Puasa selama 30 hari lamanya bukan semata-mata untuk menjalankan perintah agama saja. Selain menahan makan dan minum mulai dari matahari terbit hingga terbenam, kamu juga harus bisa menahan nafsu dan emosi yang dapat membatalkannya. Berpuasa juga nggak hanya mengajarkanmu untuk belajar bersabar, nyatanya banyak manfaat terutama bagi tubuh yang bisa kamu rasakan karena berpuasa seperti di bawah ini. Yuk disimak.

Ini 5 Keuntungan Puasa Bagi Tubuh yang Nggak Kamu Sadari
 

Kebiasaan menahan nafsu dapat mengatasi kegemaranmu terhadap makanan yang nggak menyehatkan. Terkadang junkfood seperti mie instan, pizza, burger, atau minuman soda sulit untuk kamu tolak di hari biasa. Berpuasa dapat membantu kamu untuk mengurangi rasa adiksi dan membiasakan kamu untuk nggak mengonsumsinya kembali. Setelah berhasil mengatasinya, usahakan untuk nggak balas dendam setelah hari raya ya Bela.

Ini 5 Keuntungan Puasa Bagi Tubuh yang Nggak Kamu Sadari
 

Berpuasa memaksa kamu untuk memperbaiki pola makan yang berlebihan. Bila biasanya kamu mencari camilan di setiap waktu kosong, kini saatnya kamu memilih makanan yang mengenyangkan untuk dimakan saat sahur dan berbuka. Jadwal makan yang teratur dapat membuat lambung kamu beradaptasi untuk membatasi jumlah makanan yang masuk kedalam perut tanpa berlebihan.

Ini 5 Keuntungan Puasa Bagi Tubuh yang Nggak Kamu Sadari
 

Berpuasa dalam waktu yang cukup lama mampu meningkatkan metabolisme tubuh. Selain itu, pencernaan kamu mampu menyerap nutrisi lebih banyak dari makanan yang masuk. Hal ini terjadi karena adanya peningkatan hormon adiponektin yang diproduksi karena berpuasa dan makan dimalam hari yang memungkinkan penyerapan nutrisi secara maksimal.

Ini 5 Keuntungan Puasa Bagi Tubuh yang Nggak Kamu Sadari
 

Dilansir dari Khaleejtimes, berpuasa selama tiga hari bisa meningkatkan dan meregenerasi imun. Saat kamu nggak mengonsumsi makanan dalam waktu yang cukup lama, tubuh akan memproduksi sel darah putih sehingga dapat menjaga daya tahan tubuh. Sel darah putih berfunsi untuk membentuk jaringan kekebalan tubuh yang bisa membuat kamu menjadi nggak mudah sakit.

Ini 5 Keuntungan Puasa Bagi Tubuh yang Nggak Kamu Sadari
 

Berhenti makan dan minum sejak fajar hingga maghrib memaksa tubuh untuk menggunakan lemak cadangan sebagai sumber energi. Selain dapat menurunkan berat badan, menghilangkan lemak berlebih dan menggantinya menjadi energi juga bisa membuat kadar kolesterol kamu menurun loh Bela. Tak hanya itu, menurunkan berat badan juga membantu kamu untuk mengurangi resiko diabetes dan obesitas. Siapa yang nggak senang memiliki badan yang sehat dan ideal?

Nah Bela, ternyata penting banget kan menjalankan puasa sesuai yang dianjurkan untuk kesehatan tubuh kamu. Meski dapat membantu program diet kamu, namun ingat, tujuan utama untuk beribadah dan menjalankan kewajibannya ya Bela.

BACA JUGA: Puasa saat Hamil? Ini 5 Tips agar Menjalaninya dengan Aman