Sudah memasuki awal tahun 2020 nih. Sudah ada bayangan belum 2020 bakal menjadi tahun seperti apa? Mumpung masih awal tahun, nggak ada salahnya kok menciptkakan ‘new yer new you’. Kamu bisa memulai semuanya dari merubah penampilan Bela. Seperti mewarnai rambut dan tampil beda bisa banget dilakukan sebagai pembuka 2020 ini, setuju? Sudah ada rencana merubah warna rambut tapi masih ragu menentukan warnanya agar sesuai dengan warna kulitmu? Atau ini akan menjadi pengalaman pertama kali Bela mengubah warna rambut? Tenang, Popbela akan berikan 5 tipsnya berikut ini.

1. Lakukan perawatan rambut lebih dulu

5 Tips Pilih Cat Rambut Sesuaikan Warna Kulitmu, Bela!Shutterstock/TORWAISTUDIO

Sebelum memastikan diri untuk merubah warna rambutmu, ada baiknya Bela melakukan perawatan rambut terlebih dulu. Jika Bela mengecat rambut dalam kondisi rambut yang rusak akan sulit diwarnai. Nanti hasilnya tidak maksimal dan akan cenderung lebih kusam serta tidak berkilau. Bela bisa memulai perawatan rambut dengan keramas dengan shampo yang tepat, dan menggunakan hair masker/hair vitamin untuk hasil rambut yang lebih indah dan sehat. 

Setelah rambut sudah lebih baik dan sehat, Bela bisa deh mulai menimbang-nimbang untuk mengecat rambut.

2. Cari-cari referensi dan pilih warna dari rona kulitmu Bela

5 Tips Pilih Cat Rambut Sesuaikan Warna Kulitmu, Bela!Shutterstock/Dean Drobot

Usahakan memilih warna dilihat dari rona kulitmu ya Bela. Salah satu cara yang paling pas menentukan warnanya adalah dengan berdiri di depan cermin dengan penerangan yang cukup dan kenakan baju berwarna putih. 

Untuk Bela yang punya rona warna kulit kuning langsat, coba pilih warna rambut coklat gelap keemasan, pirang dan mahoni. Untuk warna kulit cenderung gelap maka Bela bisa menerapkan warna burgundy, merah terang atau merah tua. Untuk warna yang maksimal, Bela juga bisa menggunakan bleach. 

3. Lebih baik dilakukan di salon profesional

5 Tips Pilih Cat Rambut Sesuaikan Warna Kulitmu, Bela!Shutterstock/TORWAISTUDIO

Buat Bela yang baru pertama kali mengecat rambut atau masih ragu untuk melakukan sendiri, nggak ada salahnya kok untuk melakukannya di salon profesional. Memang akan memakan biaya ekstra, namun dengan bantuan profesional, Bela bisa mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Apalagi Bela bisa melakukan bertanya terlebih dahulu kepada hairdresser profesional di salon. 

4. Melakukan perawatan berkala setelah mengecat rambut, agar rambut tidak rusak

5 Tips Pilih Cat Rambut Sesuaikan Warna Kulitmu, Bela!Shutterstock/kittirat roekburi

Tentunya setelah mengecat rambut nanti, Bela harus melakukan perawatan berkala. Apalagi jika rambut telah melewati proses bleaching. Usahakan untuk menggunakan sampo khusus perawatan rambut yang di-bleaching ya Bela. Untuk hasil yang lebih baik, Popbela sarankan menggunakan TRESemmé Color Radiance & Repair for Bleached Hair.

5 Tips Pilih Cat Rambut Sesuaikan Warna Kulitmu, Bela!lazada.co.id

TRESemmé Color Radiance & Repair for Bleached Hair ini adalah purple shampoo dari TRESemmé pertama di Indonesia. Purple Pigment Formula pada produk ini dapat membantu melindungi warna rambut agar tampak berkilau dan lebih tahan lama. Kandungan Plant Placenta Extractnya juga memberi nutrisi pada rambut dan perlindungan terhadap kerusakan. Cocok banget deh buat kamu yang ingin menjaga kesehatan rambutmu setelah di-bleaching

5 Tips Pilih Cat Rambut Sesuaikan Warna Kulitmu, Bela!allthingshair.com

Rambut Bela diwarnai tanpa melalui proses bleaching? Tenang, ‘kan ada TRESemmé Color Radiance & Repair for Colored Hair. Shampoo ini khusus untuk rambut berwarna non bleached. TRESemmé Color Radiance & Repair for Colored Hair diformulasikan khusus untuk rambut yang diwarnai dengan Color Radiance Booster dan Plant Placenta Extract agar warna rambut berkilau dan tahan lama. Yuk bikin rambut kamu #StayInYourColor Bela!

5. Kurangi pemakaian alat yang menyebabkan warna cat rambutmu berubah

5 Tips Pilih Cat Rambut Sesuaikan Warna Kulitmu, Bela!Shutterstock/Reshetnikov_art

Jika Bela sudah mendapatkan warna cat rambut yang sesuai dengan warna kulit, ini saatnya untuk melakukan perawatan ekstra. Ada baiknya Bela mulai mengurangi pemakaian alat yang menyebabkan warna cat rambut berubah atau memudar. Salah satunya hair dryer. Coba mengeringkan rambut dengan cara alami saja ya Bela. Kan nggak lucu saat warnanya sudah cocok dengan warna kulit, namun perlahan memudar karena tidak dirawat dengan baik.

Gimana nih Bela, sudah cukup jelaskan? Semoga di 2020, Bela bisa tampil beda dengan gaya versi-mu sendiri ya!