Umumnya, ada 3 jenis sakit kepala sering terjadi yaitu sakit kepala migrain, sakit kepala cluster, dan sakit kepala tegang. Sakit kepala menyerang dibagian kepala mana saja namun yang sering terjadi biasanya di daerah samping yang berada tepat di pelipis. Sakit kepala ini juga menyebar hingga keleher dan kadang tidak hilang hingga berhari-hari lamanya. Kalau sudah seperti itu, kamu perlu penanganan lebih serius. Ada beberapa jenis obat sakit kepala yaitu:

Migrain

Jika kamu merasa berdenyut yang dimulai di satu sisi kepala dan menyebabkan mual atau membuat kamu sensitif terhadap suara dan cahaya, kamu mungkin mengalami migrain. Gejala bervariasi dari orang ke orang dan dari episode ke episode. Fase yang berbeda sering dapat diidentifikasi: prodromal. Kamu mungkin memiliki berbagai peringatan sebelum migrain.

Ini termasuk perubahan suasana hati (misalnya, merasa "tinggi", rewel, atau depresi) atau perubahan sensasi yang halus (seperti memperhatikan rasa atau bau). Kemudian Postdrom dengan tanda-tanda lain dari migrain (misalnya, tidak bisa makan, masalah dengan konsentrasi, atau kelelahan) mungkin tetap ada setelah rasa sakitnya hilang.

Sakit Kepala Sinus

Jika kamu merasakan sakit yang menetap di area belakang wajah yang memburuk jika kamu membungkuk ke depan dan jika kamu juga mengalami hidung tersumbat kamu mungkin mengalami sakit kepala sinus. Nyeri yang memburuk dengan gerakan kepala tiba-tiba atau mengejan. Nyeri bersama dengan gejala sinus lainnya. seperti hidung keluar, rasa penuh di telinga, demam, dan pembengkakan wajah.

Sakit Kepala Tegang

Jika kamu merasakan nyeri tumpul dan stabil yang terasa seperti pita yang mengencang di kepala kamu, kamu mungkin mengalami sakit kepala tegang.

Sakit Kepala Cluster

Dengan jenis sakit kepala ini, kamu mungkin akan memperhatikan seperti Nyeri hebat di satu sisi kepala. Nyeri di belakang atau di sekitar satu mata yang tidak berubah sisi, hingga nyeri yang berlangsung dalam waktu singkat, umumnya 30 hingga 90 menit (tetapi dapat berlangsung selama 3 jam). Sakit kepala akan hilang, hanya untuk kembali lagi nanti hari itu. Kebanyakan orang dengan tipe ini mengalami satu hingga tiga sakit kepala, dan beberapa hingga delapan per hari, selama periode cluster.

Sakit kepala terjadi sangat teratur, umumnya pada waktu yang sama setiap hari, dan sering membangunkan orang tersebut pada waktu yang sama di malam hari.

Meskipun begitu, kamu tetap harus segera menangani sakit kepala agar tidak semakin parah. Berikut ini 10 rekomendasi obat sakit kepala dan harganya yang ada di apotik.

1. Puyer Bintang Toedjoe no. 16

7 Rekomendasi Obat Sakit Kepala dan Harganya

Obat ini sudah berdiri sejak 1946 di Garut, Jawa Barat yang mana merupakan salah satu anak perusahaan PT. Kalbe Farma, Tbk. Obat ini ampuh redakan sakit kepala, nyeri haid, sakit gigi, hingga nyeri ringan lainnya.

Rentang Harga: Mulai dari Rp8.000

2. Bodrex

7 Rekomendasi Obat Sakit Kepala dan Harganya

Rekomendasi obat sakit kepalan berikutnya yaitu Bodrex, yang sudah dipercaya banyak masyarakat terbukti meredakan sakit kepala terutama migrain. Bodrex Migra memiliki kandungan paracetamol, propyphenazone, dan caffeine yang dapat bekerja secara efektif meredakan sakit kepala dan migrain.

Rentang Harga: Mulai dari Rp2.100

3. Pandol

7 Rekomendasi Obat Sakit Kepala dan Harganya

Panadol juga memiliki berbagai jenis produk seperti Panadol Extra, Panadol Regular, Panadol Cold & Flu, Panadol Flu & Batuk dan Children. Salah satu jenisnya Panadol Extra dikenal sebagai obat sakit kepala yang efektif terutama bagi kamu yang aktif.  Panadol Extra memiliki kandungan ekstra berupa caffeine, sehingga tidak menyebabkan kantuk dan dapat bekerja dengan cepat meredakan sakit kepala.

Rentang Harga: Mulai dari Rp10.100

4. Aspilets

7 Rekomendasi Obat Sakit Kepala dan Harganya

Obat ini berbentuk kunyah yang bermanfaat untuk mengencerkan peredaran darah, berisi 10 tablet. Obat Aspilets direkomendasikan bagi kamu yang tidak membutuhkan obat sakit kepala yang kadarnya terlalu berat, karena obat ini juga berfungsi untuk mengencerkan peredaran darah untuk mencegah serangan jantung dan stroke. Kandungan Aspirin dapat menyebabkan kantuk. Obat ini juga aman dikonsumsi anak-anak mulai dari 2 tahun ke atas.

Rentang Harga: mulai dari Rp7.400

5. Paramex

7 Rekomendasi Obat Sakit Kepala dan Harganya

Obat ini ampuh meredakan sakit kepala karena mengandung parasetamol, caffeine, dan dexchlorpheniramine maleate, dan propifenazon. Obat ini juga ampuh menghilangkan sakit kepala dan sakit gigi. Meskipun begitu kamu tetap harus memperhatikan efek samping dan tidak dianjurkan untuk penggunaan jangka panjang.

Rentang Harga: Mulai dari Rp2.000

6. Biogesic

7 Rekomendasi Obat Sakit Kepala dan Harganya

Obat ini bisa dikonsumsi kapanpun tanpa kafein yang mampu meredakan berbagai macam nyeri. Kandungan di dalamnya yaitu antipiretik dan analgesic, obat ini juga tidak mengandung kafein sehingga aman bagi kamu yang memiliki gangguan lambung. Obat Biogesic aman digunakan wanita hamil dan anak-anak.

Rentang Harga: Rp2.200

7. Poldan MIG

7 Rekomendasi Obat Sakit Kepala dan Harganya

Obat yang ampuh atasi sakit kepala hingga migrain ini mengandung paracetamol, acetosal, dan caffeine. Obat ini juga dapat meredakan sakit gigi, sakit telinga hingga, nyeri lainnya.

Rentang Harga: Mulai dari Rp3.180

Itulah beberapa rekomendasi obat sakit kepala dan harganya yang ada di apotik. Meskipun begitu kamu tetap harus memperhatikan pola hidup kamu seperti makan teratur, istirahat cukup, dan jangan terlalu memaksakan tubuh untuk terus bekerja. Jaga kesehatan kamu selalu dimanapun kamu berada.