Pernah nggak sih kamu tiba-tiba terbangun di malam hari dan nggak bisa tertidur lagi? Uh…pasti nggak menyenangkan deh rasanya! Badan lelah, lingkar mata menghitam, dan bawaannya lebih sensitif! Kalau cuma sekali dua kali sih nggak masalah, tapi kalau hampir setiap malam, bisa jadi tanda bahwa tidurmu nggak berkualitas.

Kamu mungkin berpikir itu hanya kebetulan saja, padahal tanpa kamu sadari ada beberapa faktor yang menyebabkan tidur jadi nggak nyenyak loh. Suhu kamar, posisi tidur, hingga makanan setiap hari bisa menjadi penyebab kamu sering terbangun. Bila ingin tidur nyenyak dan bangun dan wajah yang segar, sebaiknya hindari mengonsumsi ini di siang hari ya!

1. Makanan yang digoreng

Nggak Nyangka, 6 Makanan Ini Bisa Bikin Tidur Jadi Nggak Nyenyakindependent.co.uk

Selain terbukti buruk untuk kesehatan, gorengan juga bisa mempengaruhi kualitas tidurmu di malam hari loh! Makanan yang tinggi lemak dan berminyak dapat membuatmu terbangun di tengah malam. 

Meskipun enak, makanan seperti ayam goreng, kentang goreng, bakwan, atau bahkan tahu bulat dapat merelaksasikan sfingter esophagus bagian bawah dan menunda pengosongan lambung. Akibatnya, perutmu akan terasa kembung dan nggak nyaman saat berbaring. Wah, kurangi makan gorengan ya sebelum tidur!

2. Minuman Berkarbonasi

Nggak Nyangka, 6 Makanan Ini Bisa Bikin Tidur Jadi Nggak Nyenyakwww.rd.com

Soda memang enak diminum, apalagi ketika hang out di malam hari bersama teman-teman atau sekedar melepas penat. Namun, di balik kesegarannya, minuman ini bisa menjadi penyebab banyak masalah pada tubuhmu. Kandungan gula yang tinggi tentu bisa menjadi pemicu diabetes atau gigi dan tulang yang keropos. 

Namun dalam jangka pendek, karbonasi yang terdapat di dalamnya juga bisa menganggu pencernaanmu. Jangan heran bila kamu merasa ada tekanan gas dalam lambung selama tidur. Tentu saja hal ini akan membangunkanmu di tengah malam.

3. Cokelat

Nggak Nyangka, 6 Makanan Ini Bisa Bikin Tidur Jadi Nggak Nyenyakwww.biggerbolderbaking.com

Siapa yang nggak suka dengan makanan yang satu ini? Cokelat dipercaya dapat membuat perasaan senang dan bahagia. Namun, mereka lupa bahwa selain teh dan kopi, cokelat pun mengandung kafein. 

Kafein ini tidak hanya bereaksi mencegah kamu tertidur, tetapi juga membuat tidur nggak nyenyak. Untuk itu, hindari mengonsumsi makanan penutup berbahan dasar cokelat jika kamu ingin terlelap sepanjang malam.

4. Minuman beralkohol

Nggak Nyangka, 6 Makanan Ini Bisa Bikin Tidur Jadi Nggak Nyenyaktime.com

Kebanyakan orang berpikir bahwa mengonsumsi segelas anggur sebelum tidur dapat membantu kamu mendapatkan tidur yang berkualitas. Tetapi ternyata yang terjadi adalah sebalikannya. Alkohol memang akan membuatmu tertidur lebih cepat, tetapi alkohol juga akan membuat tidurmu nggak nyenyak sehingga pada akhirnya akan terbangun sepanjang malam dan sulit untuk tidur kembali.

5. Daging merah

Nggak Nyangka, 6 Makanan Ini Bisa Bikin Tidur Jadi Nggak Nyenyakdanadamewood.com

Rendang, soto daging, dendeng, semur, hmm... membayangkannya saja sudah membuat lapar! Sayangnya, mengonsumsi makanan ini bisa menjadi salah satu penyebab sulit tidur di malam hari. Daging merah yang tinggi akan kandungan lemak jenuh membuat tubuh harus bekerja keras untuk mencerna makanan. 

Karena metabolisme yang melambat saat tidur, lambung akan bekerja semakin keras untuk mengosongkan kembali lambung yang sedang terisi penuh. Akibatnya, tubuh akan lebih mudah terasa gelisah dan perut terasa nggak nyaman karena ada yang mengganjal!

6. Gula

Nggak Nyangka, 6 Makanan Ini Bisa Bikin Tidur Jadi Nggak Nyenyaksuwalls.com

Salah satu hal yang sulit untuk dihindari adalah mengonsumsi camilan manis di malam hari. Terutama ketika kamu sedang menghabiskan waktu untuk menonton film, membaca buku, atau mengobrol dengan saudara dan teman. 

Rasanya, kurang lengkap melewati malam tanpa camilan yang manis dan penuh kalori. Nyatanya, makanan manis dapat meningkatkan kadar gula darah yang dapat memberimu energi tambahan bagi tubuh. Gula berlebih ini dapat menyebabkan terbangun di malam hari dengan perasaan gelisah. Sepertinya, bukan hanya anak kecil saja yang mengalami sugar rush!

Selain makanan, sebenarnya masih banyak faktor lain yang dapat menyebabkan tidurmu nggak nyenyak. Namun nggak ada salahnya mencoba untuk menghindari makanan-makanan di atas. Siapa tahu saja kualitas tidurmu membaik dan bangun lebih segar. Selamat mencoba, Bela!