Belum lama ini, Presiden Joko Widodo atau Jokowi resmi mengeluarkan kebijakan terkait pelonggaran penggunaan masker di luar ruangan sejak Selasa (17/05/2022). Dalam konferensi pers, Jokowi menyatakan bahwa keadaan pandemi Covid-19 sudah semakin terkendali, sehingga masyarakat dapat beraktifitas tanpa masker dengan beberapa ketentuan. 

Mengusung topik mengenai pelonggaran masker di tempat umum, Lemonilo dalam sesi #TanyaAhlinya bersama dr. Imran Agus Nurali, Sp. KO, Direktur Promosi Kesehatan & Pemberdayaan Masyarakat Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, membahas hal-hal penting yang wajib diperhatikan sebelum beraktivitas tanpa masker. Agar tetap terlindungi, simak artikel ini sampai habis, yuk!

1. Ayo vaksin lengkap!

Boleh Lepas Masker, Simak 5 Hal Penting Ini Untuk Proteksi Diri Bigstock

Meski angka penularan virus COVID-19 sudah semakin terkendali, vaksinasi tetap dianjurkan sampai dua dosis lengkap. Tujuannya tentu untuk melindungi diri sendiri dan orang lain. 

2. Tidak memiliki penyakit komorbid

Boleh Lepas Masker, Simak 5 Hal Penting Ini Untuk Proteksi Diri shutterstock

Komorbid merupakan istilah kedokteran untuk menunjukkan penyakit penyerta selain penyakit utama yang sedang diderita seseorang. Bagi kelompok masyarakat dengan penyakit yang menyerang imunitas, hipertensi, diabetes, dan penyakit komorbid lainnya, penggunaan masker tetap disarankan.

3. Bukan penderita tuberkulosis (TBC)

Boleh Lepas Masker, Simak 5 Hal Penting Ini Untuk Proteksi Diri pexels.com/andrea-piacquadio

Indonesia merupakan salah satu negara dengan penderita TBC tertinggi. Mengingat hal tersebut, penting untuk tetap menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah. 

“Di wilayah-wilayah perkotaan, polusi udara juga masih cukup tinggi. Dengan adanya kendaraan umum dan tempat-tempat industri, sebaiknya kita tetap menggunakan masker karena akan melindungi kita dari polusi,” ujar dr. Imran.

4. Jangan tinggalkan kebiasaan mencuci tangan

Boleh Lepas Masker, Simak 5 Hal Penting Ini Untuk Proteksi Diri safefood.net

Tidak lupa, dr. Imran mengingatkan kita semua untuk tidak meninggalkan kebiasaan mencuci tangan. Jangan lupa gunakan sabun di bawah air mengalir atau selalu siapkan hand sanitizer saat berpergian.

5. Tetap patuhi protokol kesehatan

Boleh Lepas Masker, Simak 5 Hal Penting Ini Untuk Proteksi Diri Verywell

Meski sudah dapat beraktivitas tanpa  menggunakan masker dengan keadaan tertentu, protokol kesehatan 5M juga masih penting diterapkan. Mulai dari cuci tangan, pakai masker, jaga jarak, serta menjauhi kerumunan. Selain itu, penting untuk meningkatkan imunitas tubuh dengan berolahraga, mengelola stres, cukup istirahat, serta konsumsi gizi seimbang.

Meskipun sudah mendapat kelonggaran dari pemerintah terkait melepas masker saat berkegiatan di luar ruangan, proteksi diri sebelum terkena penyakit lainnya juga penting. Contohnya, menggunakan masker bukan hanya untuk melindungi diri dari virus Covid-19, tapi juga untuk mencegah terpapar polusi udara seperti asap rokok dan asap kendaraan yang terkenal berbahaya untuk kesehatan.

Yuk, sama-sama kita jaga diri sendiri dan orang yang kita sayangi!

Baca Juga: Pandemi Masih Berlanjut, Simak 5 Tips Menjaga Kesehatan Mental

Baca Juga: Baik untuk Kesehatan, Ini 7 Manfat Minum Kopi yang Wajib Kamu Tahu!

Baca Juga: Baik untuk Kesehatan dan Lingkungan, Ini Pembalut yang Patut Kamu Coba