Sering kali, kamu tidak menyadari bahwa kebiasaan yang dilakukan sehari-hari dapat memberikan stres kepada rambut kamu. Terutama ketika menata gaya rambut. Beberapa hairstyle awalnya mungkin terlihat tidak berbahaya, tetapi sebenarnya itu memperburuk kondisi rambut kamu. Berikut 7 hairstyle yang diketahui dapat merusak rambut.

1. Kuncir kuda

Tanpa Disadari, 7 Hairstyle Ini Dapat Merusak Rambut Kamufreepik.com/yanalya

Menguncir rambut dengan gaya seperti ekor kuda paling sering dilakukan sehari-hari karena sangat mudah. Namun, gaya rambut ini ternyata bisa merusak setiap helai rambut kamu. Penggunaan ikat rambut elastis yang ketat secara berulang dapat merusak batang rambut. Pada akhirnya, itu akan menyebabkan kerontokan.

Jika kamu senang dengan gaya kuncir kuda karena membuat rambut lebih rapi, sebaiknya gunakan ikat rambut kain. Tidak hanya lebih lembut untuk helai rambut, ikat kain juga tidak menyisakan bekas kunciran.

2. Hair extension

Tanpa Disadari, 7 Hairstyle Ini Dapat Merusak Rambut Kamutrendhunter.com

Rambut panjang dan lurus menjadi impian beberapa perempuan. Namun, memanjangkan dan menambah volume dengan teknik hair extension bisa merusak rambut kamu. Menurut para ahli, clip-in yang digunakan untuk menyambung rambut dapat membuat rambut lemah dan mudah patah. Untuk menjaga agar rambut kamu tetap dalam kondisi terbaik, coba gunakan clip-in di tempat yang berbeda setiap kali memasang hair extension.

3. Volumized hair

Tanpa Disadari, 7 Hairstyle Ini Dapat Merusak Rambut Kamufreepik.com/cookie_studio

Rambut bergelombang memang bisa membuat penampilan kita terlihat lebih powerful dan seksi. Namun sebenarnya, saat menata rambut agar lebih mengembang dan bervolume, ada helai rambut kamu yang menjadi korban. Menyisir dan menggulung rambut ke samping atau ke belakang dapat membuatnya terkikis. Apalagi jika dilakukan berkali-kali. Jika tidak berhati-hati, cara tersebut juga bisa membuat rambut kamu kusut.

4. Rebonding dan smoothing

Tanpa Disadari, 7 Hairstyle Ini Dapat Merusak Rambut Kamupikby.com

Berusaha mendapatkan rambut lurus dengan cara tidak alami juga bisa membahayakan rambut. Alat elektronik “panas” yang digunakan untuk menciptakan rambut super lurus tersebut akan berdampak pada setiap helainya. Apabila ingin melakukan rebonding atau smoothing, pastikan kamu menggunakan spray atau mist pelindung rambut dari panas untuk mengurangi kerusakan.

5. Kepang kencang

Tanpa Disadari, 7 Hairstyle Ini Dapat Merusak Rambut KamuUsmagazine.com

Kepang bisa membuat rambut terlihat lebih cantik. Namun, melakukannya secara terus-menerus juga dapat menyebabkan kerusakan. Saat mengepang, kamu akan menarik rambut dan itu membuat akarnya menjadi tegang. Folikel rambut akan terbelah, rusak, dan membuatnya mudah patah. Misalkan kamu ingin mengepang rambut, lakukan dengan lembut ya, Bela!

6. Menata rambut saat basah

Tanpa Disadari, 7 Hairstyle Ini Dapat Merusak Rambut KamuShutterstock/Africa Studio

Rambut basah memang lebih mudah diatur. Namun, menata rambut dalam keadaan basah justru akan membuatnya rusak. Pada dasarnya, rambut basah lebih lemah dari rambut kering. Oleh sebab itu, menerapkan hairstyle apa pun akan membuat rambut rentan patah.

7. Messy bun saat tidur

Tanpa Disadari, 7 Hairstyle Ini Dapat Merusak Rambut Kamufreepik.com/yanalya

Messy bun cukup aman digunakan beberapa jam di siang hari. Namun, hindari menguncir rambut seperti ini saat tidur. Menarik rambut ke atas saja sudah memberikan tekanan berlebih kepada rambut. Saat tidur, ada kemungkinan sepanjang malam kepala kamu akan banyak bergerak. Itu akan membuat rambut semakin tertekan dan akhirnya rontok.

Baca Juga: 9 Inspirasi Gaya Rambut Pendek ala Artis Korea, Cute Banget!

Baca Juga: 9 Inspirasi Gaya Rambut Pendek a la Seleb Hollywood

Baca Juga: 5 Tren Gaya Rambut Perempuan yang Bikin Pria Semakin Gemas Padamu