Kenaikan angka kasus COVID-19 di Indonesia setiap harinya semakin mengkhawatirkan. Akibat lonjakan yang semakin tidak terkendali, PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) pun kembali diberlakukan khususnya di Jakarta. 

Selain harus menerapkan protokol kesehatan seperti mengenakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan, kamu juga perlu memelihara imun tubuh lho. Nah, berikut ini ada daftar makanan serta minuman yang sebaiknya kamu hindari agar imun tubuh tidak menurun di tengah pandemi. 

1. Soda

Waspada, Makanan dan Minuman Ini Dapat Turunkan Imun Tubuh

Semua bentuk gula sudah diketahui bisa menimbulkan masalah untuk sistem kekebalan tubuh, tapi soda menjadi salah satu yang paling buruk lho Bela. Selain mengandung gula, minuman bersoda juga mengandung zat pewarna buatan berdampak negatif pada lapisan sistem pencernaan. Sering minum soda juga dapat memberi dampak buruk bagi tubuh yang mungkin baru akan terasa di masa nanti. 

2. Makanan siap saji

Waspada, Makanan dan Minuman Ini Dapat Turunkan Imun Tubuhwww.medicalnewstoday.com

Kalau kamu adalah seorang penikmat junk food, ada baiknya untuk segera berhenti. Pasalnya makanan siap saji diketahui tinggi kalori, meningkatkan risiko peradangan, serta membuat kekebalan tubuh bekerja lebih agresif. Selain itu dalam jangka panjang, junk food akan meningkatkan risiko diabetes serta penyakit jantung. 

3. Makanan olahan

Waspada, Makanan dan Minuman Ini Dapat Turunkan Imun TubuhFreepik.com

Siapa sih yang nggak suka makanan olahan seperti sosis, nugget, kornet? Atau makanan kalengan yang sangat mudah untuk disajikan? Sayangnya, meski rasanya lezat makanan ini diproses dengan campuran garam, gula, dan zat aditif lainnya yang bisa mengurangi kemampuan tubuh untuk memulihkan diri dari stres. Untuk itu, beralihlah ke makanan segar dulu ya, Bela. 

4. Alkohol

Waspada, Makanan dan Minuman Ini Dapat Turunkan Imun TubuhFreepik.com

Konsumsi alkohol berlebihan ternyata bisa membuat tubuh kesulitan untuk melawan penyakit sehingga luka dan penyakit akan terjadi lebih lambat. Di samping itu tubuh juga akan lebih rentan terhadap pneumonia dan kondisi paru-paru lainnya. Wah bahaya banget nih Bela!  

6. Kopi

Waspada, Makanan dan Minuman Ini Dapat Turunkan Imun Tubuhinstagram.com/ valeria_aksakova

Minum kopi memang sudah menjadi kebiasaan bagi sebagian besar orang untuk memulai hari. Apakah kamu juga begitu Bela? Namun waspada ya terlalu banyak mengonsumsi kopi bisa membuatmu mengalami gangguan pencernaan, kembung dan sakit perut. Ketika berlebihan, kopi akan membuatmu dehidrasi dan kesulitan tidur di malam hari sehingga kekebalan tubuh akan berkurang. 

7. Keripik kentang

Waspada, Makanan dan Minuman Ini Dapat Turunkan Imun TubuhFreepik.com

Keripik kentang memang pas banget jadi camilan saat menonton film atau serial. Tetapi sebaiknya kamu mengganti camilanmu dulu deh, Bela. Pasalnya, meski lezat, satu bungkus keripik kentang ini mengandung banyak garam serta lemak. 

Ketika asupan garam terlalu banyak di dalam tubuh, sistem kekebalan tubuh bisa menurun. Bukan hanya itu, dalam jangka panjang kebiasaan mengonsumsi keripik kentang menyebabkan meningkatkan risiko tekanan darah tinggi dan kolesterol.