Awal tahun 2020, dunia seakan dikejutkan dengan wabah penyakit dari Tiongkok yang misterius dan sudah membunuh ribuan orang. Penyakit ini kita kenal dengan nama virus Corona. Akibat virus ini, World Health Organization (WHO) menganggap penyakit ini sebagai kasus kesehatan darurat internasional. 

Tidak tinggal diam, mereka pun memberikan panduan tentang bagaimana virus ini bekerja dan cara menghindarinya. Berdasarkan rilis WHO ada beberapa cara menghindari penyebaran virus corona di tempat kerja yang bisa kamu lakukan, walaupun karyawan di perusahaan tersebut sampai sejauh ini belum ada yang terinfeksi. Seperti apa? Simak yuk! 

1. Pastikan meja kamu selalu dalam keadaan bersih dan higenis

Menurut WHO, Ini 7 Cara Menghindari Virus Corona di Tempat Kerja computerworld.com

WHO menuturkan bahwa cara ampuh mencegah penularan virus Corona sangatlah sederhana: memastikan sekitarmu tetap terjaga higienitasnya. Dan hal tersebut  bisa kamu lakukan dengan membersihkan meja menggunakan disinfektan dan memberikan pembersih tangan di tempat-tempat umum yang sering dipakai. Jangan lupa untuk selalu Ingatkan  rekan kerja kamu untuk selalu mencuci tangan ya. . 

2. Virus corona dapat menyebar melalui cairan tubuh

Menurut WHO, Ini 7 Cara Menghindari Virus Corona di Tempat Kerja mirror.co.uk

Virus yang dikenal juga sebagai COVID-29 ini dapat menyebar melalui cairan tubuh. Penyebarannya bisa dari air liur hingga bersin yang tersentuh oleh bagian luar tubuh dan juga lewat pernapasan. Contoh mudah adalah kamu tidak sengaja memegang air liur seseorang di meja. Gampangnya penyebaran itu mirip dengan cara kerja flu. Sehingga jangan lupa untuk terus menjaga kesehatan kamu ya. 

3. Sebarkan ke semua teman kamu akan virus corona

Menurut WHO, Ini 7 Cara Menghindari Virus Corona di Tempat Kerja Cara pencegahan virus corona dan nomor penting yang bisa dihubungi terkait virus Corona (IDN Times/Arief Rahmat)

Satu hal yang dirasa penting oleh WHO adalah kesadaran dari ruang itu terhadap virus mematikan ini. Cara ini bisa dilakukan dengan cara pajang poster yang mempromosikan kebersihan pernapasan. 

4. Jangan lupa untuk selalu menyediakan tissue dan masker

Menurut WHO, Ini 7 Cara Menghindari Virus Corona di Tempat Kerja 

Satu hal penting yang dirasa perlu disediakan tiap perkantoran adalah persediaan tisu dan masker. Jangan lupa, kedua barang tersebut harus tersedia dan memberikannya kepada karyawan yang membutuhkan. Walau dianggap remeh, tetapi penting juga memiliki tempat sampah tertutup sebagai tempat pembuangan, karena kebersihan aliran udara dan lingkungan yang baik mencegah penyebaran virus corona. 

5. Sebaiknya, hindari berpergian ke luar kota atau ke luar negeri

Menurut WHO, Ini 7 Cara Menghindari Virus Corona di Tempat Kerja smartertravel.com

WHO menyarankan untuk tidak keluar negeri atau melakukan traveling sementara waktu, termasuk untuk urusan kerja. Jika memang diharuskan, pastikan yang pergi merupakan orang yang sehat dan telah mengecek daftar area virus Corona yang sudah terkena wabah. Hal itu bisa dilihat lewat situs WHO.

Karyawan yang telah kembali dari area tempat COVID-19 menyebar, harus memantau diri mereka sendiri untuk gejala selama 14 hari dan suhunya dua kali sehari. Jika mereka menderita batuk ringan atau demam ringan (dengan suhu tubuh 37,3 derajat Celcius atau lebih), mereka harus tinggal di rumah dan mengasingkan diri.

Ini berarti menghindari kontak dekat (1 meter atau bahkan lebih dekat) dengan orang lain, termasuk anggota keluarga. Mereka juga harus menelepon penyedia layanan kesehatan mereka atau departemen kesehatan masyarakat setempat, memberikan rincian perjalanan mereka dan gejala baru-baru ini. 

6. Istirahat dan jangan pergi ke kantor jika tubuh sudah tidak fit

Menurut WHO, Ini 7 Cara Menghindari Virus Corona di Tempat Kerja health.harvard.edu

Seperti yang kita tau, salah satu cara penyebaran virus corona melalui air liur. Sehingga, bagi mereka yang sedang tidak enak badan, ada baiknya untuk tidak pergi ke kantor dan beristirahat di rumah. Untuk mengurangi virus menyebar, dapat mengonsumsi obat seperti paracematol. Ditakutkan itu merupakan gejala dari infeksi virus corona. 

7. Jangan mendeskriminasikan teman kamu yang tertular

Menurut WHO, Ini 7 Cara Menghindari Virus Corona di Tempat Kerja lij.northwell.edu

Jika melihat adanya gejala virus Corona diderita rekan kerja, langsung pisahkan orang tersebut ke dalam ruang yang terisolasi dan segera laporkan aparat kesehatan lokal. Jauhkan diri dari diskriminasi dan dukung mereka melewati penyakit berbahaya ini.

Melawan virus Corona tidaklah berbeda jauh dengan melawan penyakit pada umumnya. Yang terpenting adalah kamu memahami dengan benar bagaimana cara menjaga higienitas tubuh. Ada baiknya untuk tetap tenang dan tidak panik ya, Bela! 

Itulah beberapa cara menghindari virus corona di tempat kerja. Semoga bermanfaat ya.

Disclaimer: Artikel ini ditulis di laman IDNTimes dengan judul "Rilis WHO: Ini 7 Cara Hindari Penyebaran Virus Corona di Tempat Kerja"

Baca Juga: Waspada! 7 Benda Ini Berisiko Tularkan Virus Corona

Baca Juga: Cegah Virus Corona, Ini 7 Cara Meningkatkan Kekebalan Tubuh