Rambut rontok adalah masalah kompleks yang mungkin dialami sebagian besar orang. Dimulai dari beberapa helai rambut yang rontok, namun jika dibiarkan begitu saja lama kelamaan jumlah rambut yang rontok menjadi lebih banyak.

Selain menggunakan produk yang diformulasikan khusus untuk mengatasi kerontokan rambut, kamu juga bisa menambahkan sejumlah perawatan khusus untuk menghentikan rambut rontok secepat mungkin. Salah satu perawatan yang bisa kamu lakukan adalah hair mask. Bukan menggunakan produk hair mask siap pakai, melainkan memanfaatkan bahan-bahan alami yang tidak mengandung bahan kimia.

Yuk, kenali 6 masker alami yang bisa membantu kamu mengatasi masalah rambut rontok!

1. Lidah Buaya

6 Jenis Masker Alami untuk Rambut Rontokmedicalnewstoday.com

Lidah buaya merupakan bahan alami yang banyak dipakai sebagai bahan pembuatan produk perawatan rambut. Tanaman yang satu ini menawarkan manfaat mengurangi kerontokan serta menyuburkan rambut.

Gel lidah buaya bisa langsung dipakai sebagai masker rambut. Oleskan gel ini pada rambut sebelum keramas. Setelah mengoleskan gel lidah buaya, berikan pijatan ringan di area kepala untuk melancarkan peredaran darah. Diamkan selama 20 menit, lalu bilas dengan air bersih dan keramas lah menggunakan sampo.

2. Pisang

6 Jenis Masker Alami untuk Rambut Rontoktasteofhome.com

Buah yang satu ini mengandung antioksidan, vitamin A, vitamin C, dan vitamin E. Kombinasi tiga vitamin dan antioksidan membuat pisang layak menjadi masker untuk mengatasi rambut rontok. Selain itu, masker pisang juga akan membuat rambut jadi lebih berkilau.

Cara membuat masker pisang sangat simple, cukup sediakan 2 buah pisang matang, lalu ambil daging buahnya. Lumatkan daging buah pisang tadi dengan madu dan minyak zaitun secukupnya. Oleskan masker pisang ke seluruh bagian rambut dan tutup dengan shower cap selama 5 menit. Bilas rambut dengan air bersih dan sampo untuk menghilangkan sisa minyak zaitun yang masih menempel di rambut.

3. Telur

6 Jenis Masker Alami untuk Rambut Rontokweddingaffair.co.in

Kandungan protein yang tinggi pada telur membuatnya sering dimanfaatkan sebagai bahan alami untuk membuat produk perawatan khusus rambut rontok. Belum lagi ada kandungan Vitamin B di dalam telur yang bermanfaat untuk merangsang pertumbuhan rambut.

1 butir telur dikocok lepas bersama dengan 2 sendok makan air lemon dan 2 sendok makan minyak zaitun. Sesudah itu, masker telur harus diaplikasikan dari kulit kepala hingga ujung rambut. Tutup rambut dengan shower cap selama 20 menit. Selanjutnya, buka shower cap dan beri pijatan ringan pada kepala. Lanjutkan dengan sesi keramas untuk menghilangkan bau amis telur di rambut.

4. Santan Kelapa

6 Jenis Masker Alami untuk Rambut Rontokmedicalnewstoday.com

Kalau kamu mencari masker rambut alami yang tidak lengket dan tidak berbau, masker santan kelapa adalah alternatif yang tepat. Kandungan protein pada kelapa dapat mengurangi rambut rontok karena patah.

Santan kelapa murni (bukan produk instan siap pakai), dicampur dengan sedikit air lalu dioleskan ke seluruh bagian rambut. Tutup rambut dengan shower cap dan biarkan semalaman. Keesokan harinya, bilas rambutmu dengan air bersih.

Mengingat masker santan kelapa ini harus didiamkan semalaman, maka sebaiknya gunakan sesaat sebelum tidur.

5. Teh Hijau

6 Jenis Masker Alami untuk Rambut Rontokbeautytap.com

Satu lagi rekomendasi masker alami yang tidak meninggalkan bau atau residu lengket. Ya, apalagi jika bukan teh hijau. Minuman yang kaya antioksidan ini cukup efektif untuk mengurangi rambut rontok saat dipakai sebagai hair mask.

2 kantung teh hijau harus diseduh sampai cukup kental. Setelah air tehnya dingin, siramkan ke seluruh kepala. Diamkan selama 1 jam, lalu bilas dengan air bersih.

Apabila masker teh hijau ini rutin dipakai setiap seminggu sekali, maka kerontokan rambut – terutama karena patah – akan berkurang secara bertahap.

6. Alpukat

6 Jenis Masker Alami untuk Rambut Rontokmedium.com

Solusi untuk mengatasi rambut rontok sekaligus mempercepat pertumbuhan rambut adalah memanfaatkan masker buah alpukat. Asam lemak omega-3 yang terdapat pada alpukat memiliki sifat anti-inflamasi yang efektif memperbaiki kerusakan pada kulit kepala sekaligus membuat rambut tumbuh lebih subur.

Untuk membuat masker alpukat, siapkan 1 buah alpukat berukuran kecil dan pastikan buah tersebut sudah matang. Ambil daging buahnya dan belnder bersama 1 sendok makan minyak zaitun, 1 sendok makan minyak almond, dan ½ cangkir susu.

Ketika semua bahan sudah tercampur, oleskan masker alpukat ini dari kulit kepala sampai ujung rambut. Diamkan selama 15 menit, lalu lanjutkan keramas menggunakan sampo.

Masker alami mungkin tidak memberikan hasil yang instan. Akan tetapi, kalau kamu memakai masker rambut alami ini secara rutin setidaknya seminggu sekali, maka kamu akan memperoleh hasil berupa kerontokan rambut yang berkurang secara bertahap.

Baca Juga: Ingin Rambut Sehat? Ini 7 Rekomendasi Masker Rambut yang Bagus Untukmu

Baca Juga: 7 Rekomendasi Masker Rambut Terbaik yang Wajib Kamu Coba

Baca Juga: Nggak Pakai Ribet, Ini Cara Membuat Masker Rambut Alami