Sama seperti bagian wajah lainnya, bibir juga merupakan bagian tubuh yang penting. Tampilan bibir yang lembut, sehat, dan merona memberikan kesan cantik alami. Oleh karena itu, bibir tentunya butuh perhatian lebih agar terhindar dari pecah-pecah, warna menjadi gelap, sampai luka dan iritasi.

Faktor utama yang membuat bibir menjadi tidak sehat, yaitu kurang minum air putih, malas membersihkan lipstik dan polusi udara. Hobi mengelupas kulit bibir yang kering juga malah memperparah keadaan bibir, lho, hal itu bikin bibir jadi luka dan akhirnya membuat bibir kamu hitam. Selain itu membasahi bibir kering dengan air liur ternyata juga kurang baik. Wah, ternyata banyak juga, ya, hal-hal sepele yang bikin bibir kita jadi nggak sehat dan merona. Nah, apa saja sih yang rekomendasi produk lip care yang wajib kita pakai untuk tetap menjaga kesehatan bibir? Yuk, bareng-bareng kita bahas!

Lip Serum

Kurang lebih sama seperti serum wajah kebanyakan, lip serum juga berfungsi untuk melembapkan dan menutrisi bibir. Kenapa penggunaan lip serum juga penting? Pemberian serum pada bibir akan makin mengoptimalkan nutrisi yang masuk pada bibir. Seperti yang kita tahu, serum merupakan produk perawatan yang paling banyak kandungan dan khasiat di dalamnya itulah kenapa penggunaannya penting banget! Oh, ya, disarankan menggunakan lip serum 3-4 kali seminggu ya!

1. Hanasui Lip Sleeping Serum

12 Rekomendasi Lip Care yang Bikin Bibir Lembut dan Merah Alamiinstagram.com/officialhanasui

Sesuai dengan namanya, serum bibir ini dipakai setiap menjelang tidur di malam hari. Ini dikarenakan sel kulit meregenerasi jauh lebih cepat saat malam hari dibanding siang hari. Hanasui Lip Sleeping Serum ini memiliki kandungan ekstrak strawberry  yang berguna untuk mencerahkan, madu untuk memaksimalkan kelembapan dan memberikan kelembutan dan kekenyalan pada bibir, serta mengandung macadamia nut butter, vitamin E, dan B-Glucan yang akan menutrisi bibirmu yang sering kering dan pecah-pecah dalam semalam.

2. Mineral Botanica Intensive Sugar Lip Serum

12 Rekomendasi Lip Care yang Bikin Bibir Lembut dan Merah Alamiinstagram.com/mineralbotanica

Serum bibir ini memiliki fungsi utama, yaitu sebagai antioksidan dan menangani penuaan dini pada bibir. Memiliki kandungan berbagai vitamin dan bahan-bahan organik seperti madu, avocado oil, grape seed oil, shea butter, dan vitamin E yang akan memberi nutrisi pada bibir secara maksimal. Punya aroma manis yang dijamin kamu bakal langsung jatuh cinta sama lip serum ini. Kamu bisa pakai serum ini pagi dan malam, satu hari sekali. 

3. LT Pro Lip Care Serum

12 Rekomendasi Lip Care yang Bikin Bibir Lembut dan Merah Alamiinstagram.com/ltpro_official

Buat kamu yang sering terpapar sinar matahari, lip serum dari LT Pro ini dapat membantu menjaga dan mengembalikan warna asli bibirmu. Memiliki kandungan utama croton lechleri resin extract dan palmitoyl hexapeptide-12 yang berfungsi sebagai antioksidan dan sangat membantu menjaga kekenyalan bibir sehingga terhindar dari bibir pecah-pecah. Kamu bisa menggunakannya sebelum menggunakan lipstik.

Lip Balm

Lip balm adalah produk perawatan yang berfungsi untuk menjaga kelembapan bibir mengandung minyak yang bisa digunakan setiap hari dan setiap saat kamu membutuhkannya. Berbeda dengan serum yang cenderung cair, lip balm biasanya dikemas lebih kental ataupun padat. Biasanya dilengkapi dengan kandungan vitamin E dan SPF yang tentunya wajib dipakai setiap hari di segala aktivitas untuk menjaga bibir dari paparan sinar matahari dan polusi udara. Kebanyakan, lip balm tidak mengandung pewarna sehingga memang produk yang kamu wajib pakai ini berfokus untuk menjaga bibir. Berikut rekomendasinya!

1. Nivea Lip Balm Pop Ball Pink Watermelon & Pomegranate

12 Rekomendasi Lip Care yang Bikin Bibir Lembut dan Merah Alamiinstagram.com/nivea_id

Ngomongin lip balm, Nivea memang nggak boleh ketinggalan. Terkenal sejak lama memiliki lip care yang bagus, Nivea menjadi andalan banyak orang. Kali ini kita bahas manfaat dari si bulat kecil ini, Nivea Lip Balm Pop Ball Pink Watermelon & Pomegranate. Punya aroma buah semangka dan buah delima yang manis, bikin mood jadi naik. Walaupun mengandung aroma, tapi jangan takut, Lip Balm Pop Ball ini bebas mineral oil jadi dijamin bibirmu akan tetap sehat dan terjaga setiap hari. Kemasannya juga lucu dan praktis banget!

2. Wardah Everyday Moisture Lip Nutrition

12 Rekomendasi Lip Care yang Bikin Bibir Lembut dan Merah Alamiwardahbeauty.com

Sering beraktivitas di luar dan terpapar sinar matahari memang bisa bikin jadi rusak dan hitam. Nah, Wardah Everyday Moisture Lip Nutrition ini mengandung SPF 15+++ yang akan memberi perlindungan sampai 12 jam. Selain itu, pastinya lip balm keluar Wardah ini akan memberikan kelembapan dan menutrisi dengan kandungan vitamin E yang dipadukan dengan 4 variannya dengan aroma yang menyegarkan dan manis, yaitu madu, green tea, strawberry, dan grape

3. Tiff Body Coconut Lip Sleeping Balm

12 Rekomendasi Lip Care yang Bikin Bibir Lembut dan Merah Alamiinstagram.com/tiffbody.official

Menutrisi bibir saat tidur di malam hari memang paling optimal dilakukan untuk menjaga kesehatannya. Pakai pelembap bibir ketika tidur akan memberikan kelembapan dan kekenyalan di pagi harinya, yang pastinya akan mempermudah kamu ketika memakai lipstik. Tiff Body Coconut Lip Sleeping Balm, bisa jadi alternatif untuk kamu yang kurang suka menggunakan lip balm saat beraktivitas. Mengandung coconut oilavocado oilcocoa buttershea butter, dan vitamin E yang akan memperbaiki bibir kering dan pecah-pecah selama kamu tertidur pulas.

Lip Scrub

Eksfoliasi pada bibir juga sama pentingnya, lho. Kulit bibir memang cenderung tipis dan mudah luka, tetapi lip scrub pastinya dibuat dengan butiran lembut yang akan melembapkan, jadi kamu tidak perlu khawatir bibir akan luka atau sampai iritasi. Sama seperti lulur dan body scrublip scrub juga berguna untuk mengangkat kulit mati pada bibir, sekaligus menutrisi. Saat kulit mati terangkat, kamu akan merasakan efeknya secara langsung yaitu bibir akan terasa lembut, halus, dan kenyal. Bibir yang lembap tanpa kulit kering pastinya akan mempermudah kamu memakai lipstik. Namun, jangan terlalu sering melakukan scrubbing pada bibir, ya, cukup gunakan lip scrub 2 kali seminggu secara rutin, warna asli bibirmu akan merona lagi!

1. Emina Sugar Rush Lip Scrub

12 Rekomendasi Lip Care yang Bikin Bibir Lembut dan Merah Alamiinstagram.com/eminacosmetics

Cukup dengan harga yang murah kamu sudah bisa mewujudkan bibir yang sehat. Emina Sugar Rush Lip Scrub ini diperkaya dengan kandungan shea butterolive oil, dan jojoba oil yang pastinya akan membuat bibir tetap lembap, kenyal dan sehat. Terdapat juga vitamin C dan E yang mampu mencerahkan kehitaman pada bibir dan menghaluskan.

2. Lush Mint Julips Lip Scrub

12 Rekomendasi Lip Care yang Bikin Bibir Lembut dan Merah Alamiinstagram.com/lush

Lush memang terkenal dengan produk-produknya yang 100% handmade dengan bahan-bahan yang organik. Menggunakan castor sugar sebagai bahan dasarnya, peppermint oil yang akan memberikan efek segar dan refreshing, vanilla, limonene, dan jojoba oil yang akan melembutkan bibir yang kering. Selain mengangkat kulit mati, produk dari Lush ini akan memberi perlindungan dan menutrisi bibirmu.

3. Elf Studio Lip Exfoliator

12 Rekomendasi Lip Care yang Bikin Bibir Lembut dan Merah Alamiinstagram.com/elfcosmetics

Berbeda dari produk lip scrub kebanyakan, Elf Studio Lip Exfoliator ini bentuk dan kemasannya seperti lipstik sehingga makin mudah mengaplikasikan di bibir dan mudah juga membersihkannya. Tidak hanya itu, lip scrub ini juga ampuh banget untuk mengatasi bibir yang pecah-pecah cukup parah. Memang, sih harganya lebih mahal tapi dijamin, hanya dengan beberapa kali pemakaian sudah bisa terlihat perubahannya di bibirmu.

Lip Mask

Memiliki manfaat yang sama, lip mask juga berfungsi untuk mengatasi bibir kering pecah-pecah, berkerut, serta kusam kehitaman. Memiliki manfaat utama yang sama seperti lip balm, yaitu melembapkan, lip mask memiliki efek hidrasi yang lebih baik. Menggunakan lip mask mampu menghasilkan efek bibir yang lebih penuh dan merah merona, bibir juga tampak lebih segar dan berkilau. Selain itu, lip mask juga mampu meremajakan kulit bibir dengan kandungan kolagen yang ada di dalamnya. Bekerja seperti serum, produk perawatan jenis ini memiliki konsentrasi yang tinggi sehingga dapat dengan optimal menutrisi bibir. Biasanya berbentuk patch dan gel untuk memudahkan pemakaian.

1. KOCOSTAR Black Lip Mask

12 Rekomendasi Lip Care yang Bikin Bibir Lembut dan Merah Alamiinstagram.com/kocostar

Berbentuk patch warna hitam, sehingga penggunaannya sangat mudah hanya dengan menempelkannya pada bibirmu dan tunggu 10 menit. KOCOSTAR Black Lip Mask memiliki kandungan hidrogel yang lembut memberikan kelembapan ekstra, yang membantu bibir yang pecah-pecah menjadi lembut dan garis-garis kerutan pada bibir tampak tersamarkan. Mengandung juga blueberry dan pearl extract yang kaya antioksidan, meningkatkan elastisitas, dan mengurangi sel kulit mati yang menumpuk. Pstt...KOCOSTAR juga punya varian yang lainnya dengan warna yang lucu-lucu, lho.

2. Laneige Lip Sleeping Mask

12 Rekomendasi Lip Care yang Bikin Bibir Lembut dan Merah Alamiinstagram.com/laneigeid

Walaupun memiliki tekstur yang lembut, lip mask dari Laneige ini dapat membantu menghancurkan sel-sel kulit mati. Berbentuk gel, sehingga cara penggunaanya hanya dengan mengoleskan Laneige Lip Sleeping Mask ini sebelum tidur dan biarkan semalaman, lalu bersihkan menggunakan kapas di pagi harinya ketika kamu bangun tidur. Efeknya, bibir akan terasa jauh lebih halus dan kenyal, terasa sehat banget, deh! Punya varian berry, grape, apple lime, dan vanilla yang bisa kamu pilih.

3. Holika Holika Golden Monkey Glamour Lip 3 Step Kit

12 Rekomendasi Lip Care yang Bikin Bibir Lembut dan Merah Alamiholikaholika.co.id

Kali ini ada lip mask yang unik banget. Lip mask dari Holika Holika ini memberikan tiga jenis produk yang berbeda dalam satu kemasan yang akan memaksimalkan serapan nutrisi pada bibirmu. Hanya dengan mengikuti tahapan pemakaiannya kamu sudah bisa mendapatkan bibir yang sehat bernutrisi. Mulai dari menyiapkan dan membersihkan bibir dari kulit mati dengan exfoliation paper, gunakan masker hydrogel selama 15 menit, dan yang terakhir nutrisi bibirmu dengan honey essense yang tersedia. Unik banget!

Makin tahu, deh pentingnya bibir yang sehat. Kalau bibir sehat, pakai lipstik seharian pastinya nggak akan crack. Yuk, mulai rawat bibir!

Baca Juga: 6 Rekomendasi Lip Product Korea, Bikin Bibir Makin Merona

Baca Juga: Biar Nggak Salah Pakai, Ini 9 Jenis Lip Products yang Harus Kamu Tahu

Baca Juga: 7 Rekomendasi Lip Serum yang Bikin Bibir Lembap dan Ternutrisi