Bagi perempuan, rambut merupakan mahkota yang harus dijaga dan dirawat dengan sepenuh hati. Kesehatan rambutmu dapat mempengaruhi tampilanmu lho. Di tengah proses styling dan pewarnaan rambut yang sering dilakukan banyak perempuan dalam mengikuti perkembangan zaman, tentu hal tersebut dapat membuat kerusakan rambut yang tak diinginkan. Oleh karena itu, berbagai perawatan rambut pun dilakukan untuk mencegah kerusakan rambut maupun mengatasi rambut yang sudah rusak. 

Dalam memilih langkah perawatan rambut, sebaiknya pilih perawatan rambut dengan bahan natural untuk mendapatkan hasil yang memiliki jangka waktu cukup panjang dan terjmain keamanannya. Buat kamu yang masih bingung bagaimana cara membuat masker rambut alami dengan bahan-bahan natural, yuk simak artikelnya sampai habis ya!

1. Masker telur

Nggak Pakai Ribet, Ini Cara Membuat Masker Rambut Alami stylecraze.com

Diperkaya akan kandungan lemak dan protein yang baik sebagai moisturizer untuk rambut dan kulit kepala, gunakan telur sebagai masker dengan membaurkan 2 butir telur mentah dari mulai kulit kepala hingga seluruh rambutmu, biarkan selama 20 menit kemudian bilas dengan menggunakan sampo hingga bersih. Lakukan cara ini 2 kali seminggu untuk rambut yang berkilau dan sehat.

2. Masker stroberi

Nggak Pakai Ribet, Ini Cara Membuat Masker Rambut Alami simplyrecipes.com

Buah stroberi nggak hanya dikenal memiliki rasa yang segar dan manis, tetapi juga memiliki manfaat untuk menutrisi akar rambut hingga terdalam sehingga rambut yang tumbuh adalah rambut yang sehat dan kuat. Cara penggunaannya, campurkan beberapa buah stroberi dengan 2 sdm olive oil, aduh dan baurkan bahan ke seluruh kepala dan rambutmu, pijat dengan lembut bagian kulit kepalamu sembari menunggu 15 menit kemudian bilas hingga bersih.

3. Masker pisang dan madu

Nggak Pakai Ribet, Ini Cara Membuat Masker Rambut Alami wellplated.com

Buat kamu yang memiliki masalah rambut rusak akibat proses hairstyling menggunakan catokan, kamu bisa coba masker alami dengan bahan pisang dan madu yang dapat mengembalikan kelembapan rambut yang rusak dan menutrisi hingga ke akar rambut. Hancurkan beberapa pisang dan campur dengan 1/2 sendok madu hutan asli yang kemudian diaplikasikan pada seluruh rambutmu dari mulai akar hingga ujung rambut, tunggu 20 menit dan bilas hingga bersih. Lakukan secara rutin setiap sebelum keramas untuk hasil akhir yang sempurna. 

4. Masker cuka apel dan yoghurt

Nggak Pakai Ribet, Ini Cara Membuat Masker Rambut Alami huffingtonpost.com

Rambut lepek yang disebabkan oleh produksi minyak yang berlebih membuat siapa saja sangat risih. Untuk mengatasinya, kamu bisa membuat masker rambut dengan perpaduan cuka apel dan yoghurt. Cukup sediakan 1/2 gelas yoghurt dan campurkan dengan beberapa sendok cuka apel, kemudian campurkan, baurkan pada kulit kepalamu, tunggu hingga beberapa jam dan lanjutkan dengan membilas dengan sampo.

5. Masker alpukat

Nggak Pakai Ribet, Ini Cara Membuat Masker Rambut Alami williams-sonoma.com

Salah satu cara membuat masker alami adalah dengan menggunakan buah alpukat yang dapat melembutkan tekstur rambut sekaligus mengunci kelembapan folikel rambut. Untuk menggunakannya, cukup campurkan beberapa tetes essential oil pada alpukat kemudian hancurkan hingga teksturnya berubah menjadi pasta. Setelah teksturnya berubah, baurkan pada kulit kepala dan rambutmu, kemudian tunggu selama 20 menit dan lanjut dengan membilasnya hingga bersih.

6. Masker mayonnaise dan telur

Nggak Pakai Ribet, Ini Cara Membuat Masker Rambut Alami leaf.tv

Tenang, kita nggak sedang membuat makanan kok melainkan bahan masker yang dapat mengembalikan kilau rambutmu. Proses pewarnaan dan penggunaan catokan tentunya dapat menghilangkan kilau rambut alami dan tekstur rambut pun berubah menjadi kering dan kusam. Oil yang terdapat pada mayonnaise dapat mengembalikan kesehatan rambutmu. Untuk itu, campurkan kedua bahan ini, aduk sampai tekstur berubah menjadi sedikit kental dan aplikasikan ke seluruh rambutmu, biarkan selama 1 jam kemudian bilas hingga bersih. Lakukan sekali seminggu untuk hasil yang maksimal.

7. Masker coconut oil

Nggak Pakai Ribet, Ini Cara Membuat Masker Rambut Alami ubudbotany.com

Nggak perlu mencampur dengan bahan yang lain, cukup gunakan coconut oil sebgaai masker rambut untuk mengembalikan kelembapan rambut. Sebelum tidur, baurkan coconut oil, biarkan semalaman agar terserap dengan sempurna pada kulit kepalamu dan bilas keesokan harinya menggunakan sampo.

Merawat rambut ternyata tak begitu sulit ya? Berbagai bahan alami yang tersedia dapat dipilih sebagai bahan utama dalam membuat masker rambut. Selain nggak begitu ribet, cara membuat masker alami sangat mengasikan dilakukan bersama teman-temanmu. Yuk jangan lupa untuk dicoba ya!

Baca Juga: 5 Hal Tentang Masker Rambut yang Harus Kamu Tahu