Terlalu banyak menggunakan hair styling tools, terkena polusi, dan stres bisa membuat rambutmu bermasalah. Salah satu cara agar rambutmu kembali sehat adalah dengan rutin menggunakan masker rambut. Namun, jika kamu belum yakin dengan produk-produk yang ada di toko, kamu bisa membuat sendiri masker rambut sesuai dengan masalah yang kamu miliki. Dikutip dari Byrdie, ada beberapa kombinasi bahan alami yang dapat diolah menjadi masker rambut.

1. Mengatasi Rambut Kusut dengan Masker Yoghurt

7 Rekomendasi Masker dari Bahan Alami yang Bikin Rambut Makin Sehatellecanada.com

Rambut kusut yang sulit diatur adalah masalah yang sering dialami banyak orang. Kandungan yoghurt akan melembapkan rambut rusak dan kusut serta membersihkan sel-sel mati yang menumpuk di folikel rambut. Cukup dengan mengoleskan ke rambut dan kulit kepala selama 10 menit dan bilas dengan air hangat.

2. Mengurangi Ketombe dengan Masker dari Brown Sugar dan Minyak Kelapa

7 Rekomendasi Masker dari Bahan Alami yang Bikin Rambut Makin Sehatbahrainthisweek.com

Kombinasi brown sugar dan minyak kelapa akan mengeksfolasi kulit kepala tanpa melukainya. Dengan begitu, kulit kepala akan bersih dari ketombe dan gatal. Selain itu, kandungan minyak kelapa akan menstimulasi pertumbuhan rambut.

3. Memperbaiki Kerusakan dengan Masker Kuning Telur

7 Rekomendasi Masker dari Bahan Alami yang Bikin Rambut Makin Sehatmaxpixel.net

Kandungan vitamin A, folat, dan nutrisi lain dalam kuning telur akan menutrisi rambut. Kalian harus sedikit menahan diri dengan bau amisnya. Namun, pastikan untuk rutin mengoleskan masker kuning telur ke rambut dan kulit kepala, tunggu hingga satu jam dan bilas dengan air dingin, lalu cuci rambut dengan sampo seperti biasa.

4. Menguatkan Rambut dengan Masker Madu dan Susu

7 Rekomendasi Masker dari Bahan Alami yang Bikin Rambut Makin Sehatnewsncr.com

Madu mengandung keratin yang bagus untuk menguatkan pertumbuhan rambut sekaligus mendorong regenerasi sel dan anti-inflamasi. Sementara itu, susu bermanfaat untuk membuat rambut lebih lembut karena kaya kandungan protein.

5. Menebalkan Rambut dengan Minyak Kelapa

7 Rekomendasi Masker dari Bahan Alami yang Bikin Rambut Makin Sehatmaxpixel.net

Minyak kelapa atau virgin coconut oil (VCO) mengandung asam laurat yang cukup tinggi yang mampu melembabkan rambut. Dengan pijatan-pijatan halus saat mengaplikasikan di kulit kepala, maka dapat merangsang pertumbuhan rambut. Pastikan untuk membilas dengan bersih agar rambutmu tidak lepek, ya.

6. Mengatasi Rambut Berminyak dengan Cuka Apel

7 Rekomendasi Masker dari Bahan Alami yang Bikin Rambut Makin Sehateverydayhealth.com

Cuka apel merupakan bahan yang dapat digunakan untuk mengatasi problem kulit dan rambut, termasuk mengatasi rambut yang berminyak. Kamu hanya perlu mencampurkan cuka apel dan air lalu menyemprotkan ke rambutmu. Setelah tunggu sekitar 10 menit, bilas dengan air hangat sampai bersih.

7. Mengurangi Rambut Bercabang dengan Masker Alpukat dan Olive Oil

7 Rekomendasi Masker dari Bahan Alami yang Bikin Rambut Makin Sehatmedicalnewstoday.com

Rambut bercabang merupakan tanda kerusakan rambut yang disebabkan oleh kutikula yang melemah dan rusak. Alpukat mengandung berbagai mineral yang mampu menguatkan kutikula serta melembutkan rambut. Dengan mencampurkan olive oil, rambut akan lebih bersinar.