Hampir semua orang pasti pernah bermasalah dengan kulit kepala gatal. Tentu hal ini sangatlah membuat tidak nyaman seseorang saat sedang menjalani berbagai aktivitas. Jika kamu menggaruknya, yang ada kulit kepalamu malah terluka. Untuk itu, sebaiknya yang harus kamu lakukan ialah mengatasinya dengan berbagai pilihan cara. 

Namun, sebelum kamu melakukan berbagai cara mengatasi kulit kepala gatal, tentunya kamu juga harus mengetahui penyebab kulit kepala gatal. Yuk, simak artikel yang satu ini karena Popbela akan membahas beberapa penyebab kulit kepala gatal yang wajib untuk kamu ketahui!

1. Jarang keramas

Ternyata Ini Dia Penyebab Kulit Kepala Gataleasihairpro.com

Tak dapat dipungkiri, jika kamu memang tipe orang yang jarang keramas, bisa dipastikan hal tersebut yang menjadi penyebab kulit kepala gatal. Karena setiap harinya, kulit kepala akan memproduksi minyak alami yang nantinya dapat bercampur dengan kotoran juga debu dari luar. Untuk itu, penting sekali memperhatikan kebersihan rambut mulai dari rajin keramas.

2. Menggunakan produk sampo yang salah

Ternyata Ini Dia Penyebab Kulit Kepala Gatalbestproducts.com

Selain kurangnya menjaga kebersihan kulit kepala, penyebab kulit kepala gatal juga bisa disebabkan oleh penggunaan produk sampo yang salah. Melihat hal tersebut, penting banget lho untuk lebih teliti dalam memilih produk sampo maupun produk perawatan rambut lainnya. Cek kandungan beserta manfaatnya yang cocok untuk kulit kepalamu.

3. Kulit kepala sangat kering

Ternyata Ini Dia Penyebab Kulit Kepala Gatalhuffingtonpost.com

Tak hanya kulit kepala berminyak saja yang bisa menyebabkkan rasa gatal, tetapi kulit kepala kering pun sering disebut sebagai salah satu penyebab kulit kepala gatal lho! Kurangnya kelembapan pada kulit kepala dapat memicu rasa gatal hingga perih yang memang harus segera diatasi.

4. Ketombe

Ternyata Ini Dia Penyebab Kulit Kepala Gatalcoveteur.com

Siapa yang tak asing dengan penyebab kulit kepala gatal yang satu ini? Yup, ketombe yang disebabkan oleh berbagai faktor ini pun memang sangat mengganggu. Jika hal ini terjadi padamu, sebaiknya gunakan produk perawatan kepala yang cocok untuk membasmi ketombe hingga tuntas.

5. Terlalu sering menggunakan topi

Ternyata Ini Dia Penyebab Kulit Kepala Gatalnytimes.com

Tahu nggak sih kalau penggunaan aksesori kepala terutama topi dalam waktu yang cukup lama dapat menjadi salah satu penyebab kulit kepala gatal? Tentu saja hal tersebut dapat terjadi. Karena penggunaan topi dapat menyebabkan kulit kepala menjadi sangat lepek sehingga dapat memicu tumbuhnya jamur yang merupakan penyebab kulit kepala gatal.

6. Terlalu kencang saat mengikat rambut

Ternyata Ini Dia Penyebab Kulit Kepala Gatallorealparisusa.com

Jarang disadari oleh orang banyak, penyebab kulit kepala gatal juga bisa terjadi karena terlalu kencang saat mengikat rambut.Karena hal tersebut dapat menarik rambut hingga ke folikel dan akan berlanjut ke rasa gatal yang ditimbulkan.

7. Kutu

Ternyata Ini Dia Penyebab Kulit Kepala Gatalallhairgrowth.com

Penyebab kulit kepala gatal yang terakhir ialah karena terdapat kutu rambut yang tentu tak hanya membuat kulit kepala terasa sangat gatal tetapi juga dapat menurunkan rasa percaya diri. Hal yang bisa kamu lakukan ialah dengan menggunakan sampo khusus pembasmi kutu atau menyisir dengan sisir khusus kutu.

Wah, ternyata penyebab kulit kepala gatal banyak juga ya? Dari mulai faktor kebiasaan hingga faktor yang tak disadari. Tentunya kamu pun juga sudah mulai harus lebih memperhatikan kesehatan kulit kepala dengan merawatnya!

Baca Juga: Inilah Cara Merawat Rambut Rontok yang Mudah