Menjadi seorang idol K-pop memang tidak mudah dijalani. Sejak sebelum debut, para idol harus menjalani kehidupan sebagai trainee dengan jadwal latihan yang padat. Setelah debut, tekanannya hidup sebagai idol akan semakin besar dan jadwal yang dimiliki pun semakin padat. 

Untuk menghadapi kehidupan di industri hiburan Korea, fisik yang kuat dan sehat menjadi modal utama para idol. Namun tidak dapat dipungkiri, sebagian idol nyatanya mengidap penyakit yang membuatnya harus berjuang lebih keras dalam bekerja. Kira-kira siapa saja dan seperti apa ceritanya? Intip di bawah ini yuk!

1. V - BTS

Mengidap Penyakit, 8 Idol Kpop Ini Cerita Soal Kondisi Kesehatannyainstagram.com/bts_v

Di balik pesonanya yang memukau, V alias Taehyung pernah mengungkapkan kepada penggemar bahwa dirinya memiliki alergi kolinergik. Alergi ini bisa menimbulkan ruam serta rasa gatal ketika tubuh mengalami peningkatan suhu. Misalnya setelah berolahraga, berkeringat, kepanasan atau demam. 

2. Yeji -ITZY

Mengidap Penyakit, 8 Idol Kpop Ini Cerita Soal Kondisi Kesehatannyainstagram.com/itzy.all.in.us

Melalui siaran V Livenya, Yeji sempat bercerita soal kondisi kesehatannya. Yeji mengaku memiliki atopi, yakni kondisi genetik yang membuatnya dapat mengalami alergi parah. Bahkan Yeji pernah mengalami flu yang kemudian berubah menjadi pneumonia, infeksi osteomielitis hingga sepsis. Kondisi ini sangat parah dan bisa merenggut nyawanya. Beruntungnya Yeji segera mendapatkan pertolongan dan obat-obatan yang tepat. 

3. Zico

Mengidap Penyakit, 8 Idol Kpop Ini Cerita Soal Kondisi KesehatannyaPinterest.com

Siapa sangka penyanyi sekaligus rapper yang satu ini justru punya penyakit yang membuatnya sulit bernapas. Sejak lahir, Zico diketahui memiliki penyakit asma yang mengganggu pernapasannya. Mantan dari personel Block-B ini juga pernah mengalami masalah jantung hingga menjalani operasi. Meski begitu, semangatnya untuk terus berada di atas panggung nggak pernah padam. 

4. Solji

Mengidap Penyakit, 8 Idol Kpop Ini Cerita Soal Kondisi Kesehatannyainstagram.com/soul.g_heo/

Solois yang pernah debut sebagai anggota girlband EXID ini didiagnosis menderita hipertiroidisme pada tahun 2016. Kondisi kesehatannya yang menurun juga sempat membuatnya hiatus sementara dari dunia hiburan. Hipertiroidisme diketahui dapat mengakibatkan percepatan metabolisme tubuh, penurunan berat badan, dan masalah irama jantung. Kabar baiknya, pada tahun 2018 Solji dikabarkan telah sembuh total. 

5. Wonwoo - Seventeen

Mengidap Penyakit, 8 Idol Kpop Ini Cerita Soal Kondisi Kesehatannyainstagram.com/oh.wonwoo

Wonwoo didiagnosis menderita gastritis akut, yakni penyakit radang selaput perut pada tahun 2016. Ia juga pernah mengambil jeda istirahat di masa promosi album untuk mengambalikan kesehatannya. Duh, semoga nggak kambuh lagi ya!  

6. Hyuna

Mengidap Penyakit, 8 Idol Kpop Ini Cerita Soal Kondisi Kesehatannyainstagram.com/hyunah_aa/

Di tahun 2019, Hyuna mengungkapkan bahwa dirinya menderita sebuah kondisi bernama sinkop vasovagal. Kondisi ini dapat membuat penderitanya mudah pingsan bila stres atau mengalami tekanan emosional yang tinggi. Sebelum didiagnosis memiliki penyakit tersebut, Hyuna memang diketahui pernah mengeluhkan pandangan yang berkabut serta pusing.

7. Lay Zhang

Mengidap Penyakit, 8 Idol Kpop Ini Cerita Soal Kondisi Kesehatannyainstagram.com/layzhang

Sepanjang perjalanan karirnya, Lay Zhang seringkali mengalami luka-luka. Bukan tanpa sebab, Lay memang diketahui menderita penyakit hemofilia yang membuat darahnya sulit membeku. Hemofilia terjadi karena jumlah protein pembekuan darah dalam tubuh tidak mencukupi, sehingga ketika terluka, dirinya seringkali mengalami perdarahan yang lebih lama dibandingkan orang lain. 

8. Krystal & Jessica Jung

Mengidap Penyakit, 8 Idol Kpop Ini Cerita Soal Kondisi Kesehatannyainstagram.com/jungsister2020

Kakak beradik yang pernah debut di bawah naungan SM Entertainment ini juga diketahui menderita anemia sejak kecil. Anemia merupakan kondisi kekurangan sel darah merah sehat dalam tubuh. Anemia seringkali menyebabkan penderitanya kelelahan, lemas, dan pusing. Bahkan, akibat penyakitnya ini, Krystal pernah jatuh di atas panggung lho.