Meditasi menjadi salah satu kegiatan yang kini sering dikaitkan dengan kesehatan mental. Meditasi adalah salah satu latihan yang memusatkan diri untuk berpikiran jernih dan meraih ketenangan. Kalau kamu berpikir bahwa manfaat dari meditasi hanya untuk orang-orang yang memiliki gangguan kesehatan mental atau stres, kamu salah besar lho Bela!

Berikut ini 7 manfaat meditasi lain yang juga penting bagi kesehatan. Buat kamu yang tertarik untuk melakukan meditasi, baca dulu yuk!

1. Mengontrol rasa cemas

7 Manfaat Meditasi Bagi Kesehatan yang Wajib Kamu TahuPexels.com/Andrea Piacquadio

Rasa cemas bisa datang kapan saja, bahkan ada orang yang memang cenderung lebih sering merasa cemas. Dengan melakukan meditasi, sebuah studi membuktikan bahwa latihan ini berhasil untuk mengurangi kecemasan dalam diri seseorang. Apabila dilakukan secara rutin sesuai dengan petunjuk ternyata manfaat meditasi bisa kita rasakan untuk jangka panjang.

2. Mengurasi rasa stres

7 Manfaat Meditasi Bagi Kesehatan yang Wajib Kamu TahuPexels.com/Anna Shvets

Meditasi terbukti juga dapat mengurangi rasa stres. Ada sebuah jenis meditasi yang disebut mindfulness meditation, ini disebut-sebut sangat membantu untuk seseorang yang sedang mengalami stres akibat hal-hal yang kurang berkenan yang ia alami. Selain itu meditasi juga ternyata dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh yang disebabkan oleh stres.

3. Meningkatkan kesadaran diri

7 Manfaat Meditasi Bagi Kesehatan yang Wajib Kamu Tahuintegrisok.com

Manfaat meditasi selanjutnya adalah kegiatan ini dapat membantu seseorang dapat lebih percaya diri. Dalam meditasi, kita dilatih untuk lebih sadar dengan diri kita dan juga berpikir secara jernih. Hasilnya, rasa percaya diri dan merasa berharga pasti akan meningkat.

4. Mencegah pikun

7 Manfaat Meditasi Bagi Kesehatan yang Wajib Kamu Tahufreepik.com/wayhomestudio

Pikun atau cenderung sering lupa ternyata dapat dicegah dengan sering melakukan meditasi. Salah satu metode meditasi yang dapat mencegah pikun disebut Kirtan Kriya. Dalam sebuah studi, metode meditasi tersebut dianggap berhasil untuk mencegah pikun.

5. Meningkatkan kualitas tidur

7 Manfaat Meditasi Bagi Kesehatan yang Wajib Kamu Tahufreepik.com/yanalya

Dalam sebuah studi, terdapat dua grup dimana grup pertama diminta untuk melakukan meditasi dan yang lainnya tidak. Dalam studi tersebut, terdapat perbedaan signifikan dimana grup yang melakukan meditasi merasa kualitas tidur mereka menjadi lebih baik.

6. Menurunkan tekanan darah

7 Manfaat Meditasi Bagi Kesehatan yang Wajib Kamu Tahumentalfloss.com

Meditasi ternyata juga bermanfaat meningkatkan kesehatan fisik dengan cara meredakan gejala ketegangan pada jantung. Walaupun dianggap demikian, ternyata ada anggapan untuk manfaat yang satu ini lebih berguna pada orang-orang berusia lanjut.

7. Mengontrol rasa sakit

7 Manfaat Meditasi Bagi Kesehatan yang Wajib Kamu Tahumedicalnewstoday.com

Rasa sakit yang timbul ternyata tersambung pada pikiran. Rasa sakit seseorang akan bertambah saat berada dalam keadaan stres. Meditasi disebut sebagai salah satu jenis kegiatan yang dapat meredakan rasa sakit, meningkatkan kualitas hidup dan mengurangi depresi pada seseorang yang sedang merasa sakit.

Itu tadi 7 manfaat dari meditasi bagi kesehatan yang ternyata cukup variatif. Apakah setelah membaca artikel ini Bela ingin mencoba melakukan meditasi?