Mengeringkan rambut menggunakan hair dryer tentu saja menjadi pilihan favorit karena dapat membuat rambut lebih cepat kering. Pengering rambut dengan pemanas juga mempermudah proses penataan rambut sehingga kamu bisa memiliki berbagai model rambut yang diinginkan.

Namun tanpa disadari, kebiasaan penggunaan hair dryer dapat menimbulkan kerusakan pada rambut kamu lho! Berikut ini 5 risiko masalah rambut yang dapat ditimbulkan oleh pengering rambut bila digunakan secara terus-menerus.

1. Merusak batang rambut

5 Dampak Buruk Terlalu Sering Mengeringkan Rambut dengan Hair DryerFreepik.com

Jika kamu menggunakan pengering rambut hampir setiap hari, sekarang sudah saatnya untuk membatasi penggunaannya. Suhu panas yang dihasilkan oleh hair dryer dapat merusak batang rambut.

Akibatnya, rambut kamu akan menjadi lebih rapuh dan mudah patah. Suhu panas hair dryer juga akan membuat pori-pori kepala terbuka lebih lebar.

Hal itu tentu saja akan membuat rambut kamu menjadi mudah rontok, bahkan bisa menyebabkan risiko kebotakan karena volume rambut yang semakin menipis.

2. Rambut menjadi kering dan kusam

5 Dampak Buruk Terlalu Sering Mengeringkan Rambut dengan Hair DryerFreepik.com

Suhu panas dari penggunaan hair dryer dapat menyerap kelembapan dan nutrisi yang ada di setiap helai rambut kamu. Dampaknya tentu kan membuat rambut menjadi lebih kering dan terasa lebih kasar.

Selain itu, terlalu sering mengeringkan rambut dengan mesin pengering juga akan memudarkan warna alami rambut, sehingga rambut akan terlihat lebih kusam dan tidak berkilau lagi.

3. Menimbulkan efek overheating pada kulit kepala

5 Dampak Buruk Terlalu Sering Mengeringkan Rambut dengan Hair DryerFreepik.com

Suhu pengeringan rambut yang ideal adalah 45 derajat celcius. Namun sebagian besar orang belum mengetahui berapa suhu yang cocok untuk kulit kepala mereka.

Mengeringkan rambut dengan hair dryer tanpa kontol suhu yang tepat, tentu saja akan menyebabkan efek overheating atau sensasi terbakar pada kulit kepala.

Oleh karena itu, jika kamu ingin menggunakan hair dryer ketahui terlebih dahulu jenisnya dan model rambut kamu agar dapat mengatur suhu panasnya dengan tepat

4. Kutikula rusak

5 Dampak Buruk Terlalu Sering Mengeringkan Rambut dengan Hair Dryermadelinehairdesign.com

Kutikula adalah lapisan terluar yang ada di rambut kita. Kutikula berfungsi untuk melindungi rambut dari berbagai macam penyakit rambut.

Jika kamu sering menggunakan hair dryer, suhu panasnya akan merusak bagian ini. Maka tidak heran kalau kamu akan mudah berketombe bahkan bisa terserang penyakit rambut lainnya.

5. Mengganggu pendengaran

5 Dampak Buruk Terlalu Sering Mengeringkan Rambut dengan Hair DryerFreepik.com

Suara bising yang dihasilkan hair dryer tanpa disadari akan mempengaruhi pendengaran kamu. Jika kamu terpaksa ingin menggunakan hair dryer pastikan jaraknya tidak dekat telinga.

Jika dibiarkan terlalu sering, penggunaan hair dryer dapat merusak fungsi telinga kamu lho! Jarak yang disarankan untuk menggunakan pengering rambut adalah 15 cm. Kamu tidak mau pendengaran terganggu hanya karena pemakaian hair dryer yang secara terus-menerus, bukan?

Sebaiknya hindari kebiasaan mengeringkan rambut menggunakan mesin pengering atau hair dryer. Biarkan saja rambut kamu mengering dengan sendirinya. Dengan begitu kesehatan rambut kamu pasti akan terjaga.

Baca Juga: 7 Kesalahan Blow Dry yang Paling Sering Dilakukan dengan Hair Dryer