Ginjal merupakan salah satu organ penting dalam tubuh. Ginjal berfungsi mencerna dan mengeluarkan zat-zat sisa yang tidak berguna bagi tubuh. Makanya, ginjal termasuk organ vital yang harus kita jaga kesehatannya.

Namun, pada kenyataannya, masih banyak yang mengabaikan kesehatan ginjal. Salah satunya adalah mengonsumsi makanan-makanan yang dapat mengganggu kinerja ginjal di bawah ini secara berlebihan. Apa saja makanan-makanan tersebut?

1. Alpukat

Jangan Konsumsi 7 Makanan Ini Berlebihan, Bisa Merusak Ginjalrefinery29.com

Alpukat dikenal dengan kandungan gizinya yang baik bagi tubuh. Namun, mengonsumsi buah ini secara berlebihan dapat mengganggu kesehatan ginjal lho, apalagi kalau kamu sudah punya penyakit ini. Hal ini karena alpukat memiliki kandungan kalium yang sangat tinggi.

Dilansir dari laman medicalnewstoday, kalium memang dibutuhkan tubuh, namun jika kadarnya berlebihan akan dapat mengganggu kinerja ginjal karena ginjal tak dapat memroses kalium dengan benar. Jika hal ini terjadi, kalium bisa menumpuk dalam darah dan menyebabkan efek samping lain seperti kram otot dan detak jantung yang tidak teratur.

2. Daging

Jangan Konsumsi 7 Makanan Ini Berlebihan, Bisa Merusak Ginjalmoota.com

Daging memang enak. Siapa yang nggak mau kalau disodorkan daging untuk dimakan. Sebagian dari kita juga menjadikan daging sebagai makanan wajib setiap hari. Namun, tahukah kamu bahwa mengonsumsi daging dalam porsi yang berlebihan bisa berefek buruk pada ginjal lho.

Daging merupakan protein hewani, memiliki jumlah purin yang tinggi, yang mana merangsang produksi asam urat, salah satu penyebab umum batu ginjal. Jadi, konsumsi banyak daging bisa meningkatkan risiko batu ginjal. Oleh karena itu dianjurkan agar menjaga pola makan, serta mengonsumsi alternatif makanan berprotein selain daging, seperti kacang-kacangan maupun sayuran.

3. Garam

Jangan Konsumsi 7 Makanan Ini Berlebihan, Bisa Merusak Ginjalmedium.com

Dilansir dari laman kidney.com, jumlah garam yang tepat dikonsumsi setiap hari adalah 2.300mg atau sekitar satu sendok teh garam. Mengonsumsi garam berlebih dapat meningkatkan kinerja ginjal untuk menghilangkan kelebihan natrium sehingga bisa membuat ginjal rusak. Hal lain yang juga dapat menjadi efek konsumsi garam berlebih adalah tekanan darah tinggi.

Untuk mencegah ginjalmu rusak, dianjurkan agar menambahkan rempah-rempah dalam makanan sebagai penyeimbang dengan garam. Selain itu, hindari juga produk makanan dalam kemasan atau kaleng ya

4. Pisang

Jangan Konsumsi 7 Makanan Ini Berlebihan, Bisa Merusak Ginjalrefinery29.com

Sama seperti alpukat, makan pisang berlebihan juga bisa berakibat nggak baik bagi kesehatan ginjal. Pisang memiliki kandungan kalium yang juga tinggi. Hal ini bisa membuat kinerja ginjal lebih berat untuk menghilangkan kelebihan kalium yang terjadi. Oleh karena itu, pola makan perlu dijaga.

Orang dewasa yang sehat dianjurkan mendapat asupan kalium 3.500-4.700mg setiap hari. Dalam 150g pisang sudah terkandung 537mg kalium. Tinggal kamu hitung berapa banyak pisang yang semestinya kamu makan dalam sehari. Ingat jangan berlebihan!

5. Produk dairy

Jangan Konsumsi 7 Makanan Ini Berlebihan, Bisa Merusak Ginjalrefinery29.com

Aneka produk dairy seperti susu, yoghurt, dan keju bisa punya dampak buruk juga lho terhadap ginjal. Meski produk ini sehat, tapi mengonsumsinya berlebihan tentu nggak baik kan?

Mengonsumsi produk dairy secara berlebihan, bisa meningkatkan kandungan fosfor dalam tubuh yang mana akan sangat menekan kinerja ginjal untuk mencernanya. Gangguan ini selain merusak ginjal karena bekerja berat, dapat juga lho memberi efek pada tulang, seperti tulang lemah dan mudah patah karena penyerapan fosfor tidak berjalan dengan baik.

6. Roti gandum

Jangan Konsumsi 7 Makanan Ini Berlebihan, Bisa Merusak Ginjalkingarthur.com

Roti gandum pada dasarnya sehat dan bergizi. Namun, mengonsumsi roti gandum terus-menerus atau dalam jumlah besar dapat membawa masalah pada ginjal, apalagi kalau kamu punya riwayat penyakit ginjal, bisa jadi masalahnya lebih parah lho.

Hal ini lantaran roti gandum memiliki jumlah kalium dan fosfor yang tinggi. Dari penjelasan sebelumnya, kamu tahu 'kan apa efek yang timbulkan kalau mengonsumsi kalium dan fosfor berlebihan?

7. Jus jeruk

Jangan Konsumsi 7 Makanan Ini Berlebihan, Bisa Merusak Ginjalstarselling.com

Meski rendah kalori dan kaya vitamin C, namun jus jeruk mengandung kalium yang tinggi lho, seperti dilansir dari laman medicalnewstoday. Lagi, kalium yang tinggi dapat menekan kinerja ginjal sehingga ginjal berisiko untuk rusak kalau konsumsi makanan tidak perhatikan.

Batasi minum jus jeruk secara berlebihan adalah salah satu cara pencegahan. Apalagi kalau kamu sudah memiliki penyakit ginjal, jangan coba-coba minum jus ini berlebihan ya.

Initinya, makanan-makanan di atas masih dapat kamu konsumsi. Namun, harus dalam batasan yang wajar. Berlebihan mengonsumsi makanan di atas justru akan membawa efek buruk bagi kesehatan ginjalmu. Salam sehat ya!

Disclaimer: Artikel ini sudah pernah tayang di laman IDNTimes.com dengan judul "Jangan Konsumsi 7 Makanan Ini Berlebihan, Bisa Merusak Ginjal"

Baca Juga: Waspadai, Ini 5 Gejala Penyakit Infeksi Ginjal