Kamu pasti sudah tahu jika teralu sering menggunakan catokan dapat membuat rambut kering dan rusak? Nah, tahukah kamu jika ada cara meluruskan rambut secara alami dan tanpa alat catok? Simak 7 caranya di sini!

1. Menyisir rambut basah hingga mengering

7 Cara Meluruskan Rambut Secara Alami Tanpa Catokanlifeofhair.com

Setelah mandi kamu perlu menyisir rambut setiap lima menit sekali sampai kering. Kamu bisa memisahkan rambut menjadi beberapa bagian untuk membantu prosesnya lebih mudah. Perlu diingat, pastikan untuk menggunakan kondisioner saat keramas. Pasalnya, saat menyisir rambut terlalu sering dalam kondisi basah dapat membuatnya rusak. 

2. Membungkus rambut basah mengelilingi kepala

https://www.youtube.com/embed/xXgXNfW1XBM

Cara ini sudah dibuktikan oleh satu vlogger luar negeri. Saat rambut dalam keadaan basah, sisirlah sambil melilitkannya di sekeliling kepala. Setelah itu, biarkan semalaman dan hasilnya rambut lurus alami.

3. Menggunakan karet rambut

7 Cara Meluruskan Rambut Secara Alami Tanpa Catokanwikihow.com

Pastikan rambut dalam kondisi lembap, kemudian pisahkan menjadi dua bagian. Ikatlah masing-masing sisi rambut dengan karet rambut. Tambahkan beberapa karet di setiap ikatan rambut. Tidurlah dengan ikatan rambut ini dan saat membukanya pagi hari, hasilnya rambut menjadi lebih lurus. 

4. Campuran santan dan lemon

7 Cara Meluruskan Rambut Secara Alami Tanpa CatokanInlifehealthcare.com

Campurkan satu gelas santan dan perasan lemon di sebuah wadah. Lalu biarkan di dalam kulkas sampai beberapa jam hingga bentuknya menjadi sedikti creamy. Setelah itu, pulaskan campuran tersebut di seluruh rambut sambil dipijat dan biarkan selama 20 menit. Langkah berikutnya, pakai shower cap dan bungkuslah rambut dengan menggunakan handuk hangat selama 30 menit. Kemudian, keramas seperti biasa dan biarkan kering secara alami. 

5. Memakai spray yang terbuat dari susu

7 Cara Meluruskan Rambut Secara Alami Tanpa Catokanmathoadaphan.com

Buatlah campuran setengah gelas air dan susu. Masukkan campuran ini ke dalam botol spray. Lalu semprotkan di seluruh rambut sambil menyisirnya. Setelah 30 menit, keramaslah menggunakan sampo dan kondisioner favoritmu. 

6. Telur dan minyak zaitun

7 Cara Meluruskan Rambut Secara Alami Tanpa Catokandazzlerstudio.com

Campurkan 2 butir telur dan empat sendok makan minyak zaitun, lalu baurkan di seluruh rambut dan kulit kepala. Perlahan sisirlah rambut dengan sisir berjarak lebar dan bungkus rambut menggunakan shower cap selama setengah jam. 

7. Menggunakan campuran pisang dan madu

7 Cara Meluruskan Rambut Secara Alami Tanpa Catokanaljamila.com

Hancurkan satu buah pisang, tambahkan madu, setengah gelas yoghurt dan dua sendok makan minyak zaitun. Aplikasikan campuran ini di seluruh rambut dan bungkuslah menggunakan haduk selama 1jam. Lalu, bilaslah seperti biasa. 

Itulah beberapa cara meluruskan rambut secara alami, mudah kan?! semoga bermanfaat, Bela.

Baca Juga: Biar Makin Panjang, Ini 7 Cara Cepat Menumbuhkan Rambut Secara Alami