Berganti warna rambut adalah hal yang sudah biasa bagi kaum milenial, selain mengikuti tren, hal tersebut juga bisa mengubah tampilanmu semakin fresh dan kece. Namun, seringkali warna rambut yang tidak tahan lama menjadi kendalanya. Nah, biar kamu ga takut warna rambutmu mudah luntur lagi, Popbela memberikan cara yang akurat untuk menjaga ketahanan warna rambutmu. Buat kamu yang mau tahu, keep scrolling!

1. Persiapkan rambutmu sebelum diwarnai

Agar Warna Rambut Tahan Lama, Ikuti 7 Cara Ini Yuk!sishair.com

Sebelum mewarnai rambutmu, ada baiknya untuk melakukan perawatan yang dapat menghidrasi dan memberikan perlindungan sempurna pada rambutmu. Pakai conditioner, masker rambut dan vitamin pada rambutmu.

2. Ketika rambut baru diwarnai, usahakan untuk menunggu 3 hari sebelum keramas

Agar Warna Rambut Tahan Lama, Ikuti 7 Cara Ini Yuk!victoria50.ie

Kesalahan fatal yang tanpa sadar dilakukan banyak orang adalah langsung mencuci rambut sehari setalah mewarnainya. Hal tersebut tentunya tak hanya membersihkan kotoran yang menempel pada rambutmu tetapi juga memudarkan warna rambut barumu. Sebaiknya, biarkan saja dulu selama 3 hari agar warna rambut dapat terserap lebih lama pada rambutmu, kemudian keramas dengan perlahan.

3. Hindari keramas setiap hari

Agar Warna Rambut Tahan Lama, Ikuti 7 Cara Ini Yuk!rawstory.com

Semakin sering rambutmu terkena air dan sampo, semakin cepat juga warna rambutmu akan luntur. Sebaiknya lakukan keramas sebanyak 3 hari sekali ya, Bela!

4. Keramas menggunakan air dingin

Agar Warna Rambut Tahan Lama, Ikuti 7 Cara Ini Yuk!eazyspadeals.com

Suhu sangat berpengaruh pada warna rambutmu, tentunya suhu tinggi dapat menyebakan kutikula rambut terbuka dan juga dapat secara cepat untuk melunturkan warna rambut. Untuk itu, disarankan untuk menggunakan air dingin untuk menjaga warna rambut.

5. Gunakan perawatan rambut khusus untuk rambut yang diwarnai

Agar Warna Rambut Tahan Lama, Ikuti 7 Cara Ini Yuk!intothegloss.com

Rambut yang diwarnai memang memiliki perawatan khusus, itulah kenapa terciptanya rangkaian produk khusus untuk rambut yang diwarnai. Selain dapat menjaga kualitas warna rambut, rangkaian produk tersebut juga dapat melindungi dari kerusakan rambut.

6. Kurangi penggunaan catokan

Agar Warna Rambut Tahan Lama, Ikuti 7 Cara Ini Yuk!byrdie.com

Selain menghindari keramas menggunakan air hangat, ada baiknya untuk mengurangi pemakaian alat styling rambut seperti catokan dan hair dryer. Suhu panasnya dapat membuka kutikula rambut dan itulah yang dapat menghilangkan warna rambut secara perlahan. Jika kamu memang sangat membutuhkannya, usahakan untuk menggunakan spray pelindung rambut sebelum terkena catokan ya.

7. Minimalisir paparan cahaya matahari langsung pada rambutmu

Agar Warna Rambut Tahan Lama, Ikuti 7 Cara Ini Yuk!newbeauty.com

Walaupun berada di bawah paparan sinar matahari sambil melakukan kegiatan favorit adalah hal yang menyenangkan, namun yang perlu kamu tahu adalah bahwa sinar UVA dan UVB bukan teman yang baik untuk rambut yang diwarnai. Selain membuat rambut terlihat lebih kering, sinar UVA dan UVB juga dapat membuat warna rambutmu pudar.

Sekarang kamu sudah tahu kan 7 hal penting yang wajib kamu perhatikan ini supaya warna rambutmu lebih tahan lama.

Baca Juga: Buat Para Millennials, Ini 7 Warna Rambut yang Bisa Kamu Coba