Memiliki rambut yang sehat dan indah tak hanya bebas dari ketombe dan rambut bercabang, tetapi juga memiliki kulit kepala yang kuat. Hal itu berarti rambut pun terbebas dari kerontokkan. Namun, seringkali sadar tak sadar, hampir sebagian perempuan mengalami masalah rambut yang satu ini. 

Mungkin kelihatannya masalah rambut rontok merupakan hal yang biasa terjadi, namun tetap saja kamu harus segera mengatasinya agar tak terjadi kebotakan. Sebelum kamu ingin mengatasinya, sebaiknya perhatikan dulu beberapa penyebab rambut rontok untuk memudahkanmu dalam mencari solusinya. Yuk, simak sampai habis!

1. Stres

7 Penyebab Rambut Rontok yang Wajib Kamu Ketahuibotanicadayspa.com

Tahu nggak sih, ternyata rasa stres merupakan penyebab rambut rontok yang paling banyak terjadi pada hampir semua orang. Stres disebabkan oleh banyak faktor seperti mengalami hari yang buruk, mengidap suatu penyakit, dan berada di keadaan yang membuat pusing. Namun, kamu juga harus belajar untuk mengatasi rasa stres tersebut agar tidak semakin memicu kerontokkan pada rambut.

2. Gen

7 Penyebab Rambut Rontok yang Wajib Kamu Ketahuielitedaily.com

Penyebab rambut rontok karena faktor genetik tentu merupakan sesuatu yang tak dapat dihindari. Biasanya, anak perempuanlah yang mendapatkan turunan rambut rontok dari kedua orangtua. Walaupun penyebab rambut rontok yang satu ini cukup mustahil untuk diatasi, namun kamu tetap bisa merawatnya untuk mengurangi jumlah kerontokkan lho!

3. Kekurangan protein

7 Penyebab Rambut Rontok yang Wajib Kamu Ketahuisciencenewsforstudents.org

Faktor penyebab rambut rontok terbesar dari dalam tentu berasal dari asupan makanan yang dikonsumsi. Karena tubuhmu sangat membutuhkan berbagai vitamin dan zat yang terkandung di dalam makanan sehat, terutama protein. 

Jika tubuhmu kekurangan protein, tentu fungsi protein yang dapat membangun struktur rambut malah dapat memperlambat pertumbuhan rambut. Sebaiknya cukupi juga tubuhmu dengan makanan yang tinggi protein.

4. Memakai produk sampo yang salah

7 Penyebab Rambut Rontok yang Wajib Kamu Ketahuilionesseflatiron.com

Saat kamu menggunakan produk sampo dengan formula yang kurang cocok dengan kulit kepalamu, maka efek yang kerap kali terjadi ialah rambut pun mulai rontok. Penyebab rambut rontok yang satu ini tentu dapat dengan mudah kamu atasi dengan memilih produk sampo yang tepat da disesuaikan dengan permasalahan kulit kepala setiap orang.

5. Terlalu sering menggunakan hairdryer

7 Penyebab Rambut Rontok yang Wajib Kamu Ketahuilapetitefillexo.wordpress.com

Penyebab rambut rontok lainnya dapat terjadi karena penggunaan hairdryer yang terlalu sering. Meski hairdryer dapat membantumu untuk mengeringkan rambut dengan sangat cepat, namun hairdryer pun memiliki dampak negatif yang didapat dari suhu panasnya dengan mengangkat kelembapan alami rambut sehingga rambut pun menjadi rontok dan susah untuk tumbuh kembali.

6. Kekurangan darah

7 Penyebab Rambut Rontok yang Wajib Kamu Ketahuiallure.com

Pada umumnya, tubuh membutuhkan asupan zat besi yang cukup untuk dapat membawa oksigen masuk ke seluruh tubuh melalui darah termasuk folikel rambut. Namun, jika tubuhmu mengalami kekurangan darah, tentu dapat menyebabkan kerontokkan pada rambut. Maka itu kekurangan darah juga dapat menjadi salah satu penyebab rambut rontok yang harus segera kamu atasi agar rambut baru bisa bertumbuh kembali.

7. Didiagnosa penyakit

7 Penyebab Rambut Rontok yang Wajib Kamu Ketahuimedicalnewstoday.com

Penyebab rambut rontok yang terakhir dapat disebabkan oleh gangguan kulit kepala seperti Alopecia Areata, Alopecia universalis, Androgenic Alopecia, Telogen Effluvium, dan Tinea Capitis. Nah, untuk penyebab rambut rontok yang satu ini memang butuh penanganan khusus seperti langsung berkonsultasi ke dokter spesialis kulit kepala untuk diberikan obat penanganannya.

Jadi, itulah ketujuh penyebab rambut rontok yang dapat terjadi pada hampir semua orang. Kalau sudah tahu penyebabnya, tentu akan lebih memudahkanmu dalam mengatasi bukan? 

Baca Juga: Bukan Sampo, Ini Cara Mengatasi Rambut Rontok yang Wajib Kamu Ketahui