Seiring bertambahnya usia, beberapa bagian tubuh akan terjadi penuaan. Seperti kulit, bibir, hingga rambut. Hal ini merupakan sesuatu yang wajar dan pasti terjadi semua orang, namun nggak sedikit yang mengalami penuaan dini. Salah satunya adalah muncul uban di usia yang sangat muda.

Sering terabaikan, ternyata ada tujuh fakor utama penyebab beruban di usia yang muda. Kira-kira apa saja? Let’s check this out!

1. Kekurangan vitamin B12

Harus Diwaspadai, Ini 7 Faktor Utama Penyebab Ubanan di Usia Mudaswansonvitamins.com

Tubuh membutuhkan berbagai macam vitamin. Nah, munculnya uban di usia yang muda bisa jadi karena kurangnya asupan vitamin B12. Karena, vitamin B12 diperlukan sel darah merah untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh, termasuk pada melanosit di folikel rambut. Jika kurang, maka akan memengaruhi pigmentasi dan menyebabkan rambut berubah warna menjadi putih.

2. Keturunan

Harus Diwaspadai, Ini 7 Faktor Utama Penyebab Ubanan di Usia Mudafreepik.com

Banyak penelitian yang meyebutkan bahwa munculnya penyebab munculnya uban di usia muda adalah faktor keturunan. So, jika orang tuamu sudah beruban di usia muda, besar kemungkinan kamu akan merasakan hal yang sama. Tentu, faktor keturunan ini tidak bisa diubah.

3. Adanya kondisi medis tertentu

Harus Diwaspadai, Ini 7 Faktor Utama Penyebab Ubanan di Usia Mudafreepik.com

Selanjutnya, ada beberapa kondisi medis yang dapat memicu timbulnya uban di usia muda. Contohnya seperti gangguan tiroid dan auto imun yang biasanya disebut alopecia areata.

4. Perubahan hormon

Harus Diwaspadai, Ini 7 Faktor Utama Penyebab Ubanan di Usia Mudacoremedicalwellness.com

Adanya perubahan yang terjadi pada hormon juga bisa memengaruhi kesehatan rambut, misalnya tekstur berubah menjadi kasar atau warna yang mulai pudar, hingga menimbulkan uban.

5. Stres berlebih

Harus Diwaspadai, Ini 7 Faktor Utama Penyebab Ubanan di Usia Mudafreepik.com

Selain dapat memicu timbulnya jerawat dan penyakit lainnya, stres berlebih juga menimbulkan uban di usia muda. Beberapa penelitian menunjukan bahwa sel-sel yang bertanggung jawab untuk mewarnai rambut dapat berkurang jika stres. Oleh karena itu, mulai saat ini atur perasaan stres kamu, ya! 

6. Kebiasaan merokok

Harus Diwaspadai, Ini 7 Faktor Utama Penyebab Ubanan di Usia Mudasaga.co.uk

Kebiasaan merokok memang memengaruhi kesehatan tubuh, namun siapa sangka bahwa merokok juga menjadi salah satu faktor munculnya ubah di usia muda. Hal ini terjadi karena radikal bebas yang ada di rokok dapat merusak sel-sel yang memproduksi melanin. Sehingga, warna rambut berubah jadi putih.

7. Bahan kimia yang terdapat di produk perawatan atau cat rambut

Harus Diwaspadai, Ini 7 Faktor Utama Penyebab Ubanan di Usia Mudafreepik.com

Last but not least, rambut berubah di usia muda bisa terjadi karena bahan kimia yang terdapat di produk perawatan atau cat rambut. Bahan kimia tersebut bisa mengurangi kadar melanin yang akan msagaemengaruhi warna rambut. Untuk itu, pastikan kamu menggunakan produk yang tepat agar munculnya ubah di usia muda bisa kamu cegah.

So, itu dia tujuh faktor utama penyebab beruban di usia yang muda. Yuk, hindari faktor-faktor tersebut ya, Bela! 

Baca Juga: Ini Kata Ahli Tentang Rambut Beruban dan 4 Cara Ampuh Mengatasinya

Baca Juga: 7 Cara Alami Menghilangkan Uban Secara Alami

Baca Juga: Bisa Terjadi Pada Siapa Saja, Ini Fakta Mengenai Uban yang Perlu Disimak