Ketika datang tamu bulanan, kamu pasti sering merasa penampilanmu menjadi buruk dan menyedihkan. Mood yang gampang berubah hingga jerawat yang tiba-tiba muncul membuat semua mendadak terasa menyebalkan. Belum lagi rasa nyeri yang kerap menyerang dirimu hingga malas bergerak. Ugh, sangat nggak nyaman deh pokoknya! Jangan khawatir Bela, kamu bisa mengatasinya dengan cara ini!

Begini Cara Mengatasi Masalah Yang Sering Dialami Saat Menstruasi

Meskipun kulitmu normal dan tampak baik-baik saja, bisa saja kamu terbangun dengan jerawat yang muncul tiba-tiba. Hmm... tanda-tanda PMS nih! Nggak perlu cemas, ketika sedang mengalami menstruasi, hormon memang cenderung berubah hingga pertengahan siklus. Saat ovarium masuk ke dalam hyper drive dan menghasilkan kadar testosteron yang berlebih menyebabkan produksi minyak lebih aktif dari biasanya dan memicu timbulnya jerawat.

Untuk meminimalisir, kamu bisa menghitung jadwal siklus menstruasimu untuk mengantisipasi. Jika sudah mendekati harinya, kamu harus lebih sering mencuci muka dengan sabun yang mengandung salicylic acid yang dapat membantu menurunkan produksi minyak yang berlebih. Selain itu kurangi makanan yang digoreng karena memiliki kandungan lemak dan minyak berlebih.

Begini Cara Mengatasi Masalah Yang Sering Dialami Saat Menstruasi

Masalah umum yang sering dialami masa awal menstruasi adalah volume darah yang cukup banyak. Nggak mau dong tembus di depan umum tanpa membawa baju ganti? Bolak-balik ke kamar mandi untuk mengganti pembalut tentu merepotkan. Apalagi bila kita harus seharian beraktifitas di luar rumah.

Agar kamu tetap merasa nyaman, jangan lupa untuk membawa persediaan cadangan pembalut kemana pun kamu pergi. Disamping itu, usahakan untuk menggunakan pakaian berwarna gelap untuk menyamarkan noda bila ‘bocor’ tanpa sengaja. Selain rutin mengganti pembalut saat terasa penuh, jangan lupa untuk memastikan kebersihan dan kekeringan area miss V-mu Bella!

Begini Cara Mengatasi Masalah Yang Sering Dialami Saat Menstruasi

Setiap orang mengalami rasa sakit yang berbeda saat menstruasi. Beruntung bila kamu nggak merasa nyeri sama sekali. Namun di luar sana ada loh wanita yang harus terbaring di tempat tidur seharian karena nggak kuat menahan rasa sakit. Ternyata, rasa nyeri disebabkan oleh retensi cairan di perut yang meningkat. Hormon-hormon juga menyebabkan perut menjadi lebih besar dan membuat perut terasa kembung hingga beberapa hari.

Selain itu dinding rahim berkontraksi untuk mengeluarkan lapisan rahim yang meluruh menjadi penyebab rasa nyeri yang timbul. Untuk menguranginya kamu dapat meminum air putih hangat dan berbaring dengan memposisikan area panggul lebih tinggi. Cara ini dipercaya dapat mengurangi rasa sakit yang muncul lho!

Begini Cara Mengatasi Masalah Yang Sering Dialami Saat Menstruasi

Perubahan hormon nyatanya memberi banyak pengaruh pada perubahan mood. Nggak heran bila tubuh kamu lebih cepat dalam merespon emosi sehingga lebih cepat marah atau sedih. Hal kecil yang sensitif pun bisa saja menjadi alasan kamu untuk nangis tersedu-sedu. Nah, nggak ada salahnya kan kalau kamu memanjakan dirimu ketika sedang menstruasi dengan pergi ke salon, spa, atau sekedar makan malam bersama teman-temanmu. Dandan yang cantik dan melalukan aktivitas yang seru bisa membuat kamu merasa bahagia dan semakin mencintai dirimu sendiri lho! Nggak ada lagi bete karena menstruasi kan?

BACA JUGA: Jangan Minum Obat, Konsumsi Makanan dan Minuman Ini untuk Redakan Nyeri Haid