Tak semua orang terlahir dengan rambut yang lurus, ada yang lahir dengan rambut ikal, keriting, maupun rambut yang tebal dan susah diatur. Bagi sebagian orang yang memang tidak terlahir dengan rambut lurus, biasanya melakukan perawatan untuk mendapatkan tampilan rambut yang lurus. 

Salah satu cara yang biasa dilakukan banyak orang ialah dengan teknik smoothing. Semua perempuan hampir tak asing dengan teknik yang satu ini. Teknik smoothing ialah teknik pelurusan rambut, dimana rambut akan diproses hingga menjadi lurus natural dalam jangka waktu yang cukup panjang. 

Namun, untuk memiliki hasil rambut smoothing yang tahan lama, tentunya harus dilakukan perawatan juga lho! 

1. Jangan terlalu sering mencuci rambut

7 Cara Merawat Rambut Smoothingthefurrycouch.com

Langkah cara merawat rambut smoothing agar tetap lurus yang pertama kali dapat kamu lakukan ialah menjaganya dengan kurangi kebiasaan mencuci rambut yang terlalu sering. Karena proses smoothing menggunakan bahan kimia yang dapat menghilang secara perlahan jika sering mencuci rambut.

2. Gunakan sampo khusus untuk perawatan rambut sehabis smoothing

7 Cara Merawat Rambut Smoothingcosmopolitan.com

Selain memperhatikan waktu mencuci rambut, tentunya cara merawat rambut smoothing agar tetap lurus selanjutnya ialah dengan memperhatikan produk sampo yang kamu gunakan. Biasanya seseorang dengan rambut smoothing menggunakan produk khusus untuk lebih maksimal dalam mempertahankan rambut lurus karena smoothing.

3. Selalu gunakan kondisioner

7 Cara Merawat Rambut Smoothingrd.com

Tak dapat dipungkiri, proses smoothing dapat mengakibatkan rambut menjadi lebih kering. Untuk itu, kamu juga membutuhkan perawatan yang ekstra dengan menggunakan kondisioner setiap habis keramas. Hal tersebut merupakan salah satu cara merawat rambut smoothing agar tetap lurus yang juga wajib untuk kamu lakukan.

4. Jangan sering mengikat rambut

7 Cara Merawat Rambut Smoothingmochni.com

Nah, penting untuk diperhatikan, lakukan juga cara merawat rambut smoothing agar tetap lurus yang satu ini. Hindari mengikat rambut atau menata rambut karena dapat membuat rambut menjadi rusak dan tidak lurus lagi. Lebih baik, geraikan saja dan rutin untuk melakukan perawatan.

5. Hindari penggunaan hair dryer atau catokan

7 Cara Merawat Rambut Smoothinglapetitefillexo.wordpress.com

Untuk memaksimalkan cara merawat rambut smoothing agar tetap lurus, tentu kamu juga harus menghindari penggunaan hairdryer atau catokan. Suhu panas yang dihasilkan dari alat styling rambut tak hanya membuat rambut menjadi lebih kering, tetapi dapat membuat rambut menjadi rusak dan tidak lurus.

6. Jangan lupa untuk menggunakan vitamin rambut

7 Cara Merawat Rambut Smoothingmochni.com

Cara merawat rambut smoothing agar tetap lurus lainnya ialah dengan tidak lupa menggunakan vitamin rambut yang dapat menutrisi rambut dan menjaga rambut agar tetap sehat sehingga rambut tak hanya lurus, tetapi juga terlihat mengkilau. Gunakan vitamin rambut sehabis keramas maupun saat sedang tidak keramas agar tetap ternutrisi dengan baik.

7. Pilih sisir bergigi jarang

7 Cara Merawat Rambut Smoothingactivebeautiful.com

Cara merawat rambut smoothing agar tetap lurus terakhir tentunya dapat kamu lakukan dengan memperhatikan bentuk sisir yang kamu gunakan. Disarankan untuk menggunakan sisir dengan gigi jarang agar tidak menyebabkan kerontokan dan rambut pun tetap lurus.

Nah, jadi buat kamu yang sehabis melakukan proses smoothing, lakukanlah cara merawat rambut smoothing agar tetap lurus yang sudah Popbela bagikan di artikel ini agar hasil rambutmu pun menjadi tahan lama. Selamat mencoba!

Baca Juga: 8 Cara Mengatasi Rambut Bercabang