Uban identik dengan kesan tua. Itu karena umumnya uban tumbuh pada orang-orang yang sudah berusia lanjut. Tapi karena faktor genetik, gaya hidup tidak sehat, hingga beban pekerjaan yang menimbulkan stress, uban bisa saja muncul pada usia remaja bahkan anak-anak, lho. Jika sudah begitu, penampilan jadi tidak enak dipandang karena uban muncul terlalu cepat. Jangan khawatir, Bela. Lakukan enam cara ini untuk membuat rambutmu kembali hitam berkilau. Apa saja?

1. Konsumsi Vitamin B12 dan Omega 3

6 Cara Mudah Mengatasi Uban di Usia Mudabustle.com

Vitamin B12 dan Omega 3 dapat memperbaiki jaringan kulit kepala, sehigga uban tidak lagi muncul. Dengan rajin mengkonsumsi telur, ikan, keju, daging sapi dan pisang, akan membantu tubuh kamu kekurangan vitamin B12 dan Omega 3.

2. Berhenti mencabut uban

6 Cara Mudah Mengatasi Uban di Usia Mudabyrdie.com

Bukannya hilang, sering mencabut uban malah berpotensi uban tumbuh semakin besar, lho. Hal itu karena rambut yang dicabut secara paksa dapat merusak banyak saraf di pangkal akar rambut, yang berdampak pada sinyal produksi pigmen di rambut.

3. Berhenti merokok

6 Cara Mudah Mengatasi Uban di Usia Mudasaga.co.uk

Merokok membuat sirkulasi darah pada tubuh tidak lancar, dan hal itu berpengaruh terhadap cepatnya pertumbuhan uban. So, selain tubuh bisa terhindar dari zat-zat berbahaya yang berasal dari rokok, berhenti merokok adalah salah satu cara untuk memperlambat munculnya uban.

4. Olahraga dan istirahat cukup

6 Cara Mudah Mengatasi Uban di Usia Muda

Tubuh sehat merupakan syarat untuk aliran darah lancar, termasuk aliran darah ke kepala yang dapat mencegah timbulnya uban dini sekaligus memperbaiki pertumbuhan rambut. Olahraga secara teratur dan tidur yang cukup adalah solusinya.

5. Minyak kelapa

6 Cara Mudah Mengatasi Uban di Usia Muda

Solusi lain untuk hilangkan uban yang muncul di usia muda bisa dengan minyak kelapa. Campurkan minyak kelapa dengan air perasan jeruk nipis. Oleskan pada rambut sambil berikan pijatan ringan, kemudian diamkan selama 15 menit. Jika sudah, tinggal bilas deh!  

6. Lemon dan minyak almond

6 Cara Mudah Mengatasi Uban di Usia Muda

Kandungan vitamin E dan antioksidan yang tinggi dari minyak almond jika dicampurkan dengan lemon yang mengandung vitamin C, merupakan kombinasi yang cocok untuk menyuburkan dan menyamarkan uban yang ada di rambut. Caranya, oleskan campuran tersebut pada kulit kepala dan biarkan selama 20-30 menit sebelum dibilas.

Baca Juga: Bisa Terjadi Pada Siapa Saja, Ini Fakta Mengenai Uban yang Perlu Disimak