Jangan sampai penampilan kamu kurang maksimal karena warna rambut yang itu-itu aja dan ngebosenin. Nggak mesti ke salon selama berjam-jam kok. Buat yang nggak betah di salon, kamu juga bisa mendapatkan rambut berwarna yang indah meski di rumah aja.

Nah, ternyata cara mewarnai rambut sendiri di rumah juga nggak ribet, lho. Kamu cukup ikuti tujuh cara a la Popbela berikut ini. Penasaran apa aja? Scrolling dan simak baik-baik, ya!

1. Pilih produk cat rambut yang tepat

7 Cara Mewarnai Rambut Sendiri di Rumah, Nggak Ribet dan Anti GagalCara Mewarnai Rambut Sendiri di Rumah/ urbancompany.com

Penting banget memilih cat rambut yang aman dan warnanya sesuai dengan keinginan kamu. Pastikan produk yang kamu gunakan hadir dengan kemasan yang praktis, jadi mudah diaplikasikan ke rambut dan nggak bikin ribet. Untuk pilihan warna, baiknya disesuaikan dengan skintone kulit. Salah pilih justru bikin kulit terlihat kusam dan nggak bercahaya.

2. Siapkan perlengkapan yang dibutuhkan

7 Cara Mewarnai Rambut Sendiri di Rumah, Nggak Ribet dan Anti GagalCara Mewarnai Rambut Sendiri di Rumah/ goodhousekeeping.com

Agar hasil cat rambut lebih maksimal, gunakan berbagai peralatan, seperti cermin, mangkok, brush untuk mengaplikasikan cat rambut, beberapa jepit, penutup telinga, hair cap, handuk, dan sarung tangan. Dengan begitu, proses mewarnai rambut akan lebih simpel dan mudah. 

3. Lakukan patch test

7 Cara Mewarnai Rambut Sendiri di Rumah, Nggak Ribet dan Anti GagalCara Mewarnai Rambut Sendiri di Rumah/ becoloursafe.com

Tes ini penting dilakukan untuk mengetahui apakah rambut atau kulitmu alergi terhadap kandungan di pewarna rambut. Kamu bisa aplikasikan sedikit di bagian belakang kuping lalu diamkan selama 30 menit. Jika tidak terjadi apa-apa berarti cat rambut tersebut aman digunakan. Sebaliknya, jika muncul kemerahan atau gatal, baiknya tunda proses pewarnaan dulu, ya.

4. Bagi rambut menjadi beberapa bagian

7 Cara Mewarnai Rambut Sendiri di Rumah, Nggak Ribet dan Anti GagalCara Mewarnai Rambut Sendiri di Rumah/ hairfinder.com

Agar hasil cat lebih menyeluruh dan merata, kamu bisa membagi rambut menjadi beberapa bagian terlebih dahulu. Seperti bagian atas, kiri atas, kanan atas, kiri bawah, kanan bawah, dan juga poni. Rambut yang sudah dibagi bisa di jepit atau ikat terlebih dahulu.

5. Aplikasikan secara menyeluruh dari akar hingga batang rambut

7 Cara Mewarnai Rambut Sendiri di Rumah, Nggak Ribet dan Anti GagalCara Mewarnai Rambut Sendiri di Rumah/wired.com

Setelah rambut dibagi menjadi beberapa bagian, saatnya mewarnai rambut yang diawali dari akar rambut lalu aplikasikan ke batang hingga ujung rambut. Gunakan cat sedikit demi sedikit agar hasilnya lebih merata dan meresap ke semua bagian rambut. Jika terkena kulit, baiknya segera dihapus agar tidak meninggalkan stain.

6. Diamkan selama 30 menit

7 Cara Mewarnai Rambut Sendiri di Rumah, Nggak Ribet dan Anti GagalCara Mewarnai Rambut Sendiri di Rumah/ treehugger.com

Selesai mewarnai seluruh bagian rambut, tutup kepala kamu menggunakan shower cap. Hal ini berfungsi agar proses oksidasi selama proses pewarnaan menjadi lebih maksimal dan hasilnya makin bagus lagi. Setelah itu, diamkan hingga 30 menit. Disarankan jangan lebih ya, Bela, karena bisa menyebabkan rambut menjadi lebih kering dan rapuh.

7. Bilas hingga bersih dan gunakan vitamin rambut

7 Cara Mewarnai Rambut Sendiri di Rumah, Nggak Ribet dan Anti GagalCara Mewarnai Rambut Sendiri di Rumah/ hairfinder.com

Cara terakhir mewarnai rambut di rumah adalah membilas rambut menggunakan air hangat. Jangan lupa untuk mengaplikasikan kondisioner agar batang rambut terasa halus dan lembut. Setelah itu keringkan rambut menggunakan hair dryer dan gunakan vitamin rambut. Dengan begitu, kesehatan rambut tetap terjaga. Selesai, deh! 
 
So, itu dia tujuh cara mewarnai rambut di rumah yang nggak pakai ribet dan dijamin anti gagal. Semoga artikel ini membantu dan selamat mencoba ya, Bela!

Baca Juga: Tren Ombre In Lagi, Ini 7 Inspirasi Mewarnai Rambut yang Bisa Dicoba

Baca Juga: Nggak Nyangka, 5 Bahan Alami Ini Bisa Mewarnai Rambutmu Lho

Baca Juga: Biar Nggak Menyesal, Hindari 5 Kesalahan Ini Saat Mewarnai Rambut