Mungkin kamu bertanya-tanya bagaimana mendengkur bisa terjadi. Mendengkur sekali dua kali saat tidur memang tidak ada salahnya. Tapi jika sudah menjadi kebiasaan, menandakan adanya masalah kesehatan lain seperti sleep apnea. Kondisi itu dikarenakan terhalang atau menyempitnya saluran pernapasan. 

Semakin terhalangnya saluran pernapasan ketika bernapas, semakin keras pula suara dengkuran. Oleh karena itu, jangan biarkan mendengkur jadi kebiasaan buruk kamu ya, Bela. Berikut cara menghilangkan kebiasaan mendengkur!

1. Turunkan berat badan

7 Cara Menghilangkan Kebiasaan Mendengkurrefinery29.com

Cara menghilangkan kebiasaan mendengkur yang pertama adalah dengan menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan badan gemuk yang dimiliki sudah membuat jaringan berlebih sehingga menyempitkan bagian tenggorokan dan membuat dengkuran terjadi. Untuk menghilangkan kebiasaan mendengkur, olahragalah secara teratur setiap hari dan kurangi asupan kalori.

2. Atur posisi bantal lebih tinggi

7 Cara Menghilangkan Kebiasaan Mendengkurbahrain-confidential.com

Cara menghilangkan kebiasaan mendengkur lainnya adalah dengan meninggikan bagian kepala saat tidur. Dengan begitu, saluran udara tetap terbuka sehingga membantu mengurangi dengkuran. 

3. Hindari mengonsumsi alkohol sebelum tidur

7 Cara Menghilangkan Kebiasaan Mendengkurtime.com

Alkohol dan obat penenang akan membuat otot-otot tenggorokan menjadi kendur, sehingga kemungkinan besar mendengkur terjadi. Untuk menghilangkan dengkuran, usahakan tidak konsumsi alkohol selama dua jam sebelum tidur.

4. Berhenti merokok

7 Cara Menghilangkan Kebiasaan Mendengkursaga.com

Cara menghilangkan kebiasaan mendengkur yang lain adalah dengan berhenti merokok. Selain mengundang berbagai penyakit, merokok merupakan kebiasaan tidak sehat yang dapat memperburuk dengkuran. Bicaralah pada dokter tentang terapi untuk berhenti merokok agar kebiasaan mendengkur bisa hilang.

5. Tidur yang cukup

7 Cara Menghilangkan Kebiasaan Mendengkureyval.net

Selain agar tubuh siap menjalani aktivitas di pagi hari, tidur yang cukup juga merupakan salah satu cara menghilangkan kebiasaan mendengkur lho. Pastikan kamu dapatkan tujuh hingga delapan jam tidur setiap malam.

6. Ubah posisi tidur

7 Cara Menghilangkan Kebiasaan Mendengkurvideoblocks.com

Menurut para peneliti, orang mendengkur ketika ia tidur telentang. Untuk itu, ubahlah posisi tidur dengan menyamping supaya tidur lebih nyaman. Tidur dengan posisi menyamping akan membuat pangkal lidah tidak bersinggungan dengan tenggorokan, sehingga tidak masalah dengan pernapasan. 

7. Konsumsi kunyit dan susu

7 Cara Menghilangkan Kebiasaan Mendengkuryogajournal.com

Sifat antibiotik dan antiseptik yang terkandung dalam kunyit mampu hilangkan kebiasaan mendengkur lho, Bela. Ambil dua sendok bubuk kunyit dan campurkan kedalam cangkir yang telah berisi susu, minumlah setiap malam sebelum tidur.

Itulah tujuh cara menghilangkan kebiasaan mendengkur. Selamat mencoba, Bela.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Ini Bisa Membuat Tidurmu Lebih Nyenyak lho!