Apabila rambut tidak dijaga dengan baik, maka akan muncul tanda-tanda kerusakan  yang bisa membuat cewek mana pun patah hati. Nah, Popbela nggak mau sampai  kamu merasakan hal itu nih. Makanya, begitu muncul tanda-tanda rambut rusak, yuk langsung lakukan hair detox dengan 5 cara di bawah ini. 

1. Perlakukan dengan baik rambutmu

Asal Rutin, 5 Hal Ini Bisa Sulap Rambut Rusakmu Jadi Makin Indah LhoShutterstock/VGstockstudio

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah hentikan prosedur yang menyebabkan kerusakan pada rambutmu. Rambut yang rusak dalam kondisi rapuh, jadi usahakan untuk memperlakukan rambutmu secara lembut Bela. Hindari sisir sikat dan gunakan sisir bergigi lebar dengan tepi yang halus.

2. Gunakan bahan-bahan alami

Asal Rutin, 5 Hal Ini Bisa Sulap Rambut Rusakmu Jadi Makin Indah LhoShutterstock/Anna Ok

Kedua, Bela bisa memulai dengan menggunakan bahan-bahan alami dalam perawatan rambutmu. Salah satu bahan alami yang bisa Bela gunakan untuk hair-detox adalah membersihkan rambut dengan garam laut. Campurkan dua bagian garam laut dengan satu bagian shampo dan oleskan pada rambut sampai menghasilkan busa yang baik. Bilas dengan air dingin, itu akan menyingkirkan kulit mati. Bela bisa melakukan ini sebulan sekali.

3. Gunakan shampoo dengan kandungan yang tepat

Asal Rutin, 5 Hal Ini Bisa Sulap Rambut Rusakmu Jadi Makin Indah LhoShutterstock/Iakov Filimonov

Cara hair-detox selanjutnya adalah menggunakan shampoo dengan kandungan yang tepat. Ada beberapa bahan dapur yang baik untuk rambutmu Bela, salah satunya adalah jahe. Ternyata jahe tak untuk memasak, tapi juga untuk rambutmu lho. Jahe ternyata mampu menikmatkan sirkulasi darah di bawah kulit kepala dan mendorong pertumbuhan helai rambut baru. Tak hanya itu Bela, jahe rupanya juga memiliki sifat antiseptik yang dapat membantu dalam mengobati masalah ketombe hingga mengurangi rasa gatal. Kandungan antioksidan pada jahe membantu menguatkan rambut yang rapuh dan mudah patah. 

Asal Rutin, 5 Hal Ini Bisa Sulap Rambut Rusakmu Jadi Makin Indah LhoPopbela/TRESemme

Popbela rekomendasikan TRESemmé Deep Cleanse & Protect yang memiliki kandungan jahe di dalamnya. TRESemmé Deep Cleanse & Protect, dengan bahan alami ginger & green tea, juga dengan micellar technology, formulasi lebih ringan untuk digunakan setiap hari. Formula ini pas banget untuk kamu yang ingin mengembalikan keindahan rambutmu.

Asal Rutin, 5 Hal Ini Bisa Sulap Rambut Rusakmu Jadi Makin Indah LhoPopbela/TRESemme

Shampoo TRESemmé Deep Cleanse & Protect ini dapat membantu detoksifikasi, melindungi rambut, mengembalikan kondisi rambut sehat, dan berkilau setiap hari. Kandungan Ginger dan Green Tea tak hanya membantu detoksifikasi rambutmu agar kembali indah, namun wanginya juga merilekskan pikiran. Duh, pas banget deh sama bulan Ramadan, saatnya kembalikan kesegaran rambut indahmu Bela. Untuk informasi lebih lengkapnya, bisa cek di sini.

4. Gunakan minyak zaitun

Asal Rutin, 5 Hal Ini Bisa Sulap Rambut Rusakmu Jadi Makin Indah LhoShutterstock/DUSAN ZIDAR

Selanjutnya, Bela bisa memanfaatkan minyak zaitun sebagai bahan pendetoks rambut. Minyak zaitun memiliki banyak khasiat untuk kesehatan, termasuk untuk rambut. Detoks rambut bisa Bela lakukan dengan bantuan minyak zaitun yang berfungsi melapisi rambut dengan melembabkan dan melindungi dari kerusakan.

Caranya mudah sekali, Bela hanya perlu memanaskan satu sendok makan minyak zaitun hingga hangat, kira-kira panaskan 10-15 detik saja. Kemudian oleskan ke rambut yang masih kering dan tutup dengan penutup kepala yang terbuat dari plastik. Diamkan selama 20 menit, bilas dengan air hangat dan shampo seperti biasa. 

5. Jangan warnai rambut selama masa detoks

Asal Rutin, 5 Hal Ini Bisa Sulap Rambut Rusakmu Jadi Makin Indah LhoShutterstock/Miramiska

Nah, buat Bela yang hobi mengganti warna rambut, sebaiknya berhenti melakukan hal tersebut selama masa detoks. Bahan pewarna rambut terkadang tidak ramah untuk rambut dan kulit kepala. Sebaiknya hindari selama masa detoks agar hasilnya lebih memuaskan. Tunggu hingga rambut segar kembali ya, Bela.

Nah itu dia Bela beberapa tips yang bisa dicoba. Sebelum lebaran memang jadi waktu yang tepat untuk memulihkan kembali keindahan rambutmu. Happy trying!