Rambut yang bervolume memang terlihat bagus karena dapat menyempurnakan penampilan setiap perempuan. Namun, bagaimana jadinya bila volume pada rambutmu malah berlebihan? Yang ada kamu malah tampak seperti singa dengan rambut yang mengembang. Ada yang disebabkan karena beberapa faktor, ada juga yang memang bawaan sejak lahir. 

Apapun penyebabnya, tak perlu khawatir ya Bela, karena ada beberapa cara mengatasi rambut mengembang yang bisa kamu lakukan lho! Jika kamu ingin tahu apa saja, ikuti terus artikelnya ya Bela!

1. Pilih produk sampo yang tepat

Cara Mengatasi Rambut Mengembangcheatsheet.com

Salah memilih produk sampo ternyata dapat menjadi penyebab rambut mengembang lho! Karena formula yang tak sesuai dapat mengangkat kelembapan alami rambut sehingga rambut pun tampak sangat mengembang. Langkah awal untuk mengatasi rambut mengembang yang dapat kamu lakukan ialah dengan memilih produk sampo yang tepat untukmu.

2. Hindari mencuci rambut terlalu sering

Cara Mengatasi Rambut Mengembangthefurrycouch.com

Sama halnya dengan kesalahan dalam memilih produk sampo, mencuci rambut terlalu sering pun dapat mengangkat kelembapan alami rambut sehingga rambutmu tampak mengembang. Sebaiknya hindari mencuci rambut terlalu sering dan keramas seperlunya saja. Cara mengatasi rambut mengembang yang satu ini cukup mudah untuk dilakukan lho, cukup perhatikan waktumu saat keramas.

3. Rajin menggunakan masker rambut

Cara Mengatasi Rambut Mengembangbestjojobaoil.com

Cara lain yang dapat kamu lakukan dalam mengatasi rambut mengembang ialah dengan menggunakan masker rambut yang dapat menutrisi hingga ke akar rambut sehingga tak hanya membuat rambut halus saja tetapi juga dapat menumbuhkan rambut baru yang berkualitas.

4. Menggunakan pelindung kepala saat terkena paparan sinar matahari

Cara Mengatasi Rambut Mengembangetsy.com

Suhu panas yang dihasilkan oleh paparan sinar matahari dapat mengangkat kandungan air atau kelembapan yang terdapat pada rambut. Akibatnya rambut pun tampak sangat mengembang. Sebagai salah satu cara mengatasi rambut mengembang, kamu juga dapat menggunakan topi sebagai pelindung mahkota tersebut.

5. Gunakan jari untuk menyisir rambut seusai keramas

Cara Mengatasi Rambut MengembangTheHealthSite.com

Sisir memang dapat mengatasi rambut kusut sehingga tampak lebih rapi. Namun, jika kamu gunakan sisir seusai keramas, maka rambutmu dapat menjadi mudah patah dan kering. Untuk itulah, sebaiknya kamu menggunakan jarimu untuk merapikan rambutmu saat keadaan basah supaya tak membuat tampilan rambut menjadi mengembang.

6. Gunakan vitamin rambut

Cara Mengatasi Rambut Mengembangfashionfoody.com

Kurangnya nutrisi pada tekstur rambut menjadi penyebab rambutmu tampak mengembang. Maka, cara mengatasi rambut mengembang yang dapat kamu lakukan ialah dengan menggunakan vitamin rambut sebagai salah satu produk rangkaian perawatan rambut harianmu. Pilih vitamin rambut yang dapat memberikan kelembapan pada batang rambutmu.

7. Hindari penggunaan catokan

Cara Mengatasi Rambut Mengembangultimatearganoil.com

Alih-alih ingin mengurangi volume yang berlebihan pada rambutmu, penggunaan catokan justru dapat menyebabkan rambut semakin mengembang dan tampak kering karena suhu panas yang dihasilkan oleh catokan. Untuk itu sebaiknya hindari penggunaan catokan sebagai cara mengatasi rambut mengembang yang mudah untuk dialkukan.

Nah, itu dia beberapa cara mengatasi rambut mengembang yang dapat mengembalikan tampilan rambutmu secara perlahan. Jangan lupa untuk terus melakukan beberapa cara di atas dengan disiplin agar hasilnya maksimal!

Baca Juga: 7 Tips Ampuh untuk Mengatasi Masalah Rambut Kering