Dari berbagai masalah rambut, ketombe memang menjadi masalah rambut yang paling mengganggu. Selain membuat kulit kepalamu terasa sangat gatal, kehadiran ketombe juga dapat merusak penampilanmu sehingga dapat menurunkan rasa percaya diri. 

Namun, nggak perlu khawatir, karena ternyata beberapa bahan alami pilihan dapat kamu gunakan untuk mengatasi masalah rambut berketombe. Kira-kira bahan alami apa saja? Buat kamu yang penasaran, yuk simak terus artikel cara menghilangkan ketombe secara alami yang akan Popbela bagikan!

1. Lidah buaya

7 Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alamihealthline.com

Lidah buaya sering dijadikan sebagai cara menghilangkan ketombe secara alami yang paling ampuh. Kandungan yang terdapat pada lidah buaya pun dapat bekerja dengan maksimal dalam memperkuat akar rambut serta membuat rambut tampak sangat berkilau. Cara menggunakannya tentu kamu harus mengoleskan gel lidah buaya pada bagian kulit kepala, biarkan hingga 15 menit, kemudian bilas hingga bersih.

2. Jojoba oil

7 Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alamishayandcompany.com

Kamu juga bisa melakukan salah satu cara menghilangkan ketombe secara alami dengan menggunakan jojoba oil yang dikenal akan kelembapannya dalam menghidrasi kulit kepala kering yang dapat menyebabkan ketombe. Jojoba oil biasanya digunakan cukup 3-4 tetes kemudian baurkan dan pijat secara lembut kulit kepalamu, diamkan 20 menit, dan bilas hingga bersih. Lakukan cara yang satu ini sebagai perawatan mingguan dan lihat hasilnya!

3. Telur

7 Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alamimirror.co.uk

Walau masih banyak yang kurang tahu dengan manfaatnya telur yang satu ini, nyatanya telur kerap digunakan sebagai cara menghilangkan ketombe secara alami. Caranya cukup mengoleskan telur pada keseluruhan rambut dan tutup menggunakan handuk hangat selam 10 menit, kemudian lanjutkan dengan membilasnya menggunakan sampo untuk menghilangkan aroma telur yang sedikit amis.

4. Santan

7 Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alamimedicalnewstoday.com

Selain lidah buaya, santan juga dikenal banyak orang sebagai kandungan alami yang bekerja maksimal sebagai salah satu cara menghilangkan ketombe secara alami. Santan yang terbuat dari kelapa ini memiliki kandungan yang dapat melembapkan dengan maksimal sekaligus merawat rambut agar tak terjadi masalah rambut lainnya. Oleskan santan pada keseluruhan bagian rambut, diamkan selama 15 menit dan bilas hingga bersih.

5. Jahe

7 Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alamithejakartapost.com

Cara menghilangkan ketombe secara alami lainnya juga bisa menggunakan bahan alami yang satu ini. Yup, jahe memiliki kandungan yang dapat mengatasi masalah ketombe secara ampuh. Jangan lupa untuk menghancurkan jahe terdahulu hingga berbentuk bubuk, kemudian campurkan dengan air hingga membentuk pasta, baurkan pada kulit kepala, dan bilas menggunakan air hangat.

6. Teh hijau

7 Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alamibbcgoodfood.com

Memiliki jutaan manfaat, teh hijau pun sering digunakan sebagai cara menghilangkan ketombe secara alami. Kamu bisa menggunakan teh hijau berbentuk air untuk membilas keseluruhan rambutmu atau kamu juga bisa menggunakan bubuk teh hijau sebagai masker untuk kulit kepala. Lakukan 2 kali seminggu secara rutin dengan bahan yang satu ini sehingga kulit kepala pun bebas minyak.

7. Bawang merah

7 Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alamihealthline.com

Cara menghilangkan ketombe secara alami yang terakhir ialah bawang merah. Tak hanya masalah ketombe, bawang merah memang dapat mengatasi berbagai masalah rambut lainnya. Cara menggunakannya, masukkan bawang merah dengan sedikit tambahan olive oil agar mengurangi aroma bawang yang menyengat. Baurkan pada seluruh kepala, diamkan selama 15 menit kemudian bilas hingga bersih.

Itulah, beberapa cara menghilangkan ketombe secara alami yang dapat kamu lakukan dengan mudah ya Bela

Baca Juga: 7 Penyebab Ketombe