Memiliki banyak pekerjaan yang harus diselesaikan, konflik dengan beberapa orang dan juga mengatur keuangan pribadi seringkali menjadi beberapa masalah yang membuat kita menjadi tertekan. 

Keadaan tertekan biasanya akan mengarahkan kita mengalami stres. Dan ternyata, stres bukanlah hal yang hanya bisa dirasakan tetapi juga secara fisik terdapat tanda-tanda yang mengartikan kita dalam keadaan stres. Seperti apa tandanya? Baca sampai habis ya!

1. Kulit Berjerawat

Waspada, Ini 5 Tanda Kamu Sedang Mengalami Stres

Ternyata jerawat adalah salah satu tanda yang paling terlihat dari orang yang sedang dalam keadaan stres. Orang yang sedang dalam keadaan stres ternyata lebih sering memegang wajah, dan belum tentu tangan yang menyentuh wajah itu dalam keadaan bersih sehingga terjadilah jerawat.

2. Sakit Kepala

Waspada, Ini 5 Tanda Kamu Sedang Mengalami StresPexels.com/Claudia Barbosa

Keadaan stres pada seseorang sering kali dapat menimbulkan penyakit-penyakit tertentu, salah satunya adalah sakit kepala. Hal ini disebabkan oleh saat merasa stres, otak kita terus berpikir sehingga apabila seseorang tidak kuat hal tersebut dapat menyebabkan sakit kepala.

3. Mudah Merasa Lelah

Waspada, Ini 5 Tanda Kamu Sedang Mengalami Stresmedicalnewstoday.com

Orang yang mengalami stres, akan merasa mudah lelah dengan cepat. Hal ini juga berkaitan dengan kualitas tidur yang kurang baik dikarenakan seringkali orang yang mengalami stres terlalu memikirkan segala sesuatu.

4. Insomnia

Waspada, Ini 5 Tanda Kamu Sedang Mengalami Streswisesleeper.com

Selain itu, insomnia juga bisa menjadi salah satu tanda bahwa seseorang sedang mengalami stres. Insomnia terjadi akibat seseorang merasakan perasaan yang tidak nyaman dan menjadi khawatir akan hari esok. Selain itu, insomnia juga bisa disebabkan oleh terlalu seringnya meminum minuman yang mengandung kafein.

5. Penurunan Nafsu Seks

Waspada, Ini 5 Tanda Kamu Sedang Mengalami Stresfreepik.com/prostooleh

Untuk seseorang yang sudah berkeluarga, tentu rasa stres dapat menurunkan nafsu untuk melakukan hubungan intim dengan pasanganya. Stres ternyata memicu terjadinya perubahan hormon sehingga hal ini dapat mempengaruhi gairah seks pada seseorang.