Setiap orang memiliki bentuk wajah yang berbeda-beda. Hal tersebut terkadang membuatmu bingung untuk menentukan gaya rambut apa yang cocok untukmu.

Laki-laki kebanyakan memilih gaya rambut yang pendek. Oleh karena itu, untuk menentukan gaya rambut pendek laki-laki sesuai bentuk wajah, terlebih dahulu kamu perlu mengetahui bentuk wajahmu. 

Terdapat 6 bentuk wajah yang berbeda-beda. Untuk mengetahui lebih jelas, simak ulasan Popbela.com berikut ini, ya!

Bentuk wajah yang penting diketahui

12 Gaya Rambut Pendek Laki-Laki Sesuai Bentuk Wajah, Stylish!pexels.com/Sebastian Voortman

1. Bentuk wajah oblong

Wajah ini memiliki bentuk yang tinggi persegi panjang dengan sudut membulat. Dahi pemilik wajah oblong lebar, tetapi ukurannya mirip dengan tulang pipi dan garis rahang. 

2. Bentuk wajah oval.

Bentuk wajah ini panjang dengan tulang pipi dan dahi lebih besar dari garis rahang. Berbeda dengan sebelumnya, bentuk wajah ini tidak bersudut. 

3. Bentuk wajah bulat

Bentuk wajah bulat merupakan wajah yang memiliki tulang pipi dan wajah yang lebar, serta keduanya lebih besar dari dahi dan rahang. Hal itu membuat dagu tampak bulat dan tidak bersudut. 

4. Bentuk wajah segitiga atau segitiga terbalik

Bentuk wajah segitiga atau segitiga terbalik adalah wajah yang memiliki tulang pipi atau area pelipis lebih tipis dan memanjang ke arah garis rahang. Dagu pada bentuk wajah ini juga tampak lebih panjang. 

5. Bentuk wajah kotak atau persegi

Bentuk wajah kotak atau persegi adalah wajah yang memiliki rahang lebar dan tulang pipi yang tinggi. Proporsi panjang dan lebar rahang tersebut sama dengan dahi sehingga pipi tampak lurus membentuk kotak.

6. Bentuk wajah diamond

Bentuk wajah diamond adalah wajah yang memiliki tulang pipi kuat dengan rahang yang panjang dan lancip seperti diamond. Bentuk wajah ini akan membuat wajah tampak bersudut. 

Nah, setelah mengetahui bentuk wajahmu, selanjutnya kamu bisa menentukan gaya rambut pendek laki-laki sesuai bentuk wajah. Berikut gaya rambut yang bisa kamu jadikan inspirasi.

1. Side Part untuk wajah oblong

12 Gaya Rambut Pendek Laki-Laki Sesuai Bentuk Wajah, Stylish!urbanoak.co

Gaya rambut pendek laki-laki sesuai bentuk wajah pertama diperuntukkan untuk pemilik wajah oblong. Model pertama ini adalah gaya rambut Side Part yang disisir bagian atas lalu diarahkan ke samping. Dengan rambut ini, wajah oblong yang panjang akan tampak lebih kecil dan lebih rapi.

2. Side Part untuk wajah oval

12 Gaya Rambut Pendek Laki-Laki Sesuai Bentuk Wajah, Stylish!menshaircuts.com

Masih dengan gaya rambut Side Part, gaya ini juga cocok diaplikasikan untuk wajah oval. Sebab, bentuk wajah yang panjang dengan dahi yang lebar bisa disamarkan dengan meletakkan rambut di satu sisi seperti di atas. Penampilan ini juga cocok kamu modifikasikan dengan warna rambut yang cerah. 

3. Side Swept Brush Up untuk wajah bulat

12 Gaya Rambut Pendek Laki-Laki Sesuai Bentuk Wajah, Stylish!urbanoak.co

Selanjutnya, gaya rambut pendek laki-laki sesuai bentuk wajah bulat perlu memperhatikan gaya rambut yang membuat wajah lebih tinggi. Gaya yang cocok untuk membuat ilusi tersebut adalah Side Swept Brush Up. Dengan potongan yang tipis di samping dengan rambut atas tinggi dan bertekstur akan membuat wajah tampak lebih tegas. 

4. Undercut Short Hair untuk wajah kotak

12 Gaya Rambut Pendek Laki-Laki Sesuai Bentuk Wajah, Stylish!menshaircuts.com

Bagi pemilik wajah kotak, kamu perlu mengalihkan perhatian dari rahang yang lebar dengan potongan rambut atas yang on point. Oleh karena itu, gaya rambut Undercut Short Hair akan cocok untuk bentuk wajahmu. Dengan potongan undercut yang tipis di samping dan rambut atas yang tebal, wajah kotak akan tampak lebih lembut. 

5. Spiky with Some Heights on the Top untuk wajah bulat

12 Gaya Rambut Pendek Laki-Laki Sesuai Bentuk Wajah, Stylish!urbanoak.co

Kembali lagi dengan bentuk wajah bulat, gaya rambut pendek laki-laki sesuai bentuk wajah ini adalah Spiky with Some Heights on the Top. Gaya ini akan membuat penampilan lebih maskulin dengan bagian kanan dan kiri rambut dipotong lebih tipis.

Lalu, bagian belakang dibiarkan tebal sementara rambut atas tebal dan panjang. Rambut atas itu bisa kamu styling menjulang ke atas atau ditarik ke belakang untuk menghindari poni yang membuat wajah lebih mengecil.

6. Crew Cut untuk wajah segitiga

12 Gaya Rambut Pendek Laki-Laki Sesuai Bentuk Wajah, Stylish!urbanoak.co

Wajah segitiga memerlukan model rambut yang bisa menambahkan volume di bagian atas guna menyeimbangkan rahang yang lancip. Salah satu gaya rambut yang paling tepat adalah Crew Cut.

Crew Cut adalah model rambut minimalis dengan bagian atas rambut panjang dan meruncing. Sementara itu, biarkan sisi rambut tipis sehingga membuat penampilan lebih sederhana. 

7. Faux Hawk untuk wajah kotak

12 Gaya Rambut Pendek Laki-Laki Sesuai Bentuk Wajah, Stylish!menshaircuts.com

Kemudian, gaya rambut pendek laki-laki sesuai bentuk wajah kotak selanjutnya adalah Fawk Hawk. Model rambut ini akan membuat sudut wajahmu yang tajam tampak lebih lembut dan membuat wajah lebih kecil dan panjang. Gaya ini akan semakin lengkap dengan menumbuhkan jenggot di sekitar rahang. 

8. Blunt Fringe With Fade untuk wajah segitiga

12 Gaya Rambut Pendek Laki-Laki Sesuai Bentuk Wajah, Stylish!menshaircuts.com

Blunt Fringe With Fade merupakan gaya rambut klasik yang cocok untuk berbagai bentuk wajah, termasuk bentuk wajah segitiga. Namun, untuk wajah segitiga yang lonjong, kamu bisa memakai gaya poni tumpul supaya wajah lebih seimbang dan proporsional. 

9. Slick Back Undercut untuk wajah kotak

12 Gaya Rambut Pendek Laki-Laki Sesuai Bentuk Wajah, Stylish!urbanoak.co

Pemilik wajah kotak harus membuat rambut tetap pendek, tetapi ditata ke atas untuk efek wajah yang lebih panjang.

Gaya rambut pendek laki-laki sesuai bentuk wajah ini adalah Slick Back Undercut dengan menyisir rambut atas ke belakang dengan rapi. Sementara itu, sisi kanan, kiri, dan belakang rambut dibuat lebih tipis seperti potongan undercut pada umumnya. 

10. Undercut Fade untuk wajah bulat

12 Gaya Rambut Pendek Laki-Laki Sesuai Bentuk Wajah, Stylish!menshaircuts.com

Pemilik wajah bulat perlu menarik perhatian dengan memanjangkan rambut bagian atas kepala. Oleh karena itu, Undercut Fade dipilih untuk membuat wajah lebih panjang.

Nah, untuk memberikan penampilan yang lebih maskulin, kamu bisa menambahkan spike atau faux hawk supaya menjaga rambut samping dan belakang tetap pendek. 

11. Comb Over untuk wajah segitiga

12 Gaya Rambut Pendek Laki-Laki Sesuai Bentuk Wajah, Stylish!urbanoak.co

Untuk menyeimbangkan rahang, pemilik wajah segitiga perlu menambahkan lebar dan volume di atas rambut. Oleh karena itu, potongan Comb Over cocok untuk bentuk wajah ini.

Comb Over merupakan gaya rambut yang disisir di satu sisi kepala untuk membuat penampilan lebih rapi dan maskulin. Gaya ini bisa digabungkan dengan model rambut lainnya, seperti undercut atau fade haircut. 

12. Slick Back with Medium Length untuk wajah diamond

12 Gaya Rambut Pendek Laki-Laki Sesuai Bentuk Wajah, Stylish!urbanoak.co

Terakhir, gaya rambut pendek laki-laki sesuai bentuk wajah diamond adalah Slick Back with Medium Length.

Bentuk wajah ini memerlukan potongan rambut yang bisa melembutkan sudut wajah. Oleh karena itu, kamu bisa menyisakan rambut di sisi kanan, kiri, dan belakang kepala, kemudian menyisir bagian rambut atas rapi dan klimis ke belakang. 

Itulah 12 gaya rambut pendek laki-laki sesuai bentuk wajah. Semua bentuk memiliki gaya yang berbeda-beda disesuaikan dengan bentuk wajah.

Kira-kira, gaya rambut apa yang paling cocok untukmu?

Baca Juga: 10 Gaya Rambut Undercut Pendek Laki-Laki Terbaik, Maskulin!

Baca Juga: 10 Gaya Rambut Mullet untuk Laki-Laki yang Klasik dan Ikonik

Baca Juga: 10 Model Rambut Laki-laki Korea Terbaru 2022, Stylish!