Kamu memiliki jerawat di area bokong? Pasti menyebalkan sekali rasanya saat kamu ingin menggunakan hot pants atau pun bikini di musim panas jika kamu memiliki kondisi ini. Selain gatal, jerawat di area bokong pastinya nggak nyaman untuk dilihat. 

Well, tenang aja karena kamu nggak sendirian, Bela. Sebagian orang juga pernah mengalaminya. Kondisi ini sebenarnya sangat umum ditemukan terutama jika kita berada di tempat bersuhu tinggi. Untuk tahu lebih lanjut soal masalah kulit yang satu ini, simak artikel di bawah ya!

Ini Penyebab Jerawat di Bokong dan Cara Menghilangkannyapinterest.com

Sebenarnya jerawat yang kita lihat ada di area bokong bukanlah benar-benar jerawat. Seperti yang ada pada wajah kita. Jerawat pada area bokong seringnya berupa peradangan di sekitar folikel rambut. Kondisi ini dikenal sebagai folliculitis atau iritasi akibat gesekan dari pakaian yang terlalu ketat atau hasil dari waxing.

Folliculitis ini berbentuk seperti benjolan kecil yang dapat menimbulkan rasa gatal bahkan sakit. Ketika iritasi pada folikel semakin parah, mereka dapat berkembang dan menjadi lebih besar, seperti kista.

Ini Penyebab Jerawat di Bokong dan Cara Menghilangkannyapinterest.com

Untuk merawat area berjerawat pada bokong, kamu harus sering membersihkannya. Kamu bisa menggunakan produk pembersih yang mengandung benzoyl peroxide yang mampu membunuh bakteri penyebab jerawat. 

Kamu juga bisa menggunakan krim eksfoliator yang lembut untuk area bokong. Gunakan krim eksfoliator lembut yang mengandung asam salisilat atau asam laktat untuk menjaga permukaan kulitmu. 

Hindari menggunakan produk yang mengandung scrub. Termasuk menggosok bagian berjerawat dengan sponge. Hal ini justru akan menambah infalamasi serta menimbulkan luka pada kulit. 

Melakukan scrub pada area bokong yang berjerawat tidak akan membuat permukaan kulit menjadi mulus. Di samping itu hindari juga perawatan waxing karena dapat menyebabkan penyumbatan folikel rambut, memburuknya peradangan, dan pigmentasi pada kulit. 

Nah itu dia hal yang perlu kamu ketahui seputar jerawat di area pantat. Hal yang terpenting selalu jaga kebersihan dan keringkan area di sekitar bokong ya!