Sebagai seorang perempuan, tentu kita pasti pernah mengalami keputihan. Keputihan sendiri adalah kondisi dimana miss V kita mengeluarkan cairan berwarna putih. Nah, munculnya keputihan ini seringkali membuat orang menjadi cemas akan kesehatan miss V nya. Jadi, sebenarnya apa sih penyebab keputihan? Bela, ini dia beberapa penyebab terjadinya keputihan yang sering dialami oleh perempuan!

1. Infeksi Jamur

4 Penyebab Keputihan yang Wajib Kamu Tahuhealthline.com

Salah satu spesies jamur yang dapat menyebabkan keputihan bernama Candida albicans. Infeksi yang disebabkan oleh jamur Candida albicans ini bisa dikarenakan stres berkepanjangan, penggunaan pil KB tanpa pengawasan dokter serta mengkonsumsi antibiotik. Sebenarnya, di dalam miss V memang terdapat jamur tetapi apabila tiga hal tersebut terjadi maka jamur dapat membuat terjadinya infeksi pada miss V sehingga menimbulkan keputihan.

2. Vaginitis

4 Penyebab Keputihan yang Wajib Kamu Tahuindependent.co.uk

Vaginitis adalah salah satu jenis peradangan yang terjadi pada miss V yang disebabkan oleh infeksi. Biasanya peradangan ini akan terjadi kepada orang yang menjelang menopause atau sudah menopause karena berkurangnya kadar estrogen pada tubuh. Biasanya apabila vaginitis terjadi pada seseorang, jenis keputihan yang akan terjadi adalah yang memiliki bau.

3. Klamidia

4 Penyebab Keputihan yang Wajib Kamu Tahufemalenetwork.com

Keputihan juga bisa disebabkan oleh penyakit yang disebut klamidia. Penyakit ini adalah salah satu penyakit menular seksual yang bisa ditularkan saat berhubungan seks secara vaginal, oral maupun anal. Keputihan yang diderita oleh pemiliki penyakit klamidia biasanya berwarna putih kental dan terjadi cukup sering.

4. Alergi

4 Penyebab Keputihan yang Wajib Kamu Tahusharecare.com

Nah, yang ini perlu banget kamu perhatikan nih Bela! Seringkali banyak cairan pembersih untuk membersihkan miss V tetapi ternyata cairan pembersih tersebut belum tentu aman untuk kamu gunakan. Sebagian orang memiliki kondisi miss V yang cukup sensitif sehingga saat menggunakan cairan pembersih terjadi alergi. Hal ini pun bisa menyebabkan terjadinya keputihan.