Memiliki wajah cantik yang awet muda tentu jadi impian semua wanita. Berbagai cara pun dilakukan agar wajah terlihat bersinar sempurna. Mulai dari menggunakan skincare, melakukan perawatan di klinik kecantikan hingga melakukan prosedur medis. 

Tapi tahukah kamu Bela, ada beberapa kebiasaan kecil yang sebenarnya bisa membantu kamu mendapatkan wajah yang lebih cantik dan awet muda? Nggak perlu biaya mahal, cukup lakukan kebiasaan sederhana di bawah ini, kamu bisa mendapatkan penampilan kulit, wajah dan tubuh yang lebih baik. Penasaran seperti apa? Langsung intip di bawah ini ya! 

1. Pakai sunscreen setiap hari

7 Kebiasaan Sederhana yang Bisa Bantu Kamu Lebih Cantik dan Awet Muda Freepik.com

Kamu mungkin sudah bosan mendengar hal yang satu ini, tapi jangan pernah lewatkan penggunaan sunscreen ya, Bela. Karena faktanya, radiasi dari sinar matahari dapat memengaruhi kulit bahkan di musim dingin sekalipun. Di samping itu, penelitian sudah menunjukan kalau rutin menggunakan sunscreen dapat menjadi memperlambat penuaan hingga 24 persen, dibandingkan dengan mereka yang tidak pakai sunscreen . 

2. Pakai skincare sampai ke area leher

7 Kebiasaan Sederhana yang Bisa Bantu Kamu Lebih Cantik dan Awet Muda freepik.com/drobotdean

Area kulit leher adalah area yang paling cepat menunjukkan penuaan. Terlebih bila kamu suka membaca dalam posisi horizontal atau tidur di atas bantal tinggi. Kebiasaan ini membuat kulit leher mudah berkerut bahkan bisa muncul sebelum usia 30 tahun. Untuk itu, penting menjaga area kulit leher agar lembab dan ternutrisi. Jadi, jangan lupa aplikasikan juga skincare ke area lehermu ya!

3. Selalu bawa botol minum agar nggak dehidrasi

7 Kebiasaan Sederhana yang Bisa Bantu Kamu Lebih Cantik dan Awet Muda pexels.com/id-id/@gustavo-fring

Tahukah kamu memenuhi kebutuhan air putih bukan hanya baik untuk pencernaan tapi juga kesehatan kulit? Nah, supaya asupan air putih terpenuhi setiap harinya, cobalah untuk selalu membawa botol minum kemana pun 

4. Menggunakan sarung bantal yang lembut

7 Kebiasaan Sederhana yang Bisa Bantu Kamu Lebih Cantik dan Awet Muda Pexels.com/Jaymantri

Sadar atau tidak, saat tidur sebagaian wajah kita akan bergesekan dengan bantal. Gesekan ini akan memunculkan masalah kerutan kulit hingga rambut yang kusut. Terlebih bila kamu menggunakan sarung bantal yang tidak ramah dikulit. 

Pilihlah sarung bantal berbahan sutra atau satin. Kedua bahan ini punya tekstur yang licin sehingga dapat meminimalkan gesekan pada wajah maupun rambut. Dengan begitu, kamu juga bisa mencegah kerutan dan rambut yang kusut. 

5. Hindari mengikat rambut terlalu kencang

7 Kebiasaan Sederhana yang Bisa Bantu Kamu Lebih Cantik dan Awet Muda Freepik.com

Kalau kamu punya kebiasaan mengikat rambut dengan kencang, sebaiknya mulai hindari deh, Bela. Pemakaian ikat rambut secara terus-menerus ternyata dapat menipiskan rambut. Tekstur rambut juga bisa rusak sehingga membuatnya mudah patah dan rontok. Di samping itu, kamu juga perlu memerhatikan bahan dari tali rambut yang kamu gunakan. Pilih bahan tali rambut yang tidak akan menyebabkan rambut mudah patah. 

6. Sikat gigi dan pakai mouthwash

7 Kebiasaan Sederhana yang Bisa Bantu Kamu Lebih Cantik dan Awet Muda feepik.com/freepik

Sejak kecil kita diajarkan untuk menyikat gigi dua kali sehari. Tetapi nyatanya, hal itu aja nggak cukup lho untuk menjaga ketahanan dan warna gigi. Terutama bila kamu sering minum teh atau kopi. 

Plak di gigi lebih mudah terbentuk sehingga gigi berlubang dan senyumanmu nggak maksimal. Supaya area mulut dan gigi tetap sehat, kamu perlu menambahkan kebiasaan untuk berkumur menggunakan mouthwash.  Kalau perlu, pakai juga dental floss untuk menghilangkan sisa makanan yang menyangkut di sela-sela gigi. 

7. Selalu gunakan earphone saat menelepon

7 Kebiasaan Sederhana yang Bisa Bantu Kamu Lebih Cantik dan Awet Muda imore.com

Kalau kamu punya kebiasaan untuk menempelkan smartphone ke area wajah saat menelepon, sebaiknya kamu segera berhenti, Bela. Penelitian telah menunjukkan bahwa layar smartphone memiliki bakteri 18 kali lebih banyak daripada pegangan siram di toilet di kamar mandi umum. 

Sehingga menempelkan smartphone langsung ke area pipi dan wajah hanya akan menyebarkan bakteri. Kondisi ini tentu membuat kulit rentan berjerawat. Nah, mulai sekarang , selalu gunakan earphone  ya saat mengangkat panggilan telepon. 

Baca Juga: Bikin Muka Jadi Tua, Ini 5 Kebiasaan yang Memicu Penuaan Dini

Baca Juga: Tanpa Disadari, 7 Kebiasaan Buruk Ini Picu Tumbuhnya Jerawat

Baca Juga: 7 Kebiasaan Sehari-hari yang Membuat Bibir Hitam