Pada awal tahun 2020 ini, Popbela.com mengusung campaign terbaru yaitu Future is Female. Melalu campaign ini, Popbela.com ingin mengajak semua perempuan Indonesia untuk dapat memimpin dan bisa menjadi apapun yang diinginkan tanpa rasa takut. Dalam kesempatan ini, Popbela berkesempatan berbincang dengan penyanyi sekaligus politisi, Tina Toon. Perempuan cantik ini berhasil menjadi salah satu wakil DPRD DKI Jakarta lho. Penasaran kan seperti apa? Yuk, silahkan disimak kisahnya ya!

#IMS2020: Tina Toon dan Kesetaraan Gender di Dunia Politikinstagram.com/tinatoon101

Terjun ke dunia entertainment sejak tahun 1999, nama Tina Toon tentu saja sudah tidak asing lagi. Mengawali karier menjadi penyanyi cilik yang menggemaskan, kini ia tumbuh dewasa dengan image yang lebih berbeda. Terkenal berkat lagu Bolo-Bolo dan goyang kepala, kini ia membuktikan eksistensinya dengan terjun ke dunia politik.

Berkomitemen terus memperjuangkan hak rakyat, saat ini perempuan bernama asli Agustina Hermanto ini tengah sibuk menjadi salah satu angora DPRD Periode 2019-2024. Berpindah dari dunia hiburan ke politik, tentu bukan pekara mudah. Tetapi nyatanya, sejak belia Tina Toon selalu memiliki pandangan yang berbeda dan kritis. 

Nggak sih emang sudah jiwanya aja, terus kayak di kalangan teman-temanku juga seringnya bukan kayak perempuan-perempuan gosip. Kalau aku tuh lebih kayak lu ada masalah ini penyelesaiannya kayak gini lebih kaya gitu sih. Atau misalnya wakilin orang dalam satu grup untuk bersuara akhirnya terbiasa.” 

Sudah lama berkecimpung di dunia politik

#IMS2020: Tina Toon dan Kesetaraan Gender di Dunia Politikinstagram.com/tinatoon101

Untuk yang belum mengetahui, ternyata Tina Toon juga bukan pendatang baru dalam dunia politik. Ia sudah aktif di partai sejak beberapa waktu silam.

Dan di dunia politik itu sudah lumayan lama ikut kegiatan partai hanya nggak expose aja. Yang rame itu pas kemarin pas lagi nyaleg.” katanya.

Selain itu, bagi perempuan yang sudah mengantongi gelar Master sejak berusia 23 tahun ini, para anak muda dan millennials juga sudah harus melek akan politik. 

#IMS2020: Tina Toon dan Kesetaraan Gender di Dunia Politikinstagram.com/tinatoon101

Memutuskan untuk berpolitik, sosok Tina Toon juga tidak dapat terhindar dari komen negatif ataupun pro dan kontra dari para warganet. Bahkan tidak sedikit masyarakat yang memandang sebeleh mata para selebritis yang mencoba peruntungan di dunia politik.

“Pasti, karena kalau di dunia entertainment itu sudah biasa itu adalah pro dan kontra itu banyak banget. Kalau dunia politik itu juga banyak banget karena itu menyangkut kepentingan orang banyak. Politik itu kan jatuhnya karena kadang beda partai beda pandangan, pilihan politik itu selalu menjadi pro dan kontra.”

Ia pun menambahkan, nggak mau ambil pusing dengan kata orang. Jika memang itu krituk yang membangun, ia akan menerimanya. Tapi kalau itu sekedar ejekan atau kata-kata buruk, ia tidak mau baper

No Pencitraan: Aku selalu tampil apa adanya

#IMS2020: Tina Toon dan Kesetaraan Gender di Dunia Politikinstagram.com/tinatoon101

Memiliki image yang fun dan ceria sejak kecil, sekarang Tina Toon berhasil tampil dengan sosok yang lebih serius dan berkarisma. Jika melihat Tina Toon kini, kita seperti sudah tidak lagi melihat sosok imut dan menggemaskannya itu ya. Tetapi, menurutnya selama ini ia selalu tampil apa adanya dan menghindari pecintraan.

Kalau aku mengalir justru. Nggak punyaspecial things seperti pecintraan. Aku apa adanya." jelas perempuan berusia 26 tahun ini.

Gender equality di politik Indonesia

#IMS2020: Tina Toon dan Kesetaraan Gender di Dunia Politikinstagram.com/tinatoon101

Menjadi salah satu perempuan yang berhasil terpilih menjadi anggota DPRD, rasanya keberadaan Tina Toon juga turut menunjukan bahwa sosok perempuan dapat menjadi pemimpin. Perempuan cantik ini menuturkan bahwa saat ini kesetaraan gender di Indonesia sudah mulai terasa, bahkan beberapa privilege sudah ia dapatkan ketika duduk di kursi DPRD.

Sukses menjadi Jadi sosok perempuan yang inspirasional, Tina Toon juga berpesan kepada semua perempuan untuk tidak minder dan selalu percaya dengan diri sendiri.

“Ya intinya aku selalu bilang ke perempuan-perempuan dimanapun berada kita nggak boleh minder kayak “Oh kita tuh perempuan ntar ujung-ujungnya masuk dapur”Jadi masuk rumah tangga itu adalah kodrat wanita. Tapi di sisi lain kita tuh bisa melakukan sesuatu yang lebih besar. Maksudnya ya lebih banyak kayak working mom tetap memperhatikan anak tapi tidak hanya bergantung pada suaminya, Karena kita yakin bahwa perempuan hebat itu bisa mendukung keluarganya dan bisa mencetak anak-anak yang hebat juga."

#IMS2020: Tina Toon dan Kesetaraan Gender di Dunia Politikpopbela.com/Nurulita

Walau bercita-cita menjadi politisi sudah terlintas di benak Tina Toon sejak belia, tentu saja ini jalan yang diambilnya kini bukan perkara mudah. Apalagi, ia merupakan seorang perempuan yang namanya sudah dikenal dalam dunia hiburan.

Saat resmi menjadi anggota DPRD, ia bertanggung jawab untuk menyuarakan aspirasi rakyat, dan tentu saja itu merupakan sebuah tanggung jawab besar. Selain itu, perempuan 26 tahun ini juga menceritakan bagaimana caranya memberanikan diri untuk mengambil langkah besar ketika terjun ke dunia politik.

“To encourage study and learn well dengan potensi yang kita punya. Kalau jago ngomong, jago debat itu masuk dunia politik sekarang kan sudah terbuka sekali apapun itu kayak di manapun itu udah ada sosial media dan lain-lain. Campaign kemarin ngebantu banget karena sosmed. Terus untuk jadi decision maker atau CEO itu harus punya pendidikan yang cukup, attitude bagus, tahu diri, karena kan yang dijual adalah kepintaran, kemampuan kita bukan keindahan tubuh kita."

Pesan Tina Toon untuk para anak muda yang ingin mencicipi dunia politik

#IMS2020: Tina Toon dan Kesetaraan Gender di Dunia Politikinstagram.com/tinatoon101

Terakhir, ia juga memberikan saran dan pesan untuk para millennials atau gen z yang ingin terjun ke dunia politik.

“Intinya sih jangan takut, jangan ragu ragu, karena politik beda beda momennya, politik is about panggilan hati, terus juga is about when your done yourself baru deh ngurusin orang. Jadi yang pertama harus punya passion, kedua itu keinginan sendiri jangan dipaksain. Tapi kalau sudah panggilan hati misalnya dari kecil itu fokus di situ, ya sudah masuk di situ dengan expect nothing. Kita juga harus punya niat baik. Karena kebanyakan jadi politisi hebat akhirnya pakai rompi oranye karena korupsi, jadi pikirannya itu harus dewasa di politik itu."

#IMS2020: Tina Toon dan Kesetaraan Gender di Dunia Politikinstagram.com/tinatoon101

Salut banget nih dengan pemikiran Tina Toon. Tidak hanya itu, banyak sekali lho hal yang bisa kamu dapatkan dari sosok hebat satu ini. Kepada Popbela, Tina Toon masih bercerita banyak tentang langkah besar yang diambilnya untuk menjadi seorang anggota DPRD DKI Jakarta. Semuanya bisa kamu dengarkan secara lenglap di Podcast Popbela.com di Spotify.

Photo Credits

Photographer: Nurulita
Fashion Editor: Michael Richards
Stylist: Ivan Teguh Santoso
Assistant Stylist: Dewi
Makeup Artist & Hair Stylist: Devana
Wardrobe: dress PRIYO OKTAVIANO

Baca Juga: #IMS2020: Lebih Realistis, Ini Kunci Luna Maya Hidup Bahagia