Memiliki berat badan yang ideal memang bisa dibilang menjadi impian setiap perempuan. Maka dari itu, nggak jarang perempuan selalu berusaha untuk diet dengan berbagai cara. Mulai dari diet mayo, diet keto, diet vegan, dan berbagai cara lainnya. 

Memang nggak ada salahnya sih dengan diet, namun untuk menurunkan berat badan rupanya juga dapat dengan mengontrol nafsu makan kamu loh. Dan tanpa kamu sadari, ternyata ketujuh kebiasaan kecil ini bisa mengontrol nafsu makan kamu yang bisa kamu terapkan dalam kegiatan sehari-hari.

1. Sikat gigi

Siapa Sangka, 7 Kebiasaan Kecil Ini Bisa Mengontrol Nafsu Makan KamuSuperhaber.tv

Kamu pasti nggak pernah dong melewatkan kegiatan yang satu ini. Yap, menyikat gigi di pagi dan malam hari memang merupakan kebiasaan rutin. Tetapi, rupanya menyikat gigi setelah makan juga dapat mengontrol nafsu makan kamu loh. Karena, dengan sudah menyikat gigi, kamu akan memiliki sugesti kalau gigi kamu sudah bersih, malas rasanya untuk kembali mengunyah sesuatu.

2. Minum air mineral

Siapa Sangka, 7 Kebiasaan Kecil Ini Bisa Mengontrol Nafsu Makan KamuMejor con salud

Nah, yang satu ini juga pastinya nggak pernah terlewatkan dong. Mengonsumsi air putih dengan porsi yang sesuai sangatlah baik untuk kesehatan tubuh dan kulit. Tetapi, coba deh mengonsumsi 2 gelas air mineral 30 menit sebelum makan. Dengan begini, perut kamu akan lebih terisi dan lebih cepat kenyang, sehingga nafsu makan terkontrol dengan baik.

3. Sarapan

Siapa Sangka, 7 Kebiasaan Kecil Ini Bisa Mengontrol Nafsu Makan KamuEggs.ca

Masih banyak banget yang percaya kalau sarapan itu bikin gendut! Tenang, pernyataan ini nggak benar kok. Justru dengan sarapan, kamu akan memiliki nafsu makan yang terkontrol dengan baik saat makan siang, dan tidak makan berlebihan yang akan membuat berat badan jadi naik.

4. Menghirup aroma peppermint

Siapa Sangka, 7 Kebiasaan Kecil Ini Bisa Mengontrol Nafsu Makan KamuThe green leaf herbal

Kamu pasti sering mendengar bahwa produk-produk untuk membantu menurunkan berat badan, seperti teh ataupun aroma therapy, pasti ada kandungan peppermint. Rupanya, ada penelitian yang menunjukkan hasil riset bahwa dengan menghirup aroma peppermint, dapat membuat kamu lebih cepat kenyang, sehingga dapat mengontrol nafsu makan dengan baik.

5. Makan tepat waktu

Siapa Sangka, 7 Kebiasaan Kecil Ini Bisa Mengontrol Nafsu Makan KamuGaurani

Setelah membahas tentang pentingnya sarapan di poin nomor 3, makan tepat waktu juga nggak kalah pentingnya nih untuk menjaga nafsu makan. Jadi, ketika sudah memasuki waktu sarapan, makan, siang ataupun makan malam, pastikan jangan sampai terlewat atau menunda hingga merasa lapar. Hal ini justru akan membuat nafsu makan kamu tidak terkendali.

6. Tidak begadang

Siapa Sangka, 7 Kebiasaan Kecil Ini Bisa Mengontrol Nafsu Makan KamuSide2

Siapa sangka, kalau dengan begadang dapat membuat nafsu makan kamu tidak terkendali. Kamu pasti sering mendengar bahwa begadang dapat menyebabkan obesitas. Yap, hal ini dikarenakan dengan begadang kamu akan sulit mengontrol nafsu makan. Jadi, energi yang terbuang saat begadang akan tergantikan dengan rasa lapar yang tidak dapat dihentikan. Maka dari itu, sebaiknya kamu hindari kebiasaan begadang ini ya.

7. Mindful eating

Siapa Sangka, 7 Kebiasaan Kecil Ini Bisa Mengontrol Nafsu Makan KamuKellee maize

Akhir-akhir ini instilah mindful eating sangat sering digunakan dalam berbagai upaya menurunkan berat badan. Mindful eating sendiri berarti makan dengan sangat menikmati dan menghayati. 

Makan perlahan dan tidak terburu-buru tentunya dapat membuatmu lebih menikmati makanan yang kamu makan. Selain itu, hindari melakukan aktivitas lain saat makan. Fokuslah dengan apa yang kamu makan dan menikmati setiap gigitannya.