Telat menstruasi sering kali membuat banyak perempuan bertanya-tanya apakah dirinya hamil atau tidak. Namun ternyata tidak selalu lho namanya telat menstuasi itu kamu hamil. Bela, ternyata ini hal-hal yang membuat menstruasi tidak teratur!

1. Stres Berlebihan

Ternyata, Ini Hal-Hal yang Membuat Menstruasi Tidak Teraturrefinery29.com

Ternyata stres bisa menjadi salah satu yang membuat menstuasi tidak teratur. Hal ini terjadi dikarenakan akibat dari stres dapat membuat aktivitas hormon didalam tubuh tidak terkontrol. 

2. Kelebihan Berat Badan

Ternyata, Ini Hal-Hal yang Membuat Menstruasi Tidak Teraturwerywellfit.com

Berat badan yang terlalu rendah dikatakan dapat memperngaruhi hormon pada tubuh, begitu juga kelebihan berat badan pun dapat membuat menstruasi menjadi tidak teratur. 

3. Penggunaan Pil KB

Ternyata, Ini Hal-Hal yang Membuat Menstruasi Tidak Teraturwww.mydomaine.com

Penggunaan pil KB, spiral dan alat kontrasepsi juga ternyata dapat mempengaruhi waktu menstruasimu. Hal ini dikarenakan alat kontrasepsi biasanya mengandung hormon progesterone dan estrogen yang menghambar ovarium melepaskan sel telur. Untuk penggunaan pil KB, butuh waktu hingga 6 minggu setelah berhenti menggunakan pil KB untuk menjadikan jadwal menstruasi kembali teratur.

4. Masalah Pada Kelenjar Tiroid

Ternyata, Ini Hal-Hal yang Membuat Menstruasi Tidak Teraturwww.byrdie.com

Aktivitas kelenjad tiroid pada tubuh perempuan ternyata juga dapat mempengaruhi menstruasi tidak teratur. Hal ini dikarenakan tiroid mengatur metabolism tubuh sehingga juga dapat mempengaruhi hormon yang ada pada tubuh. Konsultasikan keadaan ini apabila diperlukan kepada dokter yang kamu percaya agar segera dilakukan pengobatan pada kelenjar tiroid.

5. Diabetes

Ternyata, Ini Hal-Hal yang Membuat Menstruasi Tidak Teraturwww.popsugar.com

Nah, ternyata ada salah satu penyakit yang juga dapat menyebabkan menstruasi tidak teratur. Penyakit tersebut adalah diabetes. Perubahan kadar gula darah pada tubuh dapat memengaruhi aktivitas sel tubuh sehingga dapat menghambat terjadinya menstruasi sehingga menstruasi tidak teratur.