Di tengah pandemi corona yang masih berlangsung, ternyata salah satu cara menjaga kesehatan mentalmu adalah dengan rutin menggunakan skincare.

Menggunakan skincare secara rutin adalah bentuk komitmen untuk merawat tubuh dan menjaga kesehatan kulit. Penasaran apa sih alasan di balik hal ini? Yuk cari tahu selengkapnya! 

1. Kamu memiliki rutinitas yang bermanfaat

Rutin Pakai Skincare Dapat Menjaga Kesehatan Mental di Tengah Pandemiskincare.com

Setelah muncul himbauan mengenai PSBB, sebagian besar kegiatan harus dilakukan dari rumah. Well, ini adalah saat yang tepat untuk merawat diri dengan skincare. Selain menjadikan kulitmu indah, rutinitas menggunakan skincare di pagi dan malam hari juga akan menghindarkanmu dari gangguan mental. 

Hal ini telah dibuktikan melalui jurnal dari The Lancet Psychiatry. Para peneliti menemukan bahwa orang-orang tidak memiliki rutinitas berpeluang lebih besar mengalami gangguan depresi dan bipolar besar, masalah suasana hati, kesepian, dan kurang bahagia. 

2. Fokus merawat diri dapat mengurangi rasa khawatir yang berlebih

Rutin Pakai Skincare Dapat Menjaga Kesehatan Mental di Tengah Pandemiuk.style.yahoo.co

Dalam situasi tertentu, kamu mungkin pernah merasakan pikiranmu terganggu oleh hal-hal negatif. Namun, saat kamu menyibukkan diri dengan merawat tubuh, fokus pikiranmu bisa teralihkan. Lakukanlah urutan aplikasi skincare yang lengkap untuk kulitmu. Seperti mencuci muka, menggunakan toner dan menggunakan moisturizer. Juga jangan lupakan merawat bagian bibir ya! 

3. Memicu otak dalam meningkatkan mood

Rutin Pakai Skincare Dapat Menjaga Kesehatan Mental di Tengah PandemiFreepik

Merasakan momen bahagia seperti merawat diri, dapat melepaskan neurotransmiter yang baik di otak. Hal ini dapat memicu mood yang baik dalam tubuh dan pikiran. Nah, untuk menjadikan momen skincare routinemu lebih menyenangkan kamu bisa lho gunakan hal-hal lain. Seperti menyalakan lilin aromatherapy, mendengarkan lagu sambil menggunakan masker wajah, dan sebagainya. 

4. Jadi waktu yang tepat untuk bonding dengan keluarga

Rutin Pakai Skincare Dapat Menjaga Kesehatan Mental di Tengah Pandemistylecaster.com

Melakukan perawatan wajah bersama orang yang kamu sayangi di rumah juga bisa meningkatkan kebahagiaan lho. Sebagi contoh kamu bisa menggunakan masker wajah bersama  pasangan, anak, adik, kakak bahkan orang tua. Hal ini bisa jadi pengalaman yang menyenangkan sekaligus membuat keluarga jadi lebih dekat. 

5. Meningkatkan kepercayaan diri dalam menjalani hari

Rutin Pakai Skincare Dapat Menjaga Kesehatan Mental di Tengah Pandemiskincare.com

Saat kamu melihat kulit dan wajahmu dalam keadaan baik, kamu juga akan merasa lebih baik secara emosional. Pilihlah rangkaian skincare yang sesuai dengan kondisi kulitmu. Kamu juga bisa melakukan berbagai perawatan sederhana lain yang bisa dilakukan di rumah. Seperti memijat wajah dengan halus, menggunakan es batu untuk meredakan inflamasi, dan sebagainya. 

Well,  meski masih harus di rumah saja, mulai sekarang jangan malas menggunakan skincare ya Bela!