Tidur teratur merupakan salah satu pola hidup yang harus dijaga. Nggak hanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh, namun juga mempengaruhi kesehatan kulit lho. Adapun istilah pola tidur untuk menjaga kesehatan kulit disebut beauty sleep.

Dilansir dari Good Housekeeping, Whitney Bowe, M.D., seorang dermatologi menjelaskan tentang cara kerja beauty sleep. “Saat tidur, hormon stres (kortisol) turun dan hormon tidur (melatonin) naik. Tubuh dan kulit kita sedang dalam mode perbaikan”. Artinya, saat malam kulit kita diberi kesempatan untuk pulih dari kerusakan.

Nah, gimana sih cara mengoptimalkan beauty sleep? Yuk simak lebih lanjut informasi yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

1. Menjaga Pola Tidur Malam Hari

Begini 5 Cara Mengoptimalkan Beauty Sleep, Gampang Banget!freepik.com/jcomp

Untuk meningkatkan kualitas tidur yang baik, kamu juga harus disiplin waktu. Normalnya, waktu tidur yang diperlukan orang dewasa yaitu 7 hingga 9 jam setiap malam. Jika tidur kurang dari waktu tersebut, maka akan mudah mengalami masalah kesehatan seperti hipertensi, depresi dan penyakit lainnya.

2. Membersihkan Wajah

Begini 5 Cara Mengoptimalkan Beauty Sleep, Gampang Banget!freepik.com/pvproductions

Tidur dengan wajah kotor dapat membahayakan penampilan kulit lho. Membersihkan wajah setiap malam bisa dibilang lebih penting daripada di pagi hari. Gunakan facial wash dengan kandungan pH seimbang yang tidak menghilangkan minyak sehat pada kulit.

3. Menggunakan Moisturizer

Begini 5 Cara Mengoptimalkan Beauty Sleep, Gampang Banget!freepik.com/pressfoto

Setelah mencuci muka, alangkah baiknya menggunakan moisturizer atau pelembap. Terutama jika kamu tidur di lingkungan yang kelembapanya rendah. Gunakan krim pelembap atau face oil yang sesuai dengan kondisi kulit kamu ya.

4. Tidur dengan Bantal Khusus

Begini 5 Cara Mengoptimalkan Beauty Sleep, Gampang Banget!freepik.com/tirachardz

Demi membuat tidurmu rileks, kamu bisa menggunakan sarung bantal yang ramah untuk kulit. Pilihlah sarung bantal dengan bahan satin atau sutra untuk meminimalkan iritasi kulit. Selain itu, gunakan bantal empuk yang terbuat dari bahan microfiber.

5. Tinggikan Posisi Kepala

Begini 5 Cara Mengoptimalkan Beauty Sleep, Gampang Banget!freepik.com/jcomp

Mengatur kepala pada posisi yang lebih tinggi sangat baik untuk mengatasi dengkuran, asam lambung atau gangguan pada hidung. Tidur dengan pose yang nyaman juga akan mudah untuk meningkatkan sirkulasi darah ke sel-sel kulit.

Jadi, Itulah cara yang bisa kamu lakukan untuk mengoptimalkan beauty sleep. Gimana tertarik untuk mencoba?