Hampir setiap perempuan pasti pernah mengalami permasalahan rambut bercabang. Selain dapat mengakibatkan kekuatan rambut berkurang, rambut bercabang juga dapat membuat tampilan rambut menjadi tampak lebih kusam. 

Penyebab rambut bercabang memang disebabkan oleh banyak faktor, mulai dari kebiasaan buruk, salah menggunakan produk sampo, hingga penggunaan alat catok yang terlalu sering. 

Untuk kamu yang sedang mengalami masalah rambut yang satu ini, jangan sedih dulu ya, karena pada artikel kali ini Popbela akan membahas cara mengatasi rambut bercabang agar rambutmu tampak sehat kembali. Pasti penasaran kan apa saja sih cara mengatasi rambut becabang yang bisa kamu lakukan? Yuk simak terus!

1. Potong ujung rambut setiap 6 minggu sekali secara rutin

Ini Dia Cara Mengatasi Rambut Bercabangthelist.com

Bagi beberapa perempuan, rambut bercabang nggak melulu disebabkan oleh suhu panas catokan. Ujung rambut bercabang juga bisa terjadi secara alamiah. Untuk itu, sangat disarankan untuk rutin merapikan ujung rambut setiap 6 minggu sekali guna untuk membuang sisa rambut yang bercabang.

2. Hindari mencuci rambut setiap hari

Ini Dia Cara Mengatasi Rambut Bercabangthefurrycouch.com

Mencuci rambut setiap hari sih memang bisa membuat kulit kepalamu bersih, namun untuk kamu yang memiliki jenis helai rambut yang tipis, hal tersebut dapat merusak folikel rambutmu dan mengakibatkan rambut bercabang. Sebaiknya, cuci rambutmu sebanyak 1 kali dalam tiga hari ya.

3. Pilih sampo berbahan natural

Ini Dia Cara Mengatasi Rambut Bercabangnaturallivingideas.com

Di tengah maraknya produk sampo yang dijual, kamu harus lebih detail lagi dalam memerhatikan bahan sampo yang hendak kamu gunakan. Untuk rambut yang bercabang, sebaiknya pilih produk sampo dengan bahan alami yang dapat mengembalikan tekstur rambutmu menjadi lebih sehat.

4. Gunakan kondisioner

Ini Dia Cara Mengatasi Rambut Bercabangnirantaradrusti.wordpress.com

Salah satu cara mengatasi rambut becabang ialah dengan menggunakan kondisioner setiap hari. Kondisioner diciptakan untuk menutrisi batang rambut dan mengunci kelembapan sehingga terbebas dari rambut kering yang menyebabkan rambut bercabang.

5. Pakai sisir bergigi jarang

Ini Dia Cara Mengatasi Rambut Bercabangakurat.co

Bagi perempuan yang mengalami permasalahan rambut bercabang, gunakan sisir bergigi jarang sebagai salah satu cara mengatasi rambut bercabang. Dengan menggunakan sisir begigi jarang, rambutmu yang bercabang tidak akan mudah patah.

6. Menghindari penggunaan catokan dan proses pewarnaan rambut

Ini Dia Cara Mengatasi Rambut Bercabangultimatearganoil.com

Saat sedang mengalami rambut bercabang, sebaiknya hindari segala sesuatu yang menjadi sumber penyebab rambut rusak seperti penggunaan catokan dan proses pewarnaan rambut. Cukup fokus merawat rambut rambutmu saja ya.

7. Mengonsumsi suplemen khusus rambut

Ini Dia Cara Mengatasi Rambut Bercabangfamilylivingtoday.com

Kalau beberapa cara di atas merupakan cara mengatasi rambut bercabang dari luar, nah cara yang satu ini merupakan cara mengatasi rambut bercabang dari dalam. Pilih suplemen khusus rambut yang sudah terpercaya dan minum sesuai peraturannya. Biasanya suplemen rambut dapat bekerja lebih maksimal dalam mengembalikan tekstur rambutmu menjadi lebih sehat lho.

Jadi, untuk kamu yang mengalami permasalahan rambut bercabang, perhatikan dan lakukan ketujuh cara mengatasi rambut bercabang yang sudah Popbela jelaskan. Setelah rambutmu sehat kembali, jangan lupa untuk tetap terus menjaga kesehatan rambutmu ya Bela!

Baca Juga: Nggak Sulit, Berikut Cara Menumbuhkan Rambut dengan Cepat