Mempunyai payudara yang kendur memang membuat tidak percaya diri. Sehingga tidak heran jika banyak perempuan yang mencari cara mengencangkan payudara kendur di berbagai informasi.

Kamu bisa dengan mudah menemukan cara yang efektif untuk membantu mengencangkan payudara kembali. Sehingga payudara kendur bisa kencang dan mempunyai bentuk yang indah.

Berikut inilah beberapa cara yang bisa kamu pilih untuk mengencangkan payudara kendur:

1. Rutin olahraga push up untuk mengencangkan payudara

9 Cara Mengencangkan Payudara Kendur dengan Olahraga dan Pijatan unsplash.com

Dengan rutin melakukan olahraga push up bisa melatih otot pada bagian atas dan dapat membuat payudara kembali lebih kencang. Kamu dapat mencobanya dengan melakukan plank ataupun push up agar membentuk otot yang berfungsi untuk menopang payudara.

Guna mendapatkan hasil yang maksimal bisa melakukan latihan ini sebanyak 2 kali dalam satu minggu agar bisa mengencangkan payudara. Sehingga bentuk payudara kembali ke posisi semula dan lebih kencang.

2. Menurunkan berat badan dengan perlahan

9 Cara Mengencangkan Payudara Kendur dengan Olahraga dan Pijatan Freepik.com

Ketika kamu melakukan diet untuk menurunkan berat badan, maka lakukanlah secara perlahan agar payudara tidak kehilangan lemak tiba-tiba. Karena faktor itulah yang menyebabkan payudara menjadi lebih kendur dari sebelumnya.

Sehingga menurunkan berat badan secara perlahan dengan ½ kilogram ataupun maksimalnya 1 kilogram setiap minggunya. Dengan begitu tidak akan mempengaruhi bentuk payudara menjadi lebih kendur.

3. Melakukan olahraga yoga

9 Cara Mengencangkan Payudara Kendur dengan Olahraga dan Pijatan Shutterstock/miya227

Menurut Parvesh Handa di dalam bukunya yang berjudul Secret Benefits of Yoga and Naturopathy for Women terdapat beberapa gerakan yoga yang bisa mengencangkan payudara.

Di antaranya cobra pose, triangle pose dan standing forward bend bisa membantu dalam pembentukan otot bagian dada agar mampu menyokong payudara. Selain itu terdapat beberapa yakni backhends, headstands dan inverted leg stretch yang memberikan pengaruh terhadap gravitasi sehingga menjadikan payudara kendur. 

4. Menggunakan bra sebagai cara mengencangkan payudara kendur

9 Cara Mengencangkan Payudara Kendur dengan Olahraga dan Pijatan pinterest.com

Seperti yang diungkapkan oleh Breast Research Australia ini menyatakan bahwasannya 70 persen wanita yang ada di dunia tidak tepat dalam memakai bra baik itu ukuran ataupun desainnya. Padahal dalam menggunakan bra yang tepat bisa mencegah terjadinya nyeri ketika sedang melakukan olahraga.

Selain itu pemakaian bra yang tepat juga bisa membantu menjaga ligamen pada payudara agar tidak kendur. Dalam hal ini pemilihan bra adalah sesuatu yang harus diperhatikan agar payudara tetap kencang dan indah.

5. Melakukan pijatan agar payudara tetap kencang

9 Cara Mengencangkan Payudara Kendur dengan Olahraga dan Pijatan unsplash.com

Untuk mengencangkan payudara yang kendur, kamu bisa melakukan pijatan pada payudara dengan gerakan ke atas dalam waktu 15 menit dalam sehari. Kegiatan memijat payudara tersebut bisa meningkatkan sirkulasi darah pada payudara dan menjadikan otot serta jaringan di sekitarnya lebih kuat.

Selain itu dengan memijat payudara bisa mengetahui jika muncul benjolan. Sehingga bisa dilakukan penanganan lebih cepat sebelum terlambat.

6. Melakukan pijatan menggunakan es

9 Cara Mengencangkan Payudara Kendur dengan Olahraga dan Pijatan unsplash.com

Selain kamu bisa melakukan cara mengencangkan payudara kendur dengan pijatan biasa, kamu juga bisa melakukannya dengan menggunakan es batu.

Cara melakukannya adalah dengan mengoleskan es batu kecil pada masing-masing payudara, gerakannya memutar ke atas untuk mendapatkan hasil maksimal. Namun, jika menggunakan es batu jangan terlalu lama, sebab payudara sangat sensitif.

7. Menggunakan minyak zaitun

9 Cara Mengencangkan Payudara Kendur dengan Olahraga dan Pijatan Shutterstock/DUSAN ZIDAR

Selain pemijatan menggunakan es batu, kamu juga bisa menggunakan minyak zaitun yang terbilang lebih lembut dan licin. Caranya dengan mengoleskan minyak zaitun pada payudara dan menggosoknya searah jarum jam.

Minyak zaitun mempunyai manfaat dalam memberikan nutrisi pada kulit supaya lebih kencang sehingga meminimalisir terjadinya payudara kendur. Akan tetapi, kamu harus melakukannya secara konsisten agar bisa mendapatkan hasil maksimal.

8. Mengoleskan shea butter

9 Cara Mengencangkan Payudara Kendur dengan Olahraga dan Pijatan https://www.freepik.com

Seperti yang kita ketahui shea butter mempunyai banyak manfaat untuk menjaga kecantikan kulit. Shea butter bisa membantu kamu untuk mengencangkan payudara yang kendur.

Untuk membuat payudara kendur menjadi kencang, kamu bisa menggunakannya sebagai bahan pemijat dan campurkanlah bersama bahan lainnya dijadikan sebagai masker. Shea butter mempunyai kandungan untuk menjaga elastisitas kulit serta mencegah proses penuaan.

9. Menggunakan masker guna mencegah payudara kendur

9 Cara Mengencangkan Payudara Kendur dengan Olahraga dan Pijatan weddingaffair.co.in

Selain melakukan pemijatan, cara mengencangkan payudara kendur yakni dengan menggunakan masker secara alami. Kamu dapat membuatnya sendiri di rumah dengan menggunakan bahan alami seperti halnya mentimun dan kuning telur ataupun minyak vitamin E.

Telur mempunyai kandungan tinggi protein yang bisa digunakan untuk menjaga elastisitas kulit. Sementara itu, mentimun pun juga kaya akan kandungan antioksidan yang bisa digunakan untuk mencegah penuaan pada sel kulit pada tubuh.

Itulah beberapa cara mengencangkan payudara kendur secara alami dengan bahan dan pijatan. Cara alami untuk mengencangkan payudara tidak memberikan efek samping yang secara signifikan, sehingga aman digunakan kapan pun. Selamat mencoba, Bela!

Baca Juga: Cara Memilih Bra yang Tepat Sesuai Bentuk Payudara

Baca Juga: 9 Cara Memperbesar Payudara Paling Efektif 

Baca Juga: 10 Cara Mengencangkan Payudara Secara Alami dan Cepat