Sebuah ucapan atau kata-kata sangat sulit diucapkan oleh sebagian besar orang ketika mengalami putus cinta. Emosi kita tak terkontrol sehingga diri kita cenderung emosional dan ingin marah. Namun, tanpa disadari putus cinta memiliki dampak yang cukup besar bagi tubuh. Disini Popbela akan membahas apa yang terjadi pada tubuh saat kita mengalami putus cinta. Keep reading Bela!

1. Kecemasan dan gangguan tidur

Ini 5 Reaksi yang Dihasilkan Tubuh Saat Kamu Putus Cintasupport.therapytribe.com
 

Dalam hubungan percintaan selalu ada rasa ketergantungan dengan pasangan. Ada perasaan saling membutuhkan satu sama lain. Ketika hubungan itu berakhir, maka perasaan tersakiti secara emosional pun tak terelakkan. Perasaan ini akhirnya menimbulkan kecemasan. Studi ilmiah menyatakan bahwa rasa sakit ketika perpisahan terjadi akan mengaktifkan bagian otak yang sama seperti kecanduan kokain.

2. Sesak di dada

Ini 5 Reaksi yang Dihasilkan Tubuh Saat Kamu Putus Cintasouthdenver.com
 

Studi ilmiah telah menyatakan bahwa setelah perpisahan terjadi manusia menerima sinyal yang terkait dengan dengan rasa sakit fisik yang sebenarnya. Sama halnya ketika sinyal ini dikirim saat orang tersebut menumpahkan air panas kepada kulitnya atau mengalami luka bakar. Rasa sakit yang kita rasakan berubah menjadi ketidaknyamanan dan dalam hal ini menimbulkan sesak pada dada. 

3. Masalah kulit

Ini 5 Reaksi yang Dihasilkan Tubuh Saat Kamu Putus Cintabagaimana-cara.com
 

Faktanya nih Bela, seseorang yang sedang mengalami putus cinta akan jarang memerhatikan dirinya sendiri. Kondisi kulit memburuk akibat hormon stres sehingga menimbulkan jerawat dan rambut rontok.

4. Nyeri otot

Ini 5 Reaksi yang Dihasilkan Tubuh Saat Kamu Putus Cintafibromyalgiatreating.com
 

Dalam keadaan tertekan dan stres, seseorang akan lebih mudah mengalami rasa pegal-pegal dari biasanya. Selain itu, stres berlebih dapat menimbulkan kejang otot yang saling berkontraksi sehingga menyebabkan rasa nyeri pada sekujur tubuh.

5. Hilang nafsu makan atau mengalami berat badan naik

 
Ini 5 Reaksi yang Dihasilkan Tubuh Saat Kamu Putus Cintaunity.lolofit.com
 

Perpisahan dalam suatu hubungan seringkali mengakibatkan hilangnya nafsu makan atau kenaikan berat badan. Hal ini disebabkan sel-sel pada tubuh menjadi kurang sensitif terhadap insulin sehingga mempercepat akumulasi lemak. Berat badan yang meningkat juga bisa dikaitkan dengan insomnia dan kurang berolahraga.

Penulis : Aditya Octaviana

BACA JUGA: Cek, Deh! Ini 5 Alasan Mengapa Putus Cinta Itu Justru Berkah Bagimu!​