk bagi kesehatan.

Kenyataannya santan tak melulu memberikan dampak negatif. Mengonsumsi santan ternyata dapat merawat kesehatan kulit sampai keindahan rambut. Penasaran, yuk simak penjelasan ini Bela.

1. Merawat keindahan rambut dari akar sampai ujung rambut

Tak Hanya Lezat, Ternyata Santan Bermanfaat untuk KecantikanFreepik.com

Tak hanya diolah menjadi gulai, rendang atau opor, santan juga bisa dipakai sebagai krim creambath. Kandungan vitamin A dan D pada santan berfungsi sebagai antioksidan yang dapat menjaga kelembapan rambut, merangsang pertumbuhan rambut sampai memperkuat akar rambut.

Caranya mudah banget, balurkan santan kental pada rambut dari pangkal hingga ujung rambut. Diamkan selama 20 menit, sensasi dingin santan membuat kulit kepala terasa rileks.

2. Melembapkan kulit wajah

Tak Hanya Lezat, Ternyata Santan Bermanfaat untuk KecantikanFreepik.com

Untuk mendapatkan kulit yang halus dan glowing, kamu juga bisa memanfaatkan khasiat santan. Sama seperti kandungan mawar, secangkir santan juga mampu mengembalikan kelembapan kulit secara menyeluruh.

Gunakan santan murni kemudian oleskan ke kulit wajah sambil digosok perlahan selama 30 menit. Bisa juga mencampurkan santan dalam air saat mandi, lakukan selama 15 menit secara rutin.

Kandungan asam amino esensial dalam santan menyehatkan permukaan kulit, makanya santan dikategorikan sebagai produk yang efektif. Selain itu, santan juga memiliki sifat menenangkan kulit sehingga terasa lembut dan kenyal serta mencegah terjadinya iritasi.

3. Sebagai pengganti sunscreen

Tak Hanya Lezat, Ternyata Santan Bermanfaat untuk KecantikanFreepik.com

Paparan sinar matahari yang menyengat membuat kulit terasa seperti terbakar. Untuk mengembalikan kondisi kulit, bisa memanfaatkan santan. Kandungan lemak dan minyak didalamnya dipercaya mengembalikan kelembapan dan mengurangi kemerahan pada kulit.

Kondisi kulit yang iritasi juga bisa diatasi dengan santan dingin, lho. Tenang saja, nggak akan terasa perih kok, justru kamu akan merasa sangat nyaman dan terlindungi.

4. Membersihkan bekas makeup

Tak Hanya Lezat, Ternyata Santan Bermanfaat untuk KecantikanFreepik.com

Percaya nggak sih kalau santan dapat menggantikan micellar water? Campuran santan dengan minyak kelapa rupanya bisa dimanfaatkan untuk membersihkan bekas makeup, lho.

Cara mengaplikasikannya tak jauh berbeda dengan pembersih makeup lainnya. Gunakan kapas kemudian sapu makeup secara perlahan. Pemakaian secara rutin dapat mengembalikan kekenyalan kulit.

5. Ampuh mencegah penuaan dini

Tak Hanya Lezat, Ternyata Santan Bermanfaat untuk KecantikanFreepik.com

Menjalani perawatan kulit sejak dini itu penting, lho. Bila kamu khawatir akan kandungan berbagai macam produk modern, bisa mencoba khasiat santan dingin. Kandungan vitamin C pada santan dapat memperlambat penuaan kulit sejak dini. Tak akan ada drama kerutan pada dahi atau flek hitam.

Ternyata banyak sekali ya, Bela manfaat yang diberikan santan untuk kecantikan. Selamat mencoba, ya!

Baca Juga: 8 Efek Samping Terlalu Banyak Mengonsumsi Santan Saat Lebaran