Menjaga kesehatan rambut berhijab memang tak bisa disamakan dengan rambut yang tidak berhijab. Bila biasanya rambut terpapar sinar matahari dan debu secara langsung, risiko rambut berhijab justru terletak pada kelembapan dan tumpukkan minyak yang membuat rambut mudah lepek. 

Agar tidak mengalami permasalahan rambut yang lebih serius, perempuan berhijab harus melakukan perawatan secara khusus demi mendapatkan rambut yang sehat dan berkilau. Berikut ini tips merawat rambut sederhana yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah. 

1. Sisir rambut sebelum keramas

Anti Bau Apek, Begini 5 Cara Hijabers Dapatkan Rambut Sehat Hair.allwomenstalk.com

Sebelum keramas, sebaiknya kamu rapikan terlebih dahulu dengan sisir. Hal ini dapat menghindari kamu dari kemungkinan rambut rontok. Pastikan tidak ada rambut kusut di pangkal dan ujung rambut. Dengan begitu, keramas jadi lebih mudah dan nyaman. 

2. Pakai sampo untuk jenis rambut sensitif

Anti Bau Apek, Begini 5 Cara Hijabers Dapatkan Rambut Sehat lorealparisusa.com

Rambut yang tertutup hijab cenderung mudah berminyak, lembap, ketombe dan gatal. Bahkan, beberapa perempuan juga mengeluhkan aroma rambut yang kurang sedap. Pilihlah sampo yang diformulasikan untuk rambut sensitif. Sampo rambut sensitif memiliki kandungan Amazonian Murumuru Butter yang berfungsi membersihkan rambut hingga kulit kepala. Hindari shampo yang mengandung paraben, pewarna dan silicone oil. 

3. Pastikan rambut kering

Anti Bau Apek, Begini 5 Cara Hijabers Dapatkan Rambut Sehat Pexels.com/Element5 Digital

Usai keramas, keringkan rambut dengan handuk secara perlahan. Nggak perlu buru-buru apalagi sampai menarik rambut agar cepat kering. Jika ingin menggunakan hair dryer, tunggu sampai rambut setengah kering ya. Setelah kering, baru pakai hijab. Menggunakan hijab saat kondisi rambut basah membuat otot tegang, rontok, ketombe dan bikin kepala jadi pusing. 

4. Rutin pakai masker rambut

Anti Bau Apek, Begini 5 Cara Hijabers Dapatkan Rambut Sehat Freepik.com

Sesekali boleh dong memanjakan rambut dengan masker. Meski tertutup hijab, rambut berhak untuk mendapatkan perawatan agar rambut tampak kuat, tebal dan berkilau. Kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan alami seperti minyak zaitun, minyak almond, minyak kelapa. Lakukan 1-2 kali dalam seminggu. 

5. Beri ruang kebebasan pada rambut

Anti Bau Apek, Begini 5 Cara Hijabers Dapatkan Rambut Sehat freepik.com

Saat berada di rumah, izinkan rambutmu merasakan kebebasan. Arti dari kebebasan ini adalah membiarkan rambut terurai atau tergerai. Biarkan rambut bernafas sejenak untuk mendapatkan kenyamanan. Hal ini juga membantu kamu terbebas dari rambut gatal, pusing dan stres lho.  

Ternyata gampang banget ya merawat rambut berhijab. Sudah nggak sabar kan memiliki rambut sehat dan berkilau? lakukan dari sekarang ya! 

Baca Juga: Jangan Cuma Shampo, Rambut Sehat Perlu 4 Produk Ini